Info Terbaru Harga V-Belt Honda BeAT Injeksi dan Karburator

Pengguna jenis skuter matik, seperti BeAT injeksi, pasti sudah tidak asing lagi dengan V-belt. Ini merupakan komponen yang berfungsi meneruskan putaran pulley depan (engine) menuju pulley belakang (roda). Nah, jika BeAT Anda terasa bergetar saat sedang berjalan, mungkin V-belt tersebut sudah rusak dan perlu diganti dengan yang baru. Di pasaran, tersebut saat ini dijual dengan berkisar ratusan ribu rupiah untuk orisinal.

Ilustrasi: bengkel Honda (sumber: wahanahonda.com)

Ilustrasi: Honda (sumber: wahanahonda.com)

Seperti dilansir Wikipedia, V-belt adalah sebuah produk power transmission yang terbuat dari karet dan mempunyai penampung trapezium. Tenunan, teteron, dan semacamnya digunakan sebagai inti sabuk untuk membawa tarikan yang besar. Sabuk V dibelitkan pada alur pulley yang berbentuk V pula. Bagian sabuk yang membelit akan mengalami lengkungan sehingga lebar bagian dalamnya akan bertambah besar.

V-belt memiliki kelebihan dibandingkan penggunaan rantai dan sprocket. Komponen ini bisa digunakan untuk mentransmisi daya yang jaraknya relatif jauh, mengurangi risiko selip, mampu digunakan untuk putaran rpm tinggi, memiliki harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan elemen transmisi yang lain, serta memiliki operasi yang tidak berisik (less noise) dibandingkan dengan chain atau rantai.

Umumnya, V-belt terdiri dari canvas (kampas, kain mota, atau terpal) yang berfungsi sebagai bahan pengikat struktur karet. Kemudian, ada juga rubber atau karet yang berfungsi sebagai elastisitas dari V-belt dan menjaga agar V-belt tidak selip, serta cord atau kawat pengikat yang berguna sebagai penguat agar V-belt tidak gampang putus. 

Posisi V-belt memang berada di balik cover CVT, sehingga tidak langsung terlihat oleh mata, berbeda dengan rantai pada manual. Karena tidak terlihat, sehingga pemilik harus rajin memeriksanya untuk mengetahui kondisi V-belt. Menurut salah satu teknisi di Bengkel 3 Putra di Jakarta, V-belt harus sering dicek, apalagi bila sudah terasa tidak enak ketika dikendarai.

Saat memeriksa V-belt, pengguna disarankan memerhatikan lekukan berbentuk huruf ‘V’. Jika kelihatan retak atau belt sudah longgar, maka disarankan untuk segera diganti. Masa pakai V-belt sendiri tidak hanya berdasarkan kilometer yang ditempuh, melainkan juga beban kendaraan. Secara ideal, enam bulan sekali atau setiap 1.000 kilometer, komponen ini harus dicek.

Tanda-tanda V-belt harus diganti biasanya motor menimbulkan getaran ketika sedang berjalan. Bahkan, jika sudah parah, tarikan laju motor terasa berat. Hal ini disebabkan V-belt sudah rusak, bahkan hampir putus. Bila pemakaian sudah melewati batas maksimum, biasanya V-belt akan mengalami retak-retak yang mengakibatkan getaran berlebih. Dan, bila tetap dipaksakan, maka V-belt tidak menutup kemungkinan akan putus sehingga motor tidak bisa digunakan.

Khusus untuk skuter Honda BeAT, bila melihat buku panduan yang ada, batas maksimum pemakaian V-belt pada motor tersebut adalah 24 ribu kilometer. Jika Anda ingin menggantinya secara mandiri, Anda bisa membeli komponen ini di bengkel resmi Honda atau bengkel-bengkel umum. Berikut informasi terbaru harga V-belt Honda BeAT original.

Harga V-Belt Honda BeAT

V-Belt Honda BeAT (sumber: loveshopping.id)

V-Belt Honda BeAT (sumber: loveshopping.id)

Varian Honda BeATHarga V-belt
BeAT eSP, BeAT POP eSPRp97.000
BeAT FIRp97.000
BeAT KarburatorRp102.000
BeAT eSP NewRp125.000
BeAT eSP K81Rp133.000

harga V-belt untuk Honda BeAT di atas kami rangkum dari situs resmi Honda Cengkareng. Harga V-belt tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing dealer atau bengkel umum. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi langsung dealer resmi Honda atau bengkel umum terdekat di kota Anda.

Baca juga  Harga Ban Motor Tubeless Ring 17 (All Merk)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga V-Belt Honda BeAT Injeksi dan Karburator"