Cara Budidaya dan Update Harga Ikan Golsom

Jika Anda termasuk penyuka ikan predator, tak ada salahnya untuk melirik ikan golsom alias green terror. Ikan yang sepintas mirip louhan ini memiliki corak tubuh yang menawan. Seperti halnya ikan predator pada umumnya, aktivitas golsom ketika menyambar makanan juga cukup menarik untuk dilihat. Di pasaran, harga ikan golsom dipatok variatif, tergantung ukurannya.

Ikan golsom/green terror (medium: Tanu N. Prabhu)
Ikan golsom/green terror (medium: Tanu N. Prabhu)

Ciri Ikan Golsom

Ikan golsom merupakan salah satu ikan asing dari famili Cichlidae. Walaupun populasinya cukup melimpah, tetapi ikan ini tidak bernilai ekonomis di pasaran. Ikan golsom merupakan ikan predator yang berasal dari Afrika dengan ciri khusus berupa corak warna yang khas, seperti bentuk tubuh bulat memanjang (elongate) dan memiliki 4- 5 bercak (blotch) membulat di sepanjang linea lateralis. Ciri lainnya golsom adalah sisik berwarna kuning hingga olive (kuning zaitun), terdapat serangkaian titik berwarna merah tipis memanjang horizontal di bagian tengah tubuhnya, serta terdapat spot berwarna merah magenta pada tutup insang (operculum).[1]

Bacaan Lainnya

Tubuh ikan memanjang, kepala relatif besar, dan mulut lebar. Sirip punggung bagian depan keras dan tajam, biasanya berjumlah 13-15 buah. Tubuh berwarna hijau kekuningan dengan lima bulatan hitam di sepanjang sisi tubuh, tetapi akan memudar setelah ikan beranjak dewasa. Ciri yang mudah dikenali adalah garis hitam diagonal dari atas kepala melewati dan berakhir di bagian belakang mulut. Panjang maksimum yang terdata adalah 18,7 cm.

Termasuk omnivora, tetapi juga dapat dikategorikan karnivora karena di alam pakannya adalah ikan-ikan yang lebih kecil, udang, dan juga kerang. Pergerakan ikan golsom sangat cepat dan lincah, apalagi saat menyambar mangsa, yaitu ikan, udang, , dan serangga air.[2] Ikan golsom jantan lebih besar dan warnanya lebih bagus dari betina.

Pada umumnya, ikan golsom banyak dijumpai di perairan dangkal seperti sungai, danau, waduk, dan juga pernah terlihat di sekitar pesisir pada kisaran suhu 23°-25°C. Ikan ini juga dapat ditemukan di muara yang airnya agak payau. Sifatnya agresif dan senang menggali ke dasar sehingga tidak cocok dipadukan dengan tanaman air.

Pemijahan dapat dilakukan secara berpasangan dengan menggunakan potongan pot, pipa, atau keramik. Apabila sudah matang gonad, pasangan akan membersihkan sarang dengan mulutnya sampai bersih. Telur akan diletakkan secara tertata di permukaan substrat oleh induk betina dan akan dibuahi oleh jantannya. Sepasang induk dapat memproduksi telur sekitar 800 butir. Telur dapat diambil bersama substrat dan ditetaskan di tempat lain atau induknya dapat merawat telurnya. Telur akan menetas dalam jangka waktu 48 jam. Pada hari ke-4 setelah menetas, larva golsom dapat diberi pakan kutu air atau artemia.[3]

Cara Budidaya Ikan Golsom dalam Akuarium

Jika dilihat sepintas, tampilan ikan green terror hampir mirip seperti ikan louhan dengan bentuk kepala yang agak jenong. Namun, sisik dari green terror terlihat begitu mencolok karena warnanya yang berkilauan jika terkena pantulan cahaya. Dalam aquarium rumahan, ikan yang tergolong keluarga cichlid ini umumnya hidup antara 7-10 tahun. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa ikan green terror bisa hidup lebih lama dan panjangnya mencapai 20 cm.

Lantaran tergolong ikan predator, sebaiknya jangan mencampur ikan green terror dengan ikan lain yang lebih kecil dalam satu akuarium. Ikan ini lebih baik dipelihara dalam akuarium satu spesies saja dengan volume air sekitar 150 liter. Apabila ingin dipelihara dalam kelompok, maka minimal sediakan akuarium berisi 280 liter air dan teman akuarium mereka harus ikan besar yang sama agresifnya.

Nah, untuk pakan, ikan green terror bisa mengonsumsi makanan hidup atau , termasuk cacing tanah yang sudah dibersihkan, cacing darah, cacing hitam, daphnia, hingga udang. Anda juga bisa memberikan pucat cerah sesekali. Lalu, berapa harga ikan golsom di pasaran untuk saat ini?

Ciri Ikan Golsom - (ferboes.com)
Ciri Ikan Golsom – (ferboes.com)

Harga Ikan Golsom

Ukuran Ikan Golsom Harga
Ikan Golsom 7-9 cm Rp15.000 – Rp29.000 per ekor
Ikan Golsom 8-10 cm Rp30.000 per ekor
Ikan Golsom Cichlid Medium 6-10 cm Rp49.000 per ekor
Ikan Golsom 13-14 cm Rp60.000 per ekor
Ikan Golsom Terror 20-25 cm Rp165.000 per ekor
Ikan Golsom Jumbo > 20 cm Rp200.000 per ekor

Daftar harga ikan golsom di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs . Perlu Anda catat bahwa harga ikan tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu ikan golsom green terror ukuran 16 cm dijual Rp50 ribuan per ekor, sedangkan harga ikan golsom jumbo ukuran 21 cm berkisar Rp350 ribu per ekor.

(Panca)

[1] Hedianto, D. A & Sri E. P. 2013. Biologi Reproduksi Ikan Golsom (Hemichromis elongatus, Guichenot 1861) di Waduk Cirata, Jawa Barat. Bawal, Vol. 5(3): 159-166.

[2] Dewantoro, G. W & Ike R. 2016. Jenis Ikan Introduksi dan Invasif Asing di Indonesia. Jakarta: LIPI Press, hlm 156.

[3] Lesmana, D. S. 2015. Ensiklopedia Ikan Hias Air Tawar. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm 112.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *