Update Harga PABX Mini untuk Ekstensi Telepon

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengenal bernama PABX atau Private Automatic Branch Exchange. Ini adalah perangkat penyambungan telepon atau intercom yang biasanya dipasang di gedung-gedung perkantoran atau instansi besar. Untuk varian PABX mini, harganya di pasaran saat ini berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah per unit.

Ilustrasi: instalasi jaringan telepon kantor biasa menggunakan PABX

Sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor. Secara sederhana, alat ini difungsikan untuk membuat percabangan hingga beberapa ekstensi dalam satu line telepon, dengan tiap ekstensi bisa saling berkomunikasi dan di-setting sesuai dengan kebutuhan.

Alat PABX merupakan yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem, dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor. Alat ini juga memiliki fitur DISA (Direct Answer System Access) dan OGM atau Operator Otomatis yang bisa Anda atur seolah line telepon Anda memiliki operator atau sistem penjawab otomatis di sejumlah kantor perusahaan besar, seperti ‘Terima kasih telah menghubungi PT, silakan tekan extension tujuan atau tekan 1 untuk meminta bantuan’, dan sebagainya.

Sebenarnya, perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukkan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode yang dimasukkan.

PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Sementara, untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.

PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.

Di samping itu, PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.

Dengan menggunakan PABX mini, Anda tak perlu memakai pesawat telepon khusus, sehingga Anda dapat menyediakan berbagai jenis pesawat telepon di rumah ataupun di kantor. Ada berbagai jenis PABX mini yang ada di pasaran, mulai dari mini PABX dengan 1 line telepon, 2 line, 3 line, 4 line, hingga 8 line. Untuk pilihan ekstensinya pun ada beragam, mulai dari 8 extension, 12 extension, 16 extension, 32 extension, hingga yang paling maksimal mencapai 64 extension. Anda dapat memilih model perangkat mini PABX sesuai dengan kebutuhan.

PABX Mini - (Sumber: alibaba.com)

PABX Mini - (Sumber: alibaba.com)

Selain disambungkan dengan telepon, PABX mini juga bisa dioperasikan tanpa perlu disambungkan ke line telepon. Jadi, Anda dapat memanfaatkannya sebagai intercom antar-extension internal saja. Cara mini PABX pun tak terlalu rumit, karena Anda hanya perlu menyambungkan mesin mini PABX dengan masing-masing pesawat telepon tanpa perlu setting apa pun dan sudah dapat dipakai sesuai setting bawaan dari pabrik.

Tidak sulit mendapatkan PABX mini karena Anda bisa membeli perangkat ini di berbagai toko elektronik bahkan situs jual beli online. PABX mini sendiri bervariasi, tergantung merek dan fitur yang dibawa, namun berada di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga PABX mini di pasaran Tanah Air.

Harga PABX Mini

Merek & Tipe PABX MiniHarga
PABX Vitaphone 1 Line 8 Extension Rp480.000
PABX Vitaphone 2 Line 8 ExtensionRp966.000
PABX 108 1 Line 8 Extension Rp600.000
PABX Jetphone 1 Line 4 ExtensionRp750.000
PABX Toriphone TP997 2 Line 8 ExtensionRp800.000
PABX Votel TC-108C 1 Line 8 ExtensionRp900.000
PABX 208 2 Line 8 ExtensionRp950.000
PABX Genex D308 3 Line 8 ExtensionRp1.330.000
PABX 312 3 Line 12 ExtensionRp1.350.000
PABX Votel TC-208 2 Line 8 Extension Rp1.500.000
PABX Votel TC-308 3 Line 8 ExtensionRp1.800.000
PABX Votel TC-416 4 Line 16 ExtensionRp2.900.000
PABX Votel TC-424 4 Line 24 ExtensionRp3.200.000
PABX Votel TC-432 4 Line 32 ExtensionRp3.600.000

Memasang PABX Mini

Ilustrasi: instalasi PABX (sumber: martech.ae)

Biasanya PABX mini dipasang dengan cara ditempel di dinding di dekat line Telkom. Urutan pemasangannya adalah sebagai berikut.

  • 2 buah paku baja di dinding, ujung/kepala paku yang tersisa kira-kira 1 sampai dengan 1,5 cm. Jarak antara kedua paku diukur berdasarkan jarak lubang pengait yang berada di belakang PABX mini.
  • Pasang mini PABX pada paku yang telah dipasang tersebut. Posisi connector RJ-11 (Line input atau output) biasanya dipasang menghadap ke bawah untuk memudahkan pemasangan male RJ-11. Perhatikan apakah posisi PABX cukup rata (horizontal/vertikal-nya), dan yang tidak kalah pentingnya perhatikan apakah mini PABX cukup kuat menempel. Sebaiknya, perhatikan kekuatan paku dan dinding tempat mini PABX dipasang.
  • Buka kotak terminal telepon, tes masing-masing line untuk mengetahui nomor tiap line. Untuk mengetahui nomor line maupun status line telepon tersebut, hubungkan dengan pesawat telepon, lalu angkat gagang. Bila terdengar tone, tekan angka 141, maka akan terdengar suara operator (voice machine) yang menyebutkan nomor telepon dari line tersebut. Catat dan beri tanda. Teruskan pengetesan line telepon yang lainnya.
  • Hubungkan line telepon pada mini PABX melalui connector male RJ-11.
  • Hubungkan kabel telepon untuk masing-masing extension pada mini PABX. Extension 1 pada konektor RJ-11 B1, dan seterusnya.
  • Hubungkan kabel AC mini PABX pada sumber listrik, tunggu hingga mini PABX aktif.
  • Angkat gagang pesawat telepon, lalu dengarkan apakah ada nada (tone). Jika telah ada nada, lanjutkan pemeriksaan dan coba lakukan panggilan keluar/panggil. Ulangi untuk masing-masing extension.
  • Atur setting mini PABX sesuai permintaan.

Pada instalasi Mini PABX akan banyak sekali menggunakan connector RJ-11, sehingga otomatis crimping tool sangat dibutuhkan. Baik RJ-11 maupun konektor paralel-nya, masing-masing memiliki 4 buah pin connector. Biasanya, yang dipakai adalah pin 2 dan 3. Pasang masing-masing ujung kabel telepon dengan connector RJ-11 (pemasangan dilakukan menggunakan crimping tool). Lalu, masukan masing-masing ujung kabel yang telah dipasang RJ-11 tersebut pada male connector RJ-11 pesawat telepon dan mini PABX.

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Tarif Telepon dan SMS simPATI Loop
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga PABX Mini untuk Ekstensi Telepon"