Update Harga Yakult Eceran dan Pack

No comment10989 views

Siapa yang tidak kenal dengan Yakult? Ini adalah salah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula, yang didukung bakteri Lactobacillus casei. Di pasaran, Yakult dijual secara eceran dan per pack isi lima botol dengan harga yang cukup terjangkau.

Harga Yakult Eceran - food.detik.com

Harga Yakult Eceran - food.detik.com

Dikutip dari Wikipedia, nama Yakult berasal dari jahurto, bahasa Esperanto untuk yogurt. Yakult sendiri ditemukan oleh Dr. Minoru Shirota sekitar tahun 1930 silam. Kemudian, pada tahun 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd. untuk memasarkan minuman ini. Sejak saat itu, Yakult telah memperkenalkan berbagai minuman yang mengandung bakteri Bifidobacterium breve, dan telah menggunakan Lactobacillus.

Saat ini, selain di Jepang, Yakult juga diproduksi dan dipasarkan di , Amerika Latin, Eropa, dan Asia, termasuk Indonesia. Khusus di Tanah Air, PT Yakult Indonesia Persada pertama kali berdiri pada tahun 1990 lalu sebagai pemegang lisensi dari Yakult Honsha Co., Ltd. di Jepang. dengan perusahaan Yakult di seluruh dunia, Yakult Indonesia juga berusaha untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan bahagia.

Seperti diutarakan sebelumnya, Yakult adalah minuman susu fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei yang dapat mencapai usus dalam keadaan hidup. Satu botol minuman Yakult diklaim bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menekan pertumbuhan bakteri yang merugikan di dalam sistem pencernaan manusia. Beberapa manfaat minuman Yakult di antaranya seperti berikut.

Manfaat Yakult

  • Menjaga keseimbangan mikroorganisme baik di dalam usus.
  • Menekan pertumbuhan bakteri merugikan.
  • Mengurangi di dalam tubuh.
  • Mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare.
  • Meningkatkan kualitas kekebalan tubuh.

Minuman ini sendiri dibuat dari baku seperti air, sukrosa, susu bubuk skim, perisa identik alam, dan kultur bakteri asam laktat (Lactobacillus casei Shirota strain). Untuk menghasilkan produk yang aman dengan kualitas terbaik, Yakult Indonesia menerapkan proses produksi berdasarkan manajemen keamanan pangan sesuai ISO 22000:2005. Selain itu, pabrik Yakult juga menggunakan mesin otomatis dan sistem tertutup, yang merupakan standar bagi seluruh pabrik Yakult di penjuru dunia, selain seluruh perlengkapan produksi menggunakan bahan stainless steel terbaik dan berkualitas.

Ilustrasi: proses produksi Yakult (sumber: ceritatentang.com)

Ilustrasi: proses produksi Yakult (sumber: ceritatentang.com)

Agar menjamin proses produksi serta penanganan produk Yakult yang benar-benar higienis, perusahaan menerapkan suatu standar prosedur operasi yang dibakukan. Sebagai contoh, pintu masuk karyawan dilengkapi dengan pembersih sepatu otomatis. Selain itu, pintu-pintu di ruang produksi hanya dapat dibuka apabila karyawan telah mencuci kedua tangan mereka. Setelah itu, sebelum memasuki ruang produksi, karyawan harus melalui air shower, yang berguna untuk membersihkan pakaian mereka dari kotoran yang menempel.

Berbeda dengan produk minuman sejenis, produk Yakult memang hanya dikemas dalam botol berukuran mini, sekitar 65 ml, dan tidak tersedia dalam kemasan ukuran botol air mineral. Alasannya, dengan ukuran 65 ml, produk ini sudah berisi lebih dari 6,5 miliar bakteri Lactobacillus casei Shirota strain yang bermanfaat untuk tubuh.

Di samping itu, dengan kemasan yang mini, Yakult diharapkan dapat diminum dalam sekali waktu atau satu tegukan sehingga meminimalkan terjadinya kontaminasi silang dari luar ke dalam produk. Untuk kebutuhan ini, tutup botol Yakult pun didesain menggunakan bahan foil agar bisa langsung dihabiskan dalam sekali waktu.

Harga Yakult

Tidak susah mendapatkan produk Yakult, karena Anda bisa membelinya di berbagai toko, swalayan, minimarket, bahkan jual beli online. Jika Anda membeli secara eceran, harganya saat ini sekitar Rp2.000 per botol. Sementara, apabila membeli per pack berisi 5 botol, harganya Rp9.500 sampai Rp10.000. Jika Anda membeli satu ball berisi 50 botol, dijual di kisaran harga Rp110.000. 

Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, Yakult kemasan eceran dijual dengan harga Rp3.000, sedangkan untuk kemasan pack isi 5 botol dijual dengan harga Rp8.500 hingga Rp9.500. Lalu, di tahun 2020, harga Yakult eceran naik menjadi sekitar Rp3.500 per botol, sedangkan harga Yakult per pack isi lima botol menjadi Rp10.000 hingga Rp11.500.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Harga Getah Katilayu, Jimat untuk Memancing Ikan
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Yakult Eceran dan Pack"