Info Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Kain Balotelli

balotelli adalah yang memiliki ciri khas berupa tekstur kotak-kotak kecil yang membentuk garis-garis. Apabila pola garis-garis tersebut dilihat dari kejauhan, maka akan kembali membentuk skema kotak-kotak yang lebih besar. Skema kotak-kota tersebut juga membentuk pola yang tersusun secara teratur.

Apabila dilihat dari bahan penyusunnya, sebenarnya kain balotelli digolongkan sebagai bahan tekstil kategori kain katun. Tetapi lantaran ada beberapa perbedaan sifat antara keduanya, maka sebagian besar orang lebih sering menyebutnya sebagai bahan balotelli atau kain balotelli saja tanpa embel-embel ‘katun’.

Harga Kain Balotelli - www.mizutex.com

Harga Kain Balotelli - www.mizutex.com

Ciri-Ciri Kain Balotelli

Teksturnya Berserat
Karakteristik kain jenis balotelli yang pertama adalah memiliki bahan kain yang cenderung tidak menerawang. Hal itu disebabkan karena balotelli memiliki tekstur yang berserat. Oleh karena itu, untuk dapat memastikan bahwa suatu kain memang benar jenis balotelli, maka cara termudah adalah dengan merasakan teksturnya. Ciri dari kain ini adalah bergaris dengan tekstur yang sedikit kasar.

Tidak Melekat ke dan Tidak Menerawang
Seperti yang sudah sering Anda ketahui, kain balotelli kerap digunakan sebagai bahan jilbab, gamis, atau busana muslim syar’i. Pasalnya balotelli memiliki karakteristik tidak melekat ke tubuh saat digunakan, sehingga penggunaannya tidak menampakkan lekuk tubuh dan cenderung aman digunakan bagi para muslimah. Terlebih karena bahannya pun tidak tembus pandang alias tidak menerawang, sehingga memenuhi prinsip-prinsip busana syar’i.

Agak Tebal dan Halus
Kain balotelli dikenal bahan sandang yang agak tebal tetapi teksturnya tetap halus. Oleh sebab itu balotelli kerap dipakai untuk rok, gamis, dan hijab.

Tersedia Dalam Berbagai Warna dan Motif
Selain beberapa karakteristik di atas, kain balotelli juga dikenal punya banyak varian warna yang menarik. Adapun warna yang ditawarkan oleh jenis kain ini sangat beragam. Mulai dari warna yang polos, cerah hingga jenis kain yang bermotif. Karena berbagai jenis inilah para desainer percaya bahwa ini adalah salah satu bahan pakaian yang baik.

Bobotnya Ringan
Meskipun agak tebal, sebenarnya kain balotelli terbilang cukup ringan. Tak heran jika busana atau hijab dari kain balotelli memang cukup nyaman untuk digunakan seharian.

Bermotif Kotak-Kotak dan Bergaris
Kain Balotelli memiliki motif kotak-kotak dan bergaris. Untuk membuktikan jenis kain ini, caranya mudah, cukup dengan diraba saja tekstur dari permukaan kainnya. Ini merupakan ciri khas yang melekat pada jenis kain satu ini.

Kelebihan Kain Balotelli

Harga Terjangkau
Jenis bahan satu ini memiliki harga yang tidak terlalu menguras kantong. Oleh sebab itu, banyak orang suka membuat pakaian dari bahan balotelli.

Bahannya Tidak Mudah Kusut
Karena kain balotelli cenderung tebal, maka pakaian atau hijab dari kain balotelli tidak mudah kusut ketika dikenakan seharian.

Mudah Diatur
Tak hanya untuk gamis saja, kain balotelli juga kerap dipakai sebagai bahan hijab atau kerudung lantaran kainnya cenderung ‘jatuh’ ketika dipakai dan mudah diatur dan ditata untuk mengkreasikan berbagai gaya hijab kekinian.

Tidak Terasa Gerah Saat Digunakan
Hal penting dalam pemilihan bahan untuk pakaian dan hijab adalah bahwa suatu kain haruslah tidak menimbulkan rasa panas. Nah, kain balotelli ternyata memenuhi kriteria tersebut sebab kain ini tetap terasa dingin ketika dikenakan.

Mudah Ditemukan
Balotelli termasuk jenis kain yang cukup populer, sehingga Anda tak akan kesulitan untuk menemukannya di . Anda bisa mencari kain balotelli di toko-toko kain terdekat di kota tempat tinggal Anda.

Kekurangan Kain Balotelli

Walaupun kain balotelli punya banyak keunggulan, ternyata kain satu ini tetap tak luput dari cela. Bagi yang memiliki agak sensitif mungkin agak terganggu dengan tekstur kain balotelli yang agak kasar, terutama jika grade kain balotelli yang digunakan ternyata yang grade-nya kurang bagus. Kemudian beberapa jenis dari kain balotelli mungkin menimbulkan rasa panas, apalagi yang kualitasnya kurang baik.

Harga Kain Balotelli - www.bukalapak.com

Harga Kain Balotelli - www.bukalapak.com

Kekurangan lainnya, karena kain balotelli cenderung tebal, maka jatuhnya kain ini masih kurang sebagus kain wolfis (woolpeach). Ketika digunakan pun kadang terasa agak kaku. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir segala kelemahan kain balotelli ini sebaiknya pastikan Anda membeli kain balotelli yang kualitasnya bagus atau jenis premium (grade A).

Harga Kain Balotelli

Seperti halnya kain pada umumnya, kain balotelli biasanya dijual meteran (per meter), kiloan, atau bahkan langsung per 1 roll. Harga kain balotelli sebenarnya cukup bervariasi, tergantung kualitas atau grade dari kain itu sendiri. Biasanya kain balotelli yang grade A atau premium dijual lebih mahal dibandingkan kain balotelli kualitas biasa.

Sebagai informasi, harga kain balotelli per meter di pasaran saat ini dibanderol sekitar Rp 23 ribuan hingga Rp 35 ribuan. Kemudian untuk kain balotelli kiloan harganya sekitar Rp 130 ribuan per kilo (6 meter), dan untuk kain balotelli 1 roll ( 50 yard dengan lebar kain 1,5 meter) harganya dibanderol mencapai Rp 875 ribuan.

Perlu diingat bahwa harga kain balotelli bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga kain balotelli yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung kualitas kain dan juga penawaran dari pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari kain balotelli untuk membuat pakaian atau hijab, Anda bisa mencarinya di toko-toko kain terdekat. Tetapi jika Anda kesulitan untuk menemukan kain balotelli di sekitar tempat tinggal Anda, maka tak ada salahnya untuk membeli kain balotelli secara online. Saat ini sudah banyak pedagang kain yang menjajakan kain balotelli melalui sejumlah situs e-commerce.

Baca juga  Daftar Harga Terbaru Tiket Terusan Jawa Timur (Jatim) Park 1 & 2 Batu
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Ciri-Ciri, Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Kain Balotelli"