Info Terbaru Biaya Administrasi Potongan ATM BRI per Bulan

Bagi nasabah sebuah bank, potongan biaya administrasi bukan merupakan sebuah hal baru. Ketika Anda membuka rekening tabungan di suatu bank, baik bank pemerintah semacam BRI dan BNI atau swasta seperti BCA, maka otomatis setiap bulan, pihak bank akan memotong saldo Anda dengan biaya administrasi, termasuk ketika Anda juga memiliki kartu ATM dari bank yang bersangkutan.

Mesin dan kartu ATM BRI (sumber: akurat.co)
Mesin dan kartu ATM BRI (sumber: akurat.co)

ATM sendiri telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi banyak nasabah. Pasalnya, dengan kartu ini, nasabah akan lebih mudah ketika ingin melakukan transaksi, seperti tarik tunai, menyetor atau menabung, hingga transfer ke rekan kerja. Karena pentingnya ATM, setiap kali membuka rekening, nasabah juga akan ditawari kartu ATM, termasuk saat membuka tabungan di BRI.

Bacaan Lainnya

Hingga kini, BRI telah melayani nasabah lewat tidak kurang dari 9.808 unit kerja. Tak hanya produk tabungan saja, Bank BRI juga memiliki layanan e-banking mulai dari ATM, SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking, dan masih banyak lagi kemudahan lainnya bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi transfer maupun pengecekan saldo lewat internet maupun telepon seluler.

Dilansir dari resminya, setidaknya ada beberapa produk tabungan yang sudah disediakan BRI untuk masyarakat yang ingin menyimpan uang mereka dan berinvestasi. Masing-masing produk tabungan tentunya menawarkan kelebihan tersendiri. Ini informasi terbaru daftar produk tabungan yang telah dimiliki BRI hingga saat ini.

Baca juga  Keunggulan dan Update Biaya Wire Transfer Remittance BRI (BRIfast)

Produk Tabungan BRI

  • Tabungan BRI Simpedes, adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah yang dapat dilayani di KC, KCP, BRI Unit, Kantor Kas, hingga Teras BRI yang penyetoran dan pengambilannya tidak dibatasi, baik frekuensi maupun jumlahnya sepanjang memenuhi aturan yang berlaku. Dengan syarat diri dan NPWP, setoran awal untuk Tabungan BRI Simpedes hanya sebesar Rp100.000.
  • Tabungan BRI BritAma, diklaim sebagai produk tabungan yang memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapanpun dan di manapun. Dengan setoran awal Rp250.000 untuk kartu Classic atau Rp500.000 untuk kartu Gold, syarat menjadi nasabah cukup menyerahkan KTP berbasis NIK dan NPWP bagi WNI atau Paspor dan KITAS bagi WNA.
  • Tabungan BRI BritAma Bisnis, produk tabungan BRI yang diutamakan untuk digunakan dalam bisnis dengan memberikan keleluasaan lebih dalam bertransaksi, kejelasan lebih dalam pencatatan transaksi, dan keuntungan yang lebih untuk menunjang transaksi kebutuhan bisnis nasabah. Syarat untuk menjadi nasabah adalah KTP berbasis NIK dan NPWP bagi WNI atau Paspor dan KITAS bagi WNA, dengan setoran awal Rp1.000.000.
  • Tabungan BRI BritAma Muda, merupakan tabungan dengan desain kartu debit khusus yang elegan untuk anak muda serta memberikan beragam kemudahan dalam melakukan transaksi perbankan dengan didukung fasilitas e-banking dan sistem real time online yang akan memungkinkan nasabah untuk bertransaksi kapan pun dan di mana pun. Setoran awal tabungan ini adalah sebesar Rp100.000.
  • Tabungan BRI Simpedes TK, merupakan tabungan yang diperuntukkan bagi para TKI guna mempermudah transaksi mereka, termasuk penyaluran atau penampungan gaji atau bayaran. Dengan setoran awal hanya Rp10.000, persyaratan untuk menjadi nasabah cukup dengan KTP disertai surat rekomendasi dari PPTKIS dan mengisi pembukaan rekening.
  • Tabungan Haji BRI, adalah produk yang diperuntukkan bagi perorangan guna mempersiapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Dengan setoran awal Rp50.000 atau USD 50, tabungan ini memiliki beberapa kelebihan antara lain gratis biaya administrasi, gratis kecelakaan dengan maksimum cover hingga 120% dari saldo akhir maksimal Rp50.000.000, serta penarikan yang tidak dibatasi sepanjang memenuhi batas saldo minimum.
  • Tabungan BritAma Rencana, merupakan tabungan investasi dengan setoran tetap bulanan yang dilengkapi dengan fasilitas perlindungan jiwa bagi nasabah. Nasabah bebas menentukan setoran tetap bulanan, dengan minimal Rp100.000 dan maksimal Rp5.000.000 (kelipatan Rp50.000), serta gratis biaya administrasi. Nasabah juga bebas menentukan jangka waktu tabungan (1-20 tahun).
  • Tabungan BritAma Valas, merupakan tabungan mata uang asing dengan kemudahan transaksi dan nilai tukar yang kompetitif. Persyaratan menjadi nasabah antara lain mengisi form aplikasi pembukaan rekening, KTP bagi WNI atau Paspor dan KITAS bagi WNA, dan setoran awal sebesar USD50, AUD50, SGD65, EUR50, CNY350, AED175, HKD350, GBP50, JPY5.000, atau SAR300.
  • Tabungan BRI Junio, merupakan produk tabungan Bri yang ditujukan khusus kepada segmen anak dengan fasilitas dan fitur menarik bagi anak. Jika usia nasabah 0 sampai dengan 12 tahun, setoran awal mulai Rp100.000.  Sementara, apabila usia nasabah 12 tahun hingga 17 tahun, setoran awal sebesar Rp150.000. Pembukaan rekening disertai dengan KTP orang tua.
  • Tabungan BRI Simpel, merupakan tabungan untuk siswa atau pelajar yang ditertibkan oleh BRI dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, dalam rangka edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini. Tabungan ini gratis biaya administrasi bulanan, dengan setoran awal minimal Rp5.000.
  • BRI TabunganKu, merupakan produk simpanan untuk nasabah perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia yang bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Produk ini bebas biaya administrasi bulanan, dengan saldo minimal Rp20.000 dan biaya penutupan rekening Rp20.000.
Baca juga  Info Biaya Sertifikasi PFM (Professional Financial Modeler) Terbaru
Ilustrasi: Kartu ATM Bank BRI GPN (credit: banksentral)
Ilustrasi: Kartu ATM Bank BRI GPN (credit: banksentral)

Potongan Kartu ATM BRI

Tabungan BRI Biaya Potongan ATM per Bulan
BritAma Classic : Rp2.000
Gold : Rp6.500
BritAma TKI Classic : Rp1.000
Simpedes Private Label : Rp5.500
BRI Junio < 12 tahun : Rp500
12 tahun s/d < 17 tahun : Rp500

Apabila dibandingkan dengan tahun 2019 dan 2020, pihak BRI sampai tahun 2022 ini masih belum mengubah ketentuan biaya potongan ATM per bulan untuk seluruh produk tabungannya. Biaya administrasi bulanan kartu ATM BRI di atas kami rangkum dari resmi bank yang bersangkutan. Biaya administrasi bulanan kartu ATM BRI tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan bank. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa datang ke kantor cabang BRI terdekat.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 Komentar

  1. Sy kecewa dg bri, potongan bulanan tak prnah tetap, bulan ini rekening sy terpotong 43.500..
    Kenapa bisa demikian.
    Sedangkan potongan bulanan admin bank hanya 6.500 dan potongan atm hanya 5.500…

    Potongan sampai 43.500 itu untuk ap..apakah BRi mau jadi bank pemeras rakyat bkn lg bank rakyar indobesia.

  2. Nabung uang di bank bunga kg seberapa tp kalau kredit dibank bunganya gede,inikah yg namanya keadilan ? Apa bedanya dgn rentenir? Sedangkan kita tiap urusan uang hrs lewat bank,