Update Harga Paket WiFi Telkomsel Home Internet

tidak hanya menghadirkan kartu seluler untuk bisa berinternet di ponsel. Perusahaan tersebut juga menawarkan layanan internet home berbasis modem WiFi bernama Telkomsel Orbit. Tersedia dalam dua varian modem, yakni Orbit Star dan Orbit Max, harga paket per bulan internet rumahan tersebut ternyata cukup bersaing.

Ilustrasi: Browsing Internet Menggunakan Telkomsel Orbit (credit: telkomsel)
Ilustrasi: Browsing Internet Menggunakan Orbit (credit: telkomsel)

Seperti diketahui, selain pangan, sandang, dan papan, saat ini internet telah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Internet merupakan alat atau media yang paling dominan dalam era new media. Awalnya hanya dimanfaatkan untuk berkirim email dan berselancar di dunia maya, kini internet juga digunakan untuk blog, situs jejaring sosial, situs berbagi video, televisi internet, konferensi video, hingga bermain video game.[1]

Bacaan Lainnya

Jika dulunya mengandalkan kabel, termasuk kabel telepon, untuk menyambungkan jaringan, internet saat ini sudah memakai teknologi Wireless Fidelity. Sering disingkat WiFi, ini adalah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.[2] Kebanyakan smartphone dan laptop zaman sekarang sudah dilengkapi fasilitas ini dan area hot spot yang menawarkan jaringan WiFi pun semakin menjamur.

Varian Internet Home

Sebenarnya, untuk mengakses internet, kita bisa memakai paket data dari provider kartu seluler melalui media smartphone. Namun, karena ukurannya yang relatif kecil, menggunakan ponsel cerdas tidak dapat mencukupi kebutuhan pengguna yang memerlukan akses lebih luas. Nah, karena itu, laptop atau notebook lebih dipilih, termasuk mengerjakan urusan kantor atau mengirim email.

Baca juga  Update Tarif Fax (Faksimile) Telkom (Lokal, SLJJ, Internasional)

Untuk kebutuhan tersebut, pada tahun 2020 lalu menghadirkan Telkomsel Orbit, sebuah layanan internet rumah berbasis modem WiFi yang menggunakan jaringan 4G LTE, yang diklaim terdepan, dengan kuota data besar hingga 150 GB. Pada fase awal, layanan ini disebutkan sudah menjangkau 50 kota di berbagai kota di Indonesia dan akan terus diperluas secara bertahap.

Menurut keterangan resmi perusahaan, Orbit merupakan produk inovasi terbaru yang menyediakan koneksi data dengan kecepatan unggul dan fitur premium berupa internet rumah nirkabel berbasis jaringan 4G LTE Telkomsel. Perangkat ini didesain dengan mengutamakan prinsip customer-centric oleh tim yang dibentuk secara khusus.

Telkomsel Orbit (sumber: telset.id)
Orbit (sumber: telset.id)

Solusi digital dari Orbit menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan seluler terbaik dan paket data yang bisa diandalkan tanpa mengharuskan pelanggan untuk berlangganan. Untuk menikmati layanan Telkomsel Orbit, pelanggan cukup memesannya melalui website, kemudian melakukan aktivasi dengan cara mudah (cukup plug and play).

Orbit sendiri hadir dalam dua varian modem, yaitu Orbit Star dan Orbit Max. Orbit Star dikatakan memiliki kemampuan untuk terhubung dengan 32 perangkat sekaligus, sedangkan Orbit Max mampu terkoneksi dengan 64 perangkat secara simultan. Kedua jenis modem tersebut dapat langsung diaktifkan dan disambungkan ke perangkat setelah dilakukan pemasangan mandiri oleh pelanggan.

Baca juga  Update Tarif dan Harga Paket Nelpon XL Axiata

Sebagai komitmen dalam menghadirkan kemudahan lebih bagi pelanggan, Orbit dilengkapi aplikasi MyOrbit, dengan berbagai fitur yang mampu mendukung pengguna dalam memenuhi kebutuhan secara digital. Beberapa fitur dari aplikasi tersebut meliputi pengendalian perangkat yang terkoneksi, pemantauan pemakaian kuota, pengaturan waktu penggunaan internet, dan pembelian paket data. Aplikasi MyOrbit dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan direncanakan tersedia dalam waktu dekat untuk pengguna iOS (perangkat Apple).

Untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman terbaik, Orbit juga telah memperhitungkan fitur dan konfigurasi perangkat BTS, kapasitas jaringan, jarak lokasi pelanggan ke BTS 4G LTE, serta jumlah pengguna maksimal yang dapat dilayani per BTS dalam menentukan lokasi penyelenggaraan layanan Telkomsel Orbit.

Harga Modem WiFi Telkomsel Internet Home

Varian Modem Harga Kuota
Orbit Star Rp649.000 50 GB
Orbit Max Rp2.635.000 150 GB

Informasi harga modem wifi Telkomsel di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, modem Orbit Star Telkomsel 50 GB ditawarkan dengan harga mulai Rp629.000, sedangkan modem Orbit Max Telkomsel 150 GB seharga Rp2.299.000.

Modem Telkomsel Orbit (sumber: telkomsel.com)
Modem Telkomsel Orbit (sumber: telkomsel.com)

Harga Paket WiFi Telkomsel Internet Home

Varian Paket Data Harga Kuota
10 GB Rp21.000 7 hari
30 GB Rp66.000 30 hari
50 GB Rp81.000 30 hari
100 GB Rp131.000 30 hari
Baca juga  Info Update Tarif Nelpon Kartu Halo (Sekarang Telkomsel Halo)

Keterangan:

  • Untuk pemakaian internet setelah bulan pertama, pelanggan selanjutnya dapat membeli paket data khusus Telkomsel Orbit yang tersedia dalam tiga pilihan, mulai dari Rp65.000 dengan kuota data hingga 100 GB.
  • Khusus tiga bulan pertama, pelanggan dapat menikmati diskon 50% paket data sejak pembelian dan aktivasi pertama kali.
  • Tersedia pula garansi tujuh hari uang kembali sejak modem diterima jika ternyata kualitas koneksi yang diterima pelanggan kurang memuaskan.
  • Selain itu, pelanggan mendapatkan garansi satu tahun jika terjadi kerusakan modem di tahun pertama pemakaian.

Informasi harga paket WiFi Telkomsel di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Sebagai perbandingan, pada penawaran sebelumnya, paket data WiFi Telkomsel 30 GB ditawarkan dengan harga mulai Rp65 ribu, 50 GB seharga Rp80 ribu, dan 100 GB seharga Rp130 ribu, seluruh paket memiliki masa aktif 30 hari. Perlu diingat bahwa harga paket data tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[Update: Ditta]

[1] Situmorang, James R. 2012. Pemanfaatan Internet sebagai New Media dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis FISIP Unpar, Vol. 8(1): 73-87.

[2] Karim, Rahmatia, Stevi S. Sumendap, F. V. I. A. Koagouw. 2016. Pentingnya Penggunaan Jaringan Wi-Fi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. E-Journal Acta Diurna, Vol. V(2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *