Info Terbaru Harga Vegeta di Alfamart, Indomaret, dan Apotek

Sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan produk bernama Vegeta. Ini adalah suplemen yang diklaim dapat membantu kesehatan pencernaan, terutama melancarkan proses buang besar. Sudah ada dua varian Vegeta, yaitu Vegeta Jeruk Scrubber dan Vegeta Herbal, yang ditawarkan dengan harga cukup terjangkau, baik itu dalam kemasan sachet maupun kemasan kotak. Anda bisa membelinya di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret atau apotek terdekat.

Ilustrasi: Produk Vegeta Herbal (credit: Twitter/@Vegeta_Serat)
Ilustrasi: Produk Vegeta Herbal (credit: Twitter/@Vegeta_Serat)

Penyebab Susah BAB

Susah buang air besar merupakan salah satu gangguan yang sering dialami banyak orang. Memiliki nama medis konstipasi, masalah ini terjadi ketika frekuensi buang air besar menjadi berkurang. Meski frekuensi buang air besar bisa berbeda-beda untuk masing-masing orang, namun susah buang air besar selama lebih dari tiga hari atau kurang dari tiga kali dalam sepekan bisa dikatakan sebagai gangguan konstipasi atau sembelit.

Bacaan Lainnya

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda susah untuk buang air besar. Dilansir Alodokter.com, pola makan yang kurang sehat, terutama kekurangan serat dan kekurangan cairan, dapat memicu terjadinya konstipasi. Selain itu, perubahan pola makan dan terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu juga bisa menyebabkan susah buang air besar, di samping adanya gangguan makan dan malas bergerak.

Faktor lainnya yang menyebabkan susah buang air besar adalah kehamilan. Menurut situs yang sama, sekitar 40 persen wanita hamil mengalami konstipasi selama mengandung, terutama pada periode awal kehamilan. Konstipasi dapat dialami ibu hamil karena selama kehamilan, tubuh memproduksi lebih banyak hormon progesteron yang efeknya dapat mengendurkan otot, sehingga menyulitkan otot usus untuk berkontraksi.

Keengganan untuk pergi ke toilet ketika merasa ingin buang air besar juga dapat menyebabkan Anda sembelit. Biasanya, ini menyerang , meski juga banyak kasus ditemukan pada orang dewasa. Ada banyak faktor yang menyebabkan enggan buang air besar, seperti takut, malu, tidak memiliki privasi untuk menggunakan toilet, dan berbagai alasan lain.

Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menimbulkan efek samping berupa susah buang air besar. Obat-obatan tersebut bisa meliputi suplemen kalsium, suplemen zat besi, obat anti-epilepsi, antidepresan, antipsikotik, obat-obatan diuretik, serta obat pereda nyeri golongan narkotik, seperti kodein dan morfin. Obat untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti antasida dan antidiare, pun bisa menimbulkan masalah ini.

Pada kasus yang jarang terjadi, kesulitan untuk buang air besar bisa dianggap pertanda adanya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, sindrom iritasi usus besar, hiperkalsemia atau kelebihan kalsium dalam darah, kelenjar tiroid yang kurang aktif, fisura ani, penyakit radang usus, kanker usus besar atau dubur, hingga kelainan saraf seperti pada multiple sclerosis, stroke, penyakit Parkinson, atau cedera saraf tulang belakang.

Ilustrasi: Susah Buang Air Besar (credit: eehealth.org)
Ilustrasi: Susah Buang Air Besar (credit: eehealth.org)

Review Vegeta untuk Susah BAB

Untuk membantu konsumen dalam mengatasi masalah susah buang air besar, Enesis Group pun meluncurkan produk Vegeta. Perusahaan ini sendiri pertama kali dikenal di Indonesia ketika merilis Soffell, sebuah lotion anti-nyamuk pertama di Tanah Air, selain beragam produk seperti Adem Sari, Sensa Cools Qing Ku, Kispray, Antis, dan Force Magic.

Dilansir dari situs resminya, Vegeta termasuk dalam kategori produk Nutraceutical & Functional Drink yang dirilis Enesis Group, selain Adem Sari, Coolant, Sensa Cools, dan Sensa Cools Qing Ku. Ini dikatakan sebagai suplemen serat yang berasal dari tumbuh-tumbuhan pilihan, yaitu Plantago Ovata dan akar Chicory, yang diklaim dapat membantu kesehatan pencernaan Anda.

Masih menurut sumber yang sama, Vegeta disebutkan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan pencernaan, antara lain melancarkan buang air besar secara teratur, mencegah wasir atau ambeien, membantu diet dengan mengikat lemak dari makanan, serta membantu konsumen untuk menurunkan kolesterol mereka.

Manfaat-manfaat di atas dapat diperoleh karena Vegeta dikatakan mengandung serat Plantago Ovata yang memiliki komposisi terbaik dari serat larut dan tidak larut, dengan 71 persen serat larut dan 15 persen serat tidak larut. Selain itu, produk ini juga diklaim mengandung serat Inulin Chicory yang dikenal sebagai zat prebiotik terbaik di dunia. Serat inulin ini terdiri dari 100 persen serat larut dan memiliki keunggulan sebagai berikut.

Keunggulan Serat Inulin

  • Bersifat protektif terhadap penyakit degeneratif.
  • Sebagai zat prebiotik yang meningkatkan jumlah bakteri baik dan menekan pertumbuhan bakteri jahat/berbahaya misalnya bakteri penyebab diare, dll.
  • Meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh, misalnya kalsium, sehingga membantu mencegah osteoporosis pada wanita menopause dan membantu pertumbuhan tulang -anak.
Vegeta (Instagram @vegetascrubber.id)
Vegeta (Instagram @vegetascrubber.id)

Dosis Minum Vegeta

  • Untuk kesehatan dan kebutuhan serat setiap hari juga untuk melancarkan buang air besar setiap hari, dosis minum dewasa dan anak-anak 12 tahun ke atas adalah 1 sampai 3 kali sehari 1 bungkus. Umumnya, buang air besar akan menjadi lancar setelah mengonsumsi selama 1 sampai 3 hari.
  • Untuk diet dan menurunkan kelebihan kolesterol dalam tubuh, dosis orang dewasa adalah 3 kali sehari, diminum sesudah makan, secara bertahap khasiatnya akan terasa setelah 5 minggu
  • Untuk mengurangi risiko penyakit jantung, dosis orang dewasa adalah 3 sampai 4 kali sehari 1 bungkus. Untuk wanita hamil dianjurkan mengonsumsi Vegeta setelah usia kandungan di atas 5 bulan, dengan dosis 1 sampai 2 kali sehari 1 bungkus (sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter).
  • Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, dosis minum 1 sampai 2 kali sehari setengah bungkus.
  • Untuk penderita diabetes tipe 2, dosis minum 1 sampai 2 kali sehari 1 bungkus.

Harga Vegeta di Alfamart

Varian Vegeta Harga
Vegeta Herbal Sachet Rp3.900 per sachet
Vegeta Scrubber Jeruk 6 sachet Rp14.000 per dus
Vegeta Herbal Sachet (twitter: @vegeta_serat)
Vegeta Herbal Sachet (twitter: @vegeta_serat)

Harga Vegeta di Indomaret

Varian Vegeta Harga per dos
Vegeta Scrubber Jeruk 6 sachet Rp14.500
Vegeta Herbal 6 sachet Rp17.900

Harga Vegeta di Apotek

Varian Vegeta Harga
Vegeta Jeruk Scrubber 6 sachet Rp14.028 per dus
Vegeta Herbal Anggur 6 sachet Rp20.950 per dus
Vegeta Jeruk Scrubber 12 sachet Rp26.108 per dus

Daftar harga Vegeta di atas telah kami rangkum dari website resmi Indomaret, aplikasi resmi Alfamart, dan website resmi Apotek K24. Perlu diingat, harga Vegeta tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika dibandingkan dengan tahun 2020, harga vegeta tahun 2021 dan 2022 mengalami perubahan, baik di Alfamart, Indomaret, dan apotik. Sebagai contoh, harga Vegeta Jeruk Scrubber 6 sachet di apotek yang dibanderol Rp13.900 tahun 2020, turun sedikit menjadi Rp13.691 per dus tahun 2021, tetapi sedikit naik menjadi Rp14.028 per dus di tahun 2022.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *