Update Harga Vaksin Hepatitis A (Anak dan Dewasa)

Anda mungkin sudah sering mendengar penyakit bernama hepatitis. Secara umum, hepatitis dikatakan sebagai peradangan pada hati atau liver, yang dapat disebabkan berbagai faktor. Hepatitis sendiri terbagi menjadi beberapa varian, salah satunya hepatitis A. Termasuk cukup berbahaya, penyakit ini dapat dicegah dengan memberikan vaksin. Bisa diperoleh saat bayi atau sudah dewasa, harga vaksin hepatitis A berkisar ratusan ribu rupiah.

Ilsutrasi vaksinasi hepatitis (sumber: gannett-cdn.com)
Ilsutrasi hepatitis (sumber: gannett-cdn.com)

Apa Itu Hepatitis A?

Hepatitis merupakan peradangan hati yang disebabkan infeksi virus, dan lima virus utama penyebab hepatitis adalah virus hepatitis tipe A, tipe B, tipe C, tipe D, dan tipe E.[1] Kelima jenis virus hepatitis tersebut telah menjadi perhatian besar karena beban penyakit dan kematian yang ditimbulkan dan berpotensi wabah dan terjadi penyebaran epidemi.[2]

Bacaan Lainnya

Dari jenis hepatitis tersebut, berdasarkan data rumah sakit Indonesia, hepatitis A masih merupakan bagian terbesar dari kasus-kasus hepatitis akut yang dirawat, berkisar 39,8 persen hingga 68,3 persen, sedangkan kasus hepatitis A non-B sekitar 15,5 persen hingga 46,4 persen, dan kasus hepatitis B sekitar 6,4 persen hingga 25,9 persen.[3] Indonesia sendiri termasuk wilayah endemik hepatitis A.[4]

Lalu, apa itu hepatitis A? Melansir dari keterangan Alodokter, hepatitis A adalah peradangan pada organ hati yang disebabkan virus hepatitis A. Infeksi yang mengganggu kerja hati ini dapat menular dengan mudah melalui atau minuman yang terkontaminasi virus tersebut. Meskipun jarang berakibat fatal, hepatitis A dapat menyebabkan gagal fungsi hati. Bahkan, pada ibu hamil, hepatitis A bisa memicu kelahiran prematur dan kerusakan hati pada bayi.

Adanya riwayat kontak erat dengan orang yang terinfeksi virus hepatitis A memungkinkan terjadinya penularan penyakit tersebut karena virus ini dapat bertahan selama beberapa jam pada ujung jari dan sampai dua bulan pada permukaan kering.[5] Jika seseorang pernah melakukan kontak erat dengan orang yang terinfeksi, seperti berjabat tangan, bisa terjadi penularan secara langsung.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang tidak dimasak terlebih dahulu juga dapat menjadi salah satu faktor risiko perilaku yang berhubungan dengan kejadian hepatitis A. Makanan yang tidak dimasak bisa menjadi media penularan apabila air yang digunakan untuk mencuci makanan tersebut terkontaminasi virus hepatitis A.

Jadwal Vaksin Hepatitis A

Untuk mencegah terjadinya penularan hepatitis A, disarankan untuk selalu memastikan kebersihan diri, makanan, minuman, dan lingkungan. Selain itu, virus hepatitis A juga dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi. Karena tidak hanya menyerang orang dewasa, vaksin hepatitis A ini dapat diberikan pada anak dengan usia mulai 24 bulan hingga 18 tahun. Vaksin bisa diberikan sebanyak dua kali, dengan interval 6 sampai 12 bulan.

Jadwal Vaksin Hepatitis A - (www.careinsurance.com)
Jadwal Vaksin Hepatitis A – (www.careinsurance.com)

Saat ini, sudah banyak rumah sakit atau klinik kesehatan yang menyediakan vaksin hepatitis A. Tergantung kebijakan masing-masing penyedia vaksin, harga vaksin hepatitis A sebenarnya cukup terjangkau, rata-rata ratusan ribu rupiah sekali suntik. Selain di pusat kesehatan, ada beberapa klinik yang melayani panggilan vaksin ke rumah. Sebagai referensi, berikut kisaran harga vaksin hepatitis A di klinik saat ini.

Harga Vaksin Hepatitis A

Nama Rumah Sakit/Klinik KesehatanHarga Vaksin
Siloam HospitalRp550.000
Vaxine CareRp601.160
Klinik Widya Bhakti IntiAvaxim Anak: Rp626.050
Avaxim Dewasa: Rp721.050
ImuniRp665.000
Mayapada HospitalVaksin Hepatitis A Anak: Rp671.000
Vaksin Hepatitis A Dewasa: Rp856.000
Vaxcorp IndonesiaRp680.000 (Avaxim Dewasa)
Klinik KiaraRp898.000 (HAVrix Dewasa)
ProsehatRp1.250.000 (2x suntik)

Informasi daftar harga vaksin hepatitis A untuk anak dan dewasa di atas telah kami rangkum dari keterangan resmi masing-masing rumah sakit dan klinik kesehatan yang bersangkutan. Sebagai perbandingan, tahun lalu vaksin hepatitis A Avaxim anak di Klinik Widya Bhakti Inti Bandung dipatok dengan tarif mulai Rp658.683 dan biaya vaksin hepatitis A Havrix dewasa di Klinik Raisha berkisar Rp450 ribu sekali suntik. Jika ingin mengetahui biaya vaksin di tempat yang lain, Anda dapat mendatangi layanan kesehatan .

[Update: Ditta]

[1] Rahmah, Siti dan Citra Indriani. 2014. Hubungan Faktor Perilaku dengan Kejadian Hepatitis A di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Jurnal MKMI Maret 2014: 16-20.

[2] WHO. 2011. Hepatitis. http://www.who.int/topics/hepatitis/en. Diakses 19 Mei 2022.

[3] Rahmah, Siti dan Citra Indriani. Op cit.

[4] Heryantoro, L. 2011. Epidemiologi dan Faktor Risiko Hepatitis A di Wilayah Kerja Puskesmas Kalibawang Kabupaten Kulon Progo (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

[5] Chin, James. 2000. Manual Pemberantasan Penyakit Menular Edisi I. Jakarta: Infomedika.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *