Info Harga Ubi Cilembu per Kg (Mentah & Matang)

Anda pernah mencicipi manisnya cilembu? satu ini memang memiliki tampilan yang agak berbeda dari pada umumnya. Selain itu, rasanya juga dikenal sangat . Apalagi jika diolah dengan cara dipanggang atau dioven. Biasanya ubi cilembu akan mengeluarkan sejenis cairan lengket yang menyerupai madu dan sangat . Oleh sebab itu ubi cilembu juga kerap dijuluki ubi madu. Harga ubi cilembu per kg pun biasanya relatif lebih mahal daripada ubi biasa.

Potongan ubi cilembu (sumber: hanbee.id)

Potongan ubi cilembu (sumber: hanbee.id)

Seperti dilansir dari Wikipedia, ubi cilembu adalah kultivar ubi jalar yang merupakan ras lokal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar tersebut mulai populer di kalangan mulai tahun 1990-an.

Lantaran memiliki gula yang tinggi, ubi cilembu kabarnya kurang cocok jika diolah dengan cara digoreng, karena akan sangat mudah gosong. Sedangkan jika direbus, maka aroma “madu” dari ubi cilembu kabarnya justru akan berkurang atau bahkan menghilang. Ubi cilembu biasanya dijual dalam wujud ubi bakar juga diolah menjadi keripik, tape, dodol, selai, saus, tepung, berbagai , mie, bahkan sirup.

Bentuk ubi cilembu biasanya membulat hingga lonjong. Kulitnya berwarna cokelat muda dengan permukaan kasar berurat. Jika ukurannya besar, maka rata-rata per 1 kg bisa berisi 4-6 ubi cilembu. Tak hanya punya yang legit, ternyata ubi cilembu pun dikenal mempunyai kandungan A yang cukup tinggi, yakni 7.100 IU (international unit). Padahal umbi-umbian jenis lain hanya mengandung A sekitar 0,001-0,69 mg per 100 gram.

Selain kaya vitamin A, ubi cilembu pun kabarnya mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg. Berikut informasi harga ubi cilembu per kg.

Daftar Harga Ubi Cilembu

Ubi cilembu (sumber: monitor.co.id)

Ubi cilembu (sumber: monitor.co.id)

Jenis Ubi CilembuHarga per 1 Kg
Nirkum
Grade A17.500
Grade B13.000
Grade C11.000
Odos
Grade A8.500
Grade B7.000
Grade C6.500
Inul
Grade A9.000
Grade B8.000
Grade C7.000
Menes
Grade A9.000
Grade B8.000
Grade C7.000

Tak hanya dijual secara offline, ubi cilembu juga kini banyak dijual secara di sejumlah situs e-commerce. Harga ubi cilembu per kg di marketplace ternyata cukup mahal, berkisar antara Rp20 ribu hingga Rp25 ribuan untuk yang masih mentah. Sedangkan yang sudah matang (sudah dioven), harganya bisa lebih mahal lagi, mencapai Rp60 ribu per 1 kilo.

Apabila Anda sedang mencari ubi cilembu, Anda bisa membelinya di -pasar tradisional, pedagang pinggir jalan, supermarket besar layaknya Giant, Hypermart, Transmart Carrefour, Superindo, hingga di beberapa minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi biasanya juga ada yang sudah menjual ubi cilembu mentah.

Baca juga  Harga Tepung Kentang Berbagai Merek di Pasaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Harga Ubi Cilembu per Kg (Mentah & Matang)"