Cara Merawat dan Harga Ular Baby Python Albino

Mendengar kata ular, kebanyakan orang akan terbayang reptil mengerikan, menjijikkan, dan mematikan. Ular memang identik dengan predator kejam yang tak segan membunuh korbannya. Namun, jangan berpikiran buruk melulu tentang ular. Jika Anda amati, ular ternyata punya sisi keindahan yang luar biasa. Pola di tubuhnya itu membuat ular menjadi menarik. Salah satu ular yang memiliki keindahan warna adalah ular piton yang dijual dengan harga cukup  beragam.

Ular phyton albino (sumber: msn.com)

Ular phyton albino (sumber: msn.com)

Ular piton albino merupakan spesies dari Afrika Barat. Ular ini sangat populer di kalangan pencinta ular. Warna tubuhnya yang kuning terang membuat ular ini tampak menggemaskan. Karena kecantikannya, ular piton albino sering dijadikan . Meski namanya albino, ular yang tidak berbisa ini tidak berwarna putih. Ular ini cenderung didominasi warna kuning. 

Jenis ular ini memiliki mata yang berwarna merah, dan keindahan tubuhnya membuat ular tersebut menjadi salah satu jenis peliharaan termahal di dunia. Ular piton albino biasanya tidak menggigit, malah memilih melingkar membentuk seperti bola. Mereka bersifat nocturnal, jadi mereka lebih aktif di malam hari.

Ular piton albino sendiri memiliki 3 galur warna berbeda, yaitu white, lavender, dan purple. Sebenarnya, piton albino hanya memiliki 2 warna galur, yaitu putih dan ungu. Namun, ketika terjadi persilangan antara albino putih dan albino ungu, maka akan menghasilkan warna lavender. 

Bagi Anda yang ingin memelihara ular phyton albino, disarankan agar Anda selalu menyediakan reptile booster sebagai suplemen kesehatan ular. Nah, jika Anda seorang pemula, lebih disarankan untuk memelihara jenis ular yang lebih mudah terlebih dahulu. Karena, memelihara ular piton albino sulit dilakukan oleh pemula. 

Ada 3 level pemeliharaan ular yakni level mudah, level medium, dan level sulit. Memelihara ular piton albino termasuk dalam kategori medium. Artinya, tidak disarankan untuk pemula. Beberapa orang menyarankan untuk memelihara atau corn snake terlebih dahulu. 

Cara Merawat Ular Phyton Albino

Ular ball phyton albino (sumber: Pinterest)

Ular ball phyton albino (sumber: Pinterest)

  • Siapkan kandang yang tertutup namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebuah container box bervolume 40 galon (97 x 46 x 40 centimeter) sudah mencukupi sebagai kandang. Berikan alas kandang dengan substrat (alas kandang) berupa koran bersih. Ganti substrat jika dirasa sudah kotor atau berbau.
  • Sediakan juga hiding box di dalam kandang yang sesuai dengan ukuran tubuh ular phyton albino (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil namun masih memungkinkan ular bisa bergerak di dalam hiding box-nya). 
  • Sediakan wadah kecil yang nantinya akan diisi oleh air minum. Tempatkan wadah air minum itu di dalam kandang.
  • Tempatkan ular langsung di dalam kandangnya. Biarkan ular membiasakan diri dengan lingkungan barunya. Masukkan air minum di dalam wadah di kandang yang sudah disiapkan, lalu biarkan si ular di dalam kandangnya satu atau dua jam. Setelah si ular terbiasa dengan kandangnya, sentuh perlahan tubuh ular dengan jari jemari Anda untuk memperkenalkan diri, sekaligus menunjukkan bahwa Anda adalah ‘partner barunya’. Lalu, biarkan si ular menyendiri lagi. 
  • Ular python albino memerlukan pencahayaan dan sinar UVB (sinar pagi hari sekitar jam 8). Jemur ular di bawah matahari pagi minimal 5 menit setiap harinya.
  • Menu makan ular python albino disesuaikan dengan ukuran tubuhnya. Pakan ular phyton albino adalah tikus putih atau mencit tikus putih atau pinkies, sesuai dengan ukuran dan usia si python albino. Pastikan Anda membunuh tikus putih yang akan diberikan jika si tikus putih berusia tua atau ada kemungkinan melawan. Ini tentu saja untuk mencegah melawannya si tikus putih terhadap python albino Anda.
  • Waktu pemberian makan biasanya memang menjadi hal yang krusial bagi beberapa orang. Range waktu pemberian pakan pada python albino berbeda sesuai umur dan ukurannya python albino. Ada piton albino yang cukup diberi makan 3 hari sekali, 7 hari sekali, bahkan ada pula yang cukup diberi makan 12 hari sekali. Berilah makan piton albino secara teratur, disesuaikan dengan kebutuhan.

Kandang untuk Ular Python Albino

Bayi ular ball phyton albino (sumber: Pinterest)

ular ball phyton albino (sumber: Pinterest)

  • Kandang untuk python albino tidaklah terlalu rumit. Kotak kontainer dengan lubang ventilasi sudah cukup nyaman untuk python albino, tetapi harus disesuaikan antara ukuran python albino dan volume container. Volume 97 x 46 x 40 cm adalah ukuran yang ideal untuk python albino dewasa. Sementara, ukuran untuk baby python albino adalah setengah dari ukuran container python albino dewasa. Jangan lupa untuk mengecek tutup kandang python albino karena python albino termasuk ular yang pandai melarikan diri.
  • Selalu sediakan hiding box untuk python albino terlebih lagi apabila ular masih kecil. Hal ini agar python albino merasa aman dan terlindungi sehingga python albino tidak mudah stres. 
  • Koran bekas sudah merupakan substrat yang bagus untuk piton albino. Hal ini dikarenakan koran sangat praktis dan mudah terlihat bersih dan tidaknya. Apabila piton albino sudah dewasa, idealnya menggunakan cypress bark karena sangat menyerap terhadap cairan dan bisa juga menjaga kelembapan kandang piton albino.
  • Suhu ideal untuk kandang piton albino adalah 27-32 derajat Celcius pada siang hari dan 22-28 derajat Celcius pada malam hari. Tidak ada salahnya untuk menyediakan termometer di dalam kandang piton albino karena akan sangat memudahkan kita dalam memantau suhu kandang piton albino.
  • Piton albino memerlukan kelembapan kandang 50-65%. Anda bisa membeli hygrometer apabila ingin memantau kelembapan kandang balll python dengan mudah. Bisa juga diakali dengan menyediakan tempat minum yang relatif besar untuk menjaga kelembapan kandang.

Harga Ular Python Albino

Harga ular peliharaan ini tidak bisa dipastikan secara mutlak. Harganya sangat bergantung pada jenis, kualitas, ukuran, kejinakan, tempat penjualan, tempat asal, dan masih banyak lagi. Harga ular python albino berkisar antara Rp1,5 juta hingga Rp5 jutaan, tergantung ukurannya. Ular piton albino anakan biasanya dijual lebih murah mulai Rp500 ribuan, namun dalam perawatannya lebih sulit karena relatif lebih mudah stres dan mudah mati. 

Baca juga  Harga Alat DJ Fullset beserta Spesifikasi dan Tipenya di Indonesia
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Cara Merawat dan Harga Ular Baby Python Albino"