Update Harga Kotak Nasi Bento di Pasaran

No comment3270 views

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah kotak nasi ‘Bento’. Ini adalah istilah untuk bekal yang berisi nasi berikut lauk pauk yang tersedia dalam yang praktis, mirip dengan nasi bungkus. Nah, jika Anda tertarik membuat bekal nasi bento ini, terutama untuk bekal anak-anak di sekolah, Anda harus menyiapkan kotak nasinya terlebih dahulu yang bisa dibeli dengan yang sangat murah.

Menu lunch box nasi bento (sumber: Tokopedia)

Menu nasi bento (sumber: Tokopedia)

Menurut laman Wikipedia, bento atau o-bento adalah nasi bekal yang telah dilengkapi dengan lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-mana dan dimakan di tempat lain, mirip nasi bungkus. Bento biasanya dikemas untuk porsi satu orang, meski dalam arti luas bisa berarti makanan bekal untuk kelompok atau keluarga. Bento ini bisa dibeli atau disiapkan sendiri di rumah. Ketika dibeli, bento biasanya sudah dilengkapi dengan sumpit sekali pakai, bersama dengan penyedap rasa yang disesuaikan dengan lauk, seperti kecap asin atau saus dalam kemasan mini.

Meski merupakan bekal, namun bento memiliki ciri khas yang membedakannya dengan makanan bekal lainnya. Biasanya, pengaturan jenis lauk dan sayuran dalam nasi bento dibuat lebih menarik dan berwarna sehingga lebih sedap dipandang dan bisa mengundang selera. Bento juga dapat dihias dan disusun rapi dalam gaya yang disebut dengan kyaraben.

Di negara asalnya, nasi bento bisa dibedakan menjadi beberapa jenis. Shokado bento misalnya, adalah bento yang dihidangkan di dalam kotak kayu dengan tutup yang bisa menutup rapat, dan di dalamnya terdapat pembatas untuk membagi wadah menjadi empat bagian. Sementara itu, jenis chukka bento adalah kemasan nasi bento yang berisi makanan khas China.

Kotak Nasi Bento - www.bukalapak.com

Kotak Nasi Bento - www.bukalapak.com

Selain itu, ada juga kamameshi bento, yaitu bento yang menggunakan periuk tanah liat sebagai kemasan. Di samping itu, ada makunouchi bento, yaitu bento tradisional yang berisi nasi dan lauk. Tidak ketinggalan, jenis noriben yang merupakan bento berisi nasi ditutupi nori yang sudah dicelupkan ke dalam kecap asin dan hinomaru bento yang merupakan bento yang hanya terdiri dari nasi putih dan sebuah umeboshi yang diletakkan di tengah-tengah seperti bendera Jepang.

Untuk membuat nasi bento ini, diperlukan sebuah wadah, yang bisa berupa kotak atau nampan segi empat dari plastik, kotak roti, melamin, box kertas, atau kotak kayu kerajinan tangan yang dipernis. Di Indonesia sendiri, Anda bisa membeli kotak tempat nasi bento ini berbagai , pasar, maupun situs jual beli online dengan harga bervariasi, mulai Rp1.000 atau Rp5.000 per kotak (biasanya terbuat dari mika), hingga paling mahal dijual dengan harga Rp95.000 per 50 pcs, sudah dilengkapi sekat atau wadah sendok dan garpu sekaligus.

Menurut salah seorang pengusaha dan pembuat bento, dasar membuat nasi bekal ini adalah setengah bagian berupa nasi, seperempat daging, serta seperempat sisanya adalah buah dan sayuran. Selanjutnya, untuk menghadirkan pada bento, setidaknya pilih tiga macam yang bisa diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayuran, yaitu merah, kuning, dan hijau.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Tiket Masuk Zoo Melaka & Night Safari Malaysia
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Kotak Nasi Bento di Pasaran"