Update Biaya dan Limit Layanan Internet Banking KlikBCA

Perkembangan dunia digital yang begitu pesat juga merombak model layanan perbankan di , salah satunya dengan memanfaatkan layanan internet untuk bertransaksi. Dari sekian banyak yang ada di Indonesia, salah satu yang menyediakan layanan tersebut adalah Central Asia (BCA).

Sebagai bank swasta yang dinilai terpercaya, dengan slogannya #Lebihbaik, BCA menghadirkan kemudahan bagi para nasabahnya. Kini, untuk mendapatkan mutasi rekening, tidak perlu datang ke atau pusat BCA untuk melakukan print buku atau print laporan . Semua bisa dilakukan sendiri oleh nasabah dengan lebih praktis, hanya dengan e-Statement BCA.

Internet Banking - (Sumber: economictimes.indiatimes.com)

Internet - (Sumber: economictimes.indiatimes.com)

e-Statement ini dapat diakses melalui KlikBCA dan diperuntukkan bagi Anda yang memiliki rekening Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tahapan Berjangka, Tapres, BCA Dollar dan Giro Perorangan.

Layanan tersebut merupakan laporan mutasi rekening dalam bentuk file .pdf, yang bisa diakses para nasabah, kapan, dan di mana saja, sehingga memungkinkan Anda mendapatkan informasi terupdate, yang tentunya akan sangat membantu pengelolaan bisnis dan atau pencatatan transaksi perbankan Anda.

Cara Melakukan Transaksi Dengan KlikBCA

  • Anda hanya perlu login ke KlikBCA.com dan memilih e-Statement pada menu
  • Pilih rekening yang Anda miliki, seperti Tahapan Berjangka atau Tabungan & Giro
  • Tentukan pula periode bulan e-Statement yang diinginkan
  • Klik ‘unduh/download’, dan secara , laporan mutasi rekening yang Anda perlukan sudah didapatkan

Keunggulan Layanan KlikBCA

  • Aman, terlindungi dalam berbagai cara
  • Dapat melakukan berbagai transaksi seperti di
  • Kepraktisan dalam bertransaksi
  • Bisa dilakukan melalui smartphone

Keuntungan Dari Layanan KlikBCA

Ilustrasi: BCA Mobile (credit: Kumparan)

Ilustrasi: BCA Mobile (credit: Kumparan)

  • Mendapatkan keamanan dan kerahasiaan data saat bertransaksi dengan KlikBCA. Layanan ini semakin terlindungi karena dilengkapi oleh KeyBCA. Alat ini akan mengeluarkan password yang selalu berganti setiap kali Anda melakukan transaksi finansial. Keamanan Anda semakin terjamin.
  • Kepraktisan bertransaksi karena Anda tidak perlu ke bank atau ATM (kecuali jika ingin tarik uang tunai). Anda bisa bertransaksi kapan saja selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan di mana saja.
  • Bertransaksi perbankan semakin mudah karena Anda cukup menggunakan internet di komputer rumah atau kantor, atau juga bisa melalui smartphone.
  • Layar KlikBCA dirancang seperti layar ATM BCA sehingga mudah digunakan. Siapa pun bisa menggunakannya karena tidak memerlukan keterampilan khusus.
  • Jika nasabah kehilangan kartu ATM, nasabah dapat melakukan blokir kartu ATM melalui KlikBCA individu.
  • Bagaikan memiliki ATM pribadi, Anda juga bisa melakukan aneka transaksi melalui KlikBCA seperti di ATM (kecuali tarik tunai) seperti pembelian, pembayaran, pembayaran e-Commerce, transfer , informasi rekening, transaksi histori, dan informasi lainnya.

BCA telah menetapkan limit dan transaksi dalam layanan KlikBCA. Misalnya, nasabah KlikBCA dikenai administrasi Rp25.000. Untuk informasi lebih lengkap dapat dilihat pada tabel di bawah ini

Daftar Limit dan Besaran Nominal KlikBCA

KeteranganBesaran Nominal
Transfer dari Rupiah ke RupiahRp250 juta per hari per User ID
Transfer dari Rupiah ke ValasEkuivalen Rp250 juta per hari per User ID (merupakan bagian dari limit Rp250 juta)
Transfer dari Valas ke RupiahEkuivalen Rp250 juta per hari per User ID
Transfer dari Valas ke Valas yang samaEkuivalen Rp250 juta per hari per User ID
PembayaranSesuai dengan tagihan
Pembelian Pulsa Isi UlangRp2,5 juta per hari per User ID (termasuk PPN). Ini adalah limit gabungan dengan e-channel lain seperti ATM BCA, m-BCA, SMS BCA, Isi ulang pulsa via SMS dan BCA By Phone

Mulai Agustus 2020, BCA meningkatkan limit transfer harian menggunakan internet banking BCA (KlikBCA Individu) dari yang sebelumnya Rp100 juta per hari, dinaikkan secara permanen menjadi Rp250 juta per hari per User-ID. Ini berlaku untuk transfer antar rekening BCA dan transfer ke rekening bank lain dalam negeri. Limit ini merupakan limit gabungan transfer dari Rupiah ke Rupiah, Rupiah ke Valas, Valas ke Rupiah dan Valas ke Valas yang sama. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dengan Banking from Home.

Daftar Biaya dan Limit Layanan KlikBCA

Ilustrasi: Layanan KlikBCA (credit: bca.co.id)

Ilustrasi: Layanan KlikBCA (credit: bca.co.id)

KeteranganBesaran Biaya
Biaya Administrasi KeyBCA baruRp25.000
Biaya transfer onlineRp6.500
Biaya Transfer Antar Bank via LLG**Rp2.900/transaksi
Biaya Transfer Antar Bank via RTGS*Rp25.000/transaksi

*per 1 Juli 2016, nilai nominal transaksi RTGS adalah lebih besar dari Rp100 juta
** Per 1 September 2019 Nominal Transaksi Kiriman Uang (LLG) menjadi maksimal Rp1 miliar.

Biaya transfer antar bank via LLG diturunkan biayanya dari Rp3.500 pada tahun 2019, sekarang menjadi Rp2.900 per transaksi.

Ketentuan Limit KlikBCA

  • Limit transaksi tersebut merupakan limit yang terpisah dari limit Kartu ATM BCA yang digunakan untuk melakukan registrasi IB BCA di mesin ATM BCA, BCA atas pertimbangannya sendiri berhak setiap saat untuk mengubah besar limit untuk setiap transaksi.
  • Limit transaksi transfer ke rekening bank lain dalam negeri bagi nasabah yang belum mendaftarkan nomor handphone-nya dibatasi maksimal sebesar Rp25.000.000 per transaksi, namun total limit transfernya tetap maksimum Rp250.000.000 per hari.
  • Limit transaksi transfer ke rekening bank lain dalam negeri melalui LLG adalah minimum Rp10.000 dan maksimum Rp250.000.000 per transaksi.
  • Terkait Covid-19 dan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar, maka mulai 30 Maret sd 15 Agustus 2020 (dapat diperpanjang sesuai situasi yang ada) berlaku penyesuaian batas waktu layanan LLG/RTGS dari jam 15:30 WIB menjadi jam 14:00 WIB.
  • Pendaftaran nomor handphone KlikBCA dapat dilakukan pada ATM BCA atau cabang BCA terdekat.

Tidak ada biaya untuk registrasi internet dan mendapatkan user ID serta PIN Internet Banking. Begitu Anda sudah bisa bertransaksi dengan KlikBCA, Anda bisa melakukan pemindahan dana rekening di BCA hingga Rp250 juta setiap hari.

Registrasi juga bisa dilakukan dengan mudah, yaitu cukup registrasi di ATM BCA atau datang ke cabang BCA untuk mendapatkan KeyBCA yang digunakan untuk transaksi finansial, Anda cukup datang ke cabang BCA terdekat dengan membawa bukti kepemilikan rekening serta kartu identitas.

Anda juga dapat mempunyai layanan KlikBCA dengan registrasi terlebih dahulu. Panduan lengkap dapat dilihat pada website resmi milik BCA di alamat www.bca.co.id/id/individu/produk/E-Banking/Klik-BCA. Di laman tersebut, Anda dapat mengunduh 4 file panduan berbentuk .pdf yang bisa diikuti oleh nasabah.

Apabila Anda mengunjungi laman di atas, selain file panduan yang bisa diunduh, juga terdapat beberapa hal yang perlu diketahui dari KlikBCA. Di website tersebut akan dijelaskan secara detail seperti transfer ke rekening bank lain dalam negeri, registrasi internet banking BCA, transaksi menggunakan internet banking BCA, pembuktian, kurs, user ID, PIN, KeyBCA dan kewajiban nasabah, dan lain-lain. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah apabila terdapat gangguan sistem layanan KlikBCA, maka sementara waktu layanan tersebut tidak dapat diakses oleh nasabah.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Biaya dan Cara Menghabiskan Saldo ATM Mandiri Rp100 Ribu dan Rp50 Ribu
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Biaya dan Limit Layanan Internet Banking KlikBCA"