Info Harga Ular Baby Ball Python

No comment106 views

Anda pasti sudah sering mendengar tentang python. Ini adalah besar, namun tidak berbisa, dan sering dijadikan binatang peliharaan. piton sendiri bisa dibedakan menjadi beragam , salah satunya ball python, yang kini dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk bayi atau baby.

Ular phyton (sumber: dictio.id)

Ular phyton (sumber: dictio.id)

Ular adalah jenis hewan melata yang tidak memiliki kaki namun punya tubuh yang panjang. Sama halnya seperti , tubuh ular diselimuti oleh sisik sehingga termasuk ke dalam jenis reptil Squamata atau yang biasa disebut reptil bersisik. Ular sendiri termasuk jenis hewan karnivora. 

Binatang tersebut bisa digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu ular berbisa dan juga ular yang tak berbisa. Karena itu, ular menjadi hewan yang seringkali dianggap sebagai ancaman dan ditakuti oleh masyarakat. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kekhawatiran masyarakat terhadap ular pun mulai berkurang. muda saat ini justru mulai menggemari ular dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan.

Banyak jenis ular yang populer dan dijadikan sebagai ular peliharaan. Selain ular corn snake, salah satu jenis ular yang biasa dipelihara adalah ular ball python. Ular ball python cukup banyak direkomendasikan bagi pemula untuk memulai hobinya. Karena, karakter ular jenis ini cukup jinak dan tidak agresif. 

Selain itu, ular ball python juga bukan termasuk jenis ular yang memiliki bisa. Bahkan, saking jinaknya ular jenis ini, diklaim aman dipelihara oleh anak kecil sekalipun karena sudah terbiasa dengan manusia selama di peternakan.

Ball python (Python regius) banyak ditemukan di pinggiran hutan bagian tengah dan barat Benua Afrika. Mereka termasuk jenis ular yang hidup dengan baik di pohon dan tanah. Ball python termasuk crepuscular, aktif di saat matahari tenggelam dan menyingsing. Di Eropa, mereka disebut royal python, sedangkan di Amerika disebut Ball, karena suka melingkar seperti bola apabila sedang tidak nyaman, sambil menarik kepala ke bagian tengah lingkaran. 

Seperti jenis python yang lain, ball python termasuk jenis ular yang lembut atau kalem dan selalu ingin tahu. Ukuran maksimal rata-rata ball python sekitar 90-120 cm. Usia bisa mencapai lebih dari 40 tahun. Kalau pemberian makannya bagus, maka tubuh ball python akan berbentuk cantik dan bulat. Untuk ular jantan, memiliki tanduk atau kuku yang lebih panjang dari betina, selain juga cenderung memiliki kepala lebih kecil dibanding betina.

Cara Memelihara Ball Python Untuk Pemula

Ular ball phyton bayi (sumber: talesandscales.ca)

Ular ball phyton bayi (sumber: talesandscales.ca)

  • Siapkan yang tertutup namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebuah container box bervolume 40 galon (97x46x40 sentimeter) sudah mencukupi sebagai . Berikan alas dengan substrat (alas ) berupa koran bersih. Ganti substrat jika dirasa sudah kotor atau berbau.
  • Sediakan juga hiding box di dalam kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh ular ball python (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil namun masih memungkinkan ular bisa bergerak di dalam hiding box-nya). 
  • Sediakan wadah kecil yang nantinya akan diisi oleh air minum. Tempatkan wadah air minum itu di dalam kandang.
  • Tempatkan ular langsung di dalam kandangnya. Biarkan ular membiasakan diri dengan lingkungan barunya. Masukkan air minum di dalam wadah di kandang yang sudah disiapkan, lalu biarkan si ular di dalam kandangnya satu atau dua jam. Setelah si ular terbiasa dengan kandangnya, sentuh perlahan tubuh ular dengan jari jemari anda untuk memperkenalkan diri, sekaligus menunjukkan bahwa Anda adalah ‘partner barunya’. Lalu, biarkan si ular menyendiri lagi. 
  • Ular ball python memerlukan pencahayaan dan sinar UVB (sinar pagi hari sekitar jam 8). Jemur ular di bawah matahari pagi minimal 5 menit setiap harinya.
  • Menu makan ular ball python disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Pakan ular ball python adalah tikus putih atau mencit tikus putih atau pinkies, sesuai dengan ukuran dan usia si ball python. Pastikan Anda membunuh tikus putih yang akan diberikan jika si tikus putih berusia tua atau ada kemungkinan melawan. Ini tentu saja untuk mencegah melawannya si tikus putih terhadap ball python Anda.
  • Waktu pemberian makan biasanya memang menjadi hal yang krusial bagi beberapa orang. Range waktu pemberian pakan pada ball python berbeda sesuai umur dan ukurannya ball pythonnya. Ada ball python yang cukup diberi makan 3 hari sekali, 7 hari sekali, bahkan ada pula yang cukup diberi makan 12 hari sekali. Berilah makan ball python secara teratur, disesuaikan dengan kebutuhan.

Kandang untuk Ular Ball Python

Habitat buatan ball phyton dalam kandang (sumber: zoomed.com)

Habitat buatan ball phyton dalam kandang (sumber: zoomed.com)

  • Kandang untuk ball python tidaklah terlalu rumit. Kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk ball python, tetapi harus disesuaikan antara ukuran ball python dan volume container. Volume 97x46x40 cm adalah ukuran yang ideal untuk ball python dewasa. Sementara, ukuran untuk baby ball python adalah setengah dari ukuran container ball python dewasa. Jangan lupa untuk mengecek tutup kandang ball python karena ball python termasuk ular yang pandai melarikan diri.
  • Selalu sediakan hiding box untuk ball python terlebih lagi apabila ular masih kecil. Hal ini agar ball python merasa aman dan terlindungi sehingga ball python tidak mudah stres. 
  • Koran bekas sudah merupakan substrat yang bagus untuk ball python. Hal ini dikarenakan koran sangat praktis dan mudah terlihat bersih dan tidaknya. Apabila ball python sudah dewasa, idealnya menggunakan cypress bark karena sangat menyerap terhadap cairan dan bisa juga menjaga kelembapan kandang ball python. 
  • Suhu ideal untuk kandang ball python adalah 27-32 derajat Celcius pada siang hari dan 22-28 derajat Celcius pada malam hari. Tidak ada salahnya untuk menyediakan termometer di dalam kandang ball python karena akan sangat memudahkan kita dalam memantau suhu kandang ball python. 
  • Ball python memerlukan kelembapan kandang 50-65%. Anda bisa membeli hygrometer apabila ingin memantau kelembapan kandang balll python dengan mudah. Bisa juga diakali dengan menyediakan tempat minum yang relatif besar untuk menjaga kelembapan kandang.

Harga Ular Ball Python

Nah, seperti yang dijelaskan di atas, ular ball python menjadi salah satu jenis ular yang direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula. Selain karena aman atau tidak berbisa, jenis ular ini juga relatif mudah dirawat. Di pasar hewan online maupun offline, ular ball python dijual mulai harga Rp500 ribuan hingga Rp2 jutaan, tergantung jenis ball python. Sementara, untuk ular baby ball python, biasanya dijual sekitar Rp500 ribuan. 

Baca juga  Info Harga Ular Jagung (Corn Snake) di Pasar Hewan
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Ular Baby Ball Python"