Info Karakter & Update Harga Anjing Belgian Malinois

Jenis anjing ras yang kerap dijadikan memang sangat banyak, mulai dari german shepherd, golden retriever, rottweiler, labrador, hingga samoyed. Apabila Anda termasuk pemelihara anjing yang sudah berpengalaman, tak ada salahnya untuk mencoba mengadopsi anjing jenis belgian malinois. Anjing satu ini dikenal tangguh dan cocok untuk dijadikan anjing penjaga. Tak ayal jika anjing belgian malinois dijual dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Anjing belgian malinois (sumber: orvis.com)
Anjing belgian malinois (sumber: orvis.com)

Karakteristik Anjing Belgian Malinois

Anjing Belgian Malinois atau biasa hanya disebut dengan Malinois adalah anjing yang sangat setia. Dia suka menjadi bayangan dari tuannya, apakah itu pada waktu tuannya lari pagi, ataupun sedang duduk membaca dia selalu berada di samping tuannya.

Bacaan Lainnya

Tidak jarang dia juga suka mengikuti tuannya sampai ke dalam rumah atau kamar kecil. Malinois sangat sensitif, jadi sangat cepat mengetahui mood dari owner-nya, apakah lagi senang, sedih, atau marah. Malinois memiliki kepintaran yang sangat tajam. Mereka tidak suka dihukum dalam pelatihan, tapi dengan cara positif menghasilkan sifat yang luar biasa.

Baca juga  Info Terkini Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru & Bekas)

Malinois awalnya berkembang di daerah Malines, Belgia. Pada akhir 1800-an, malinois merupakan salah satu dari empat ras anjing gembala Belgia yang dikembangkan. Sekilas malinois terlihat mirip dengan German Shepherd. Malinois merupakan salah satu anjing berambut pendek dengan warna mirip rusa dengan wajah menyerupai topeng berwarna hitam. Malinois bertubuh kecil, ramping, dan tulang yang ringan sehingga postur tubuhnya lebih seimbang karena bobot tubuh terbagi seimbang pada keempat kaki.

Sekilas terlihat malinois memiliki bentuk tubuh persegi. Ciri khas warna malinois adalah memiliki warna hitam pada ujung rambut, secara umum malinois terbagi dalam warna cokelat, kemerahan, dan cokelat muda. Dengan postur tubuh yang atletis, malinois merupakan anjing yang sangat aktif dan cerdas, serta bisa menunjukkan hasil yang maksimal untuk setiap tugas yang diberikan.

Malinois sangat sensitif dalam merespons tiap metode pelatihan yang diberikan termasuk metode pelatihan yang diberikan secara keras. Walaupun demikian, malinois termasuk jenis anjing yang komunikatif dan tidak suka diabaikan.

Karakter malinois bermacam-macam tergantung bagaimana mereka dibesarkan. Sifat inilah yang menjadikan malinois cocok menjadi anjing pelacak dan membantu tugas kepolisian. Dengan sifatnya yang cerdas, energik, dan karakter yang terbentuk selama pelatihan, malinois tidak direkomendasikan dijadikan hewan kesayangan bagi doglovers pemula yang baru mulai memelihara anjing.

Baca juga  Update Harga Plamir Dulux (Interior dan Eksterior)

Pada umumnya malinois memiliki kondisi yang sehat, namun mereka rentan pada beberapa kondisi penyakit, seperti displasia pada pinggul, displasia pada siku, dan hipotiroidisme. Anjing-anjing yang akan digunakan untuk beberapa pekerjaan sangat penting diperhatikan kondisi pertulangannya karena kondisi dysplasia pada pinggul maupun siku dapat mengurangi performa anjing saat akan bekerja.[1]

Sosok dan penampakan anjing malinois sekilas sangat mirip dengan herder. Karakter anjing malinois sangat keras, serta daya penciuman dan pendengarannya relatif tajam dibandingkan dengan anjing lain. Kelebihan anjing ini dibandingkan dengan anjing lain adalah vitalitas dan daya mobile-nya yang tinggi. Karenanya, jika akan memeliharanya, calon pemilik harus melakukan pendekatan secara emosional, sehingga anjing menjadi patuh dan setia pada majikannya. Anjing ini sangat cocok untuk dijadikan anjing pekerja dan anjing keluarga.

Ilustrasi: Ciri Khas Anjing Malinois (credit: loveyourdog)
Ilustrasi: Ciri Khas Anjing Malinois (credit: loveyourdog)

Tinggi anjing malinois rata-rata 54-60 cm. Bulu anjing penjaga unggul ini umumnya pendek, kasar, tebal, dan padat. Warna bulu sama dengan bulu anjing herder, yakni cokelat bercampur hitam atau kekuningan.[2] Sebagai gambaran, berikut ini harga belgian malinois di pasaran Indonesia.

Baca juga  Fasilitas dan Update Harga Burung di Pasar Pramuka

Harga Anjing Belgian Malinois

Kategori Anjing Belgian Malinois Harga (Rp)
Anakan Belgian Malinois Mix Pitbull 750.000
Anakan Belgian Malinois Hitam 9 bulan 1.900.000
Anakan Belgian Malinois Impor 6.000.000
Belgian Malinois Dewasa Betina Stambum 7.500.000
Belgian Malinois Dewasa Jantan Stambum 8.000.000

Informasi harga belgian malinois di atas dirangkum dari berbagai sumber. Perlu Anda ketahui bahwa harga anjing belgian malinois dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, harga anjing Belgian Malinois tahun 2020 dan 2021 adalah Rp4,5 juta per ekor hingga Rp10 juta per ekor. Selain itu, harga belgian malinois yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

[Update: Almas]

[1] Redaksi Cat & Dog. 2019. Majalah Cat And Dog Edisi 25 [Agustus-September 2019]. Jakarta: Majalah Cat And Dog hlm. 18-19.

[2] Sianipar, ND., dkk. 2004. Merawat & Melatih Anjing Penjaga (Ed. Mulyono). Jakarta: AgroMedia Pustaka hlm. 16-17.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.