Info Cara Membuat & Harga Lampion Terbang

No comment144 views

Anda tahu tentang lampion terbang? Ya, lampion satu ini berbeda dari lampion yang biasa digantung-gantung ketika perayaan Imlek. Sesuai namanya, lampion terbang biasanya diterbangkan ketika acara atau perayaan tertentu dengan memanfaatkan energi panas dari api.

Lampion terbang saat ini menjadi cukup populer untuk digunakan dalam berbagai perayaan budaya, festival, pesta , dan semacamnya karena kerap dijadikan sarana untuk memanjatkan doa seperti yang kerap diadakan di area Candi Borobudur ketika perayaan Waisak, hingga perayaan budaya tertentu di China, Taiwan, atau negara lain.

Harga Lampion Terbang - www.tokopedia.com

Harga Lampion Terbang - www.tokopedia.com

Lampion terbang memang memiliki pesona tersendiri yang membuat siapa saja tertarik untuk mencoba menerbangkannya. Bagi Anda yang kerap menonton drama-drama Korea pasti juga sudah tak asing dengan adegan-adegan kala pemainnya menuliskan suatu permohonan untuk diterbangkan bersama lampion terbang ini.

Biasanya lampion terbang yang beredar di terbuat dari bahan yang ringan seperti kertas atau plastik. Bentuk dan variasi warnanya pun sangat beragam, namun biasanya menggunakan -warna seperti putih atau -warna lain yang lebih mencolok. Selain dibeli di , lampion terbang juga bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut caranya.

Membuat Lampion Terbang dari Kertas Minyak

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:

  • Pisau
  • Gunting
  • Tang
  • Kertas sejenis kertas minyak; kertas dengan tekstur ringan, kuat dan tidak mudah terbakar lebih baik
  • Etanol
  • Kapas 10 gram
  • Kawat tembaga
  • Lem
  • Potongan bambu

Cara Membuat:

  1. Kikis bambu menggunakan pisau hingga berbentuk strip (seperti lidi) dengan lebar 1 cm dan tebal 0,1 cm. Tekuk strip bambu hingga berbentuk lingkaran dan rekatkan dengan lem. Bambu merupakan bahan yang ideal untuk membuat lampion, karena bambu sangat mudah ditekuk.
  2. Ikat kawat tembaga di strip bambu yang membentuk lingkaran, ikat dengan bentuk salib.
  3. Potong kertas menjadi bentuk yang sesuai dengan lampion terbang pada umumnya, yakni berbentuk kolom. Rekatkan kertas pada area yang sama dengan lingkaran bambu.
  4. Potong strip bambu sepanjang 10 cm, kemudian tekuk strip tersebut. Rendam kapas dalam etanol dan ikatkan pada strip bambu yang dipotong tersebut. Gantungkan di titik persimpangan kawat tembaga.
  5. Setelah lampionnya selesai dibuat, sulut kapas yang digantung di titik persimpangan kawat tembaga dengan api. Jika sudah mulai terasa hangat dan ada dorongan ke atas, maka lampion terbang siap untuk dilepaskan ke langit.

Apabila Anda ingin menjajal menerbangkan lampion tersebut, sebaiknya terbangkan saat kondisi langit sedang cerah dan tidak ada angin yang terlalu kencang. Pasalnya angin yang berhembus kencang bisa membakar lampion terbang tersebut dan mengakibatkan lampion terbang ke arah yang salah hingga membakar objek lain.

Selain itu, untuk menerbangkan lampion terbang sebaiknya dilakukan di tempat yang lapang, tidak ada pepohonan atau kabel listrik yang bisa menghalangi lampion tersebut saat diterbangkan. Supaya lebih aman, Anda juga bisa mengikat lampion terbang dengan benang supaya Anda dapat menariknya lagi jika lampion tersebut terbang ke arah yang salah, jadi prinsipnya menyerupai layang-layang.

Harga Lampion Terbang - news.okezone.com

Harga Lampion Terbang - news.okezone.com

Sebelum menerbangkan lampion, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu apakah area sekitar Anda aman atau tidak. Pasalnya di beberapa wilayah seperti area dekat bandara biasanya sangat dilarang melakukan aktivitas seperti menerbangkan lampion, bermain layang-layang, atau bahkan bermain kembang api. Sebab aktivitas semacam itu dapat berpotensi membahayakan keselamatan penerbangan.

Apabila Anda merasa membuat lampion terbang sendiri terlalu rumit dan merepotkan, Anda tak perlu muram. Pasalnya kini sudah banyak dijual lampion terbang dalam kondisi jadi, sehingga Anda tinggal menyulut api saja untuk membakar lilin di dalamnya dan lampion pun siap diterbangkan tanpa perlu repot-repot membuatnya sendiri. Harga lampion terbang pun umumnya relatif murah. Berikut ini daftar harga lampion terbang yang ada di pasaran.

Daftar Harga Lampion Terbang

Tipe Lampion TerbangHarga
Lampion terbang bahan plastik ukuran tinggi 70 cm, diameter bawah 25 cmRp 4.000
Lampion terbang kertasRp 5.049
Lampion terbang kertas bergambar 1 sisiRp 5.500
Lampion terbang merk Wishing LightRp 6.850
Lampion terbang bahan plastik ukuran tinggi 1 meter, keliling 2 m, dan diameter bawah 30 cmRp 8.000
Lampion terbang berbentuk hati (love)Rp 15.000
Lampion Terbang Xu Yuan Teng besar ukuran 150 x 60 cmRp 18.800
Lampion terbang sky lantern bahan plastik ukuran tinggi 1,5 m, keliling 4 m, dan diameter bawah 60 cmRp 21.000
Lampion terbang bahan plastik ukuran tinggi 1 m, keliling 1 m, dan diameter bawah 50 cmRp 25.000
Lampion terbang bulat bentuk balon udaraRp 29.900
Lampion terbang berwarna Chinese Sky LanternsRp 37.000

Informasi daftar harga lampion terbang di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu Anda tahu bahwa harga lampion terbang dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga lampion terbang atau sky lantern di setiap tempat bisa saja berbeda-beda tergantung penawaran pihak penjual.

Saat ini mencari lampion terbang tidaklah sulit. Pasalnya sudah banyak toko atau distributor yang menjual lampion terbang di kota-kota besar seperti Surabaya, Malang, Jogja, Depok, Semarang, Jakarta, Solo, dan masih banyak lagi. Apabila Anda kesulitan menemukan toko terdekat yang menjual lampion terbang, tak ada salahnya jika Anda membeli lampion terbang secara online melalui berbagai situs e-commerce yang ada di .

Baca juga  Harga Plat Bordes Aluminium (Semua Ukuran)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Cara Membuat & Harga Lampion Terbang"