Info Lengkap Efek Samping dan Harga Pil Kontrasepsi Postinor-2

Bagi sebagian pasangan yang baru menikah, menunda momongan kerap dilakukan dengan berbagai alasan. Tak heran, jika penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB menjadi alternatif lain. Selain pil Andalan, Anda juga dapat memilih pil kontrasepsi darurat yakni Postinor-2 yang dijual di apotik dengan harga terjangkau.

Ilustrasi: keluarga kecil

Ilustrasi: kecil

Diproduksi oleh perusahaan farmasi Tunggal Idaman Abadi, Postinor-2 merupakan kontrasepsi darurat yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan jika digunakan dalam 72 jam (3 hari) setelah hubungan seksual tanpa perlindungan atau kegagalan alat kontrasepsi. Dikenal sebagai kontrasepsi darurat, Postinor hanya boleh diminum sekali dalam kondisi darurat. Berbeda seperti pil KB biasa yang harus diminum rutin.

Postinor-2 memiliki komposisi utama yakni levonorgestrel, suatu progestin sintetis yang dapat mencegah kehamilan. Jenis pil KB ini bekerja dengan cara menghambat ovulasi, yaitu proses pelepasan sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium). Kandungan levonorgestrel pada Postinor juga membuat sperma lebih sulit masuk dan membuahi sel telur . Postinor-2 750mcg termasuk kategori morning after pill (MAP) yang dapat digunakan sebagai cara anti konsepsi postcoital yakni untuk menghindari kehamilan sesudah senggama tanpa perlindungan, seperti peristiwa perkosaan atau bila kondom pecah.[1]

Baca juga  Indikasi, Dosis dan Harga Esomeprazole (Semua Merek)

Pil Kontrasepsi Postinor-2

Postinor diberikan dengan dosis 0,75 mg yang harus diminum 2 kali. Dosis pertama diminum sesegera mungkin, sedangkan dosis kedua diminum 12 jam setelah dosis pertama. Semakin cepat diminum, maka tingkat efektivitas pil KB akan semakin tinggi. Bahkan Postinor bisa efektif mencegah kehamilan hingga 99% bila digunakan sesegera mungkin.

Apabila Anda lupa minum dosis Postinor yang kedua, Anda tidak perlu mengulang minum dosis Postinor dari awal. Segera minum dosis Postinor yang kedua untuk mencegah kehamilan. Perlu diketahui, Postinor hanya boleh digunakan sesekali saja, karena konsumsi yang berlebihan dapat memengaruhi siklus haid Anda. Setelah dikonsumsi, disarankan untuk menyimpan pil Postinor-2 pada suhu kamar (di bawah 30°C), dalam wadah tertutup rapat, terhindar dari panas langsung.

Interaksi Pil Kontrasepsi Postinor-2

Jenis obat yang dapat berinteraksi dengan bahan aktif Postinor adalah:

  • Barbiturat atau obat yang digunakan untuk mengobati epilepsi. Contohnya primidone, phenytoin, dan carbamazepine.
  • Obat TBC, seperti rifampicin atau rifabutin.
  • Obat untuk menekan gejala HIV, seperti ritonavir atau efavirenz.
  • Obat jamur, contohnya griseofulvin.
  • Imunosupresan, seperti cyclosporine.
Kemasan Postinor-2 (sumber: tokopedia)

Kemasan Postinor-2 (sumber: tokopedia)

Postinor dipasarkan dalam bentuk 0,75 miligram (mg). Satu pil KB Postinor berisi 2 . Postinor tidak efektif apabila diminum saat . Pil ini juga bukan sebagai obat aborsi. Ibu menyusui juga tidak disarankan minum pil KB Postinor karena dapat memengaruhi ASI. Pil kontrasepsi Postinor-2 dapat diberikan bersamaan atau sebelum makan.

Baca juga  Update Harga Test Pack Digital untuk Uji Kehamilan di Apotek

Efek Samping Pil Kontrasepsi Postinor-2

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi pil kontrasepsi Postinor-2 yakni rasa perut pada bagian bawah, sakit kepala, pusing, perlunakan payudara, kehamilan ektopik, mual, muntah, perdarahan uterus yang tidak teratur, hingga lelah. Efek samping Postinor biasanya akan hilang dalam beberapa waktu ke depan. Bila Anda mengalami salah satu atau beberapa efek samping tersebut, segera konsultasikan ke dokter terdekat untuk menghindari bahaya lain yang mungkin terjadi. Postinor tidak disarankan untuk wanita yang mengidap diabetes, serangan jantung, kanker payudara, penyakit liver, hingga stroke.

Harga Pil Kontrasepsi Postinor-2

Varian Obat PostinorHarga (Rp)
Postinor 750 mcg per tablet14.564
Postinor 750mcg per dus isi 1 strip45.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga obat Postinor tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli obat ini di sejumlah apotek terdekat seperti Apotek K24, atau memesannya secara praktis dengan sistem online melalui marketplace terpercaya. Sebagai referensi tambahan, harga jual Postinor-2 di Jogja terbilang mahal di pasaran, yakni mencapai Rp70 ribu per dus.

Baca juga  Update Terkini Biaya Tambal Gigi Geraham di Puskesmas & Rumah Sakit

[1] Hoan, Tan. Obat-obat Penting Edisi ketujuh (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015), hlm. 725

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Efek Samping dan Harga Pil Kontrasepsi Postinor-2"