Keunggulan dan Update Harga Ubi Cilembu serta Bibitnya

Anda pernah mencicipi manisnya ubi cilembu? Ubi satu ini memang memiliki tampilan yang agak berbeda dari ubi pada umumnya. Selain itu, rasanya juga dikenal sangat manis, apalagi jika diolah dengan cara dipanggang. Biasanya, ubi cilembu akan mengeluarkan sejenis cairan lengket yang menyerupai madu dan sangat manis. Oleh sebab itu, juga kerap dijuluki ubi madu. ubi cilembu per kg pun biasanya relatif lebih mahal daripada ubi biasa.

Ubi cilembu (sumber: okezone)
Ubi cilembu (sumber: okezone)

Seperti dilansir dari Wikipedia, ubi cilembu adalah kultivar ubi jalar yang merupakan ras lokal dari Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar tersebut mulai populer di kalangan masyarakat mulai tahun 1990-an. Bentuk ubi cilembu biasanya membulat hingga lonjong. Kulitnya berwarna cokelat muda dengan kasar berurat. Jika ukurannya besar, maka rata-rata per 1 kg bisa berisi 4-6 ubi cilembu. 

Bacaan Lainnya

Lantaran memiliki kandungan yang tinggi, ubi cilembu kabarnya kurang cocok jika diolah dengan cara digoreng, karena akan sangat mudah gosong. Jika direbus, maka aroma “madu” ubi kabarnya justru akan berkurang atau bahkan menghilang. Ubi cilembu biasanya dijual dalam wujud ubi bakar, juga diolah menjadi keripik, tape, dodol, selai, saus, tepung, berbagai kue, mie, bahkan sirup.

Kandungan Ubi Cilembu

Tak hanya punya rasa yang legit, ternyata ubi cilembu pun dikenal mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yakni 7.100 IU (international unit). Padahal umbi-umbian jenis lain hanya mengandung vitamin A sekitar 0,001-0,69 mg per 100 gram. Selain kaya vitamin A, ubi cilembu pun kabarnya mengandung kalsium hingga 46 mg per 100 gram, vitamin B-1 0,08 mg, vitamin B-2 0,05 mg dan niacin 0,9 mg, serta vitamin C 20 mg. 

Manfaat Ubi Cilembu

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada ubi cilembu, makanan tersebut memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari sayurbox, ubi madu memiliki manfaat untuk mencegah kekurangan vitamin A, mengurangi risiko diabetes, mencegah peradangan usus, membantu mengelola stres, meningkatkan kesehatan rambut dan kulit, menjaga kesehatan sistem pencernaan, baik untuk diet, dan menjaga imunitas tubuh.

Bagi Anda yang ingin membeli ubi cilembu untuk persediaan di rumah, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran. Berikut informasi terbaru ubi cilembu per kg di pasaran dalam negeri.

Ubi Cilembu Bakar - (YouTube: Ghaziya Warita)
Ubi Cilembu Bakar – (YouTube: Ghaziya Warita)

Ubi Cilembu

Jenis Ubi Cilembu
Ubi Cilembu Mentah per 1 kgRp14.800 – Rp23.900
Ubi Cilembu Mentah Organik QV 500 grRp22.000
Ubi Cilembu Matang/Oven per 1 kgRp30.000
Ubi Cilembu Mentah 5 kgRp90.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, ubi cilembu di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Misalnya, ubi cilembu mentah yang semula dijual mulai harga Rp26 ribu, kini turun menjadi Rp14.800 hingga Rp23.900 per kilogram. Sementara itu, harga ubi cilembu matang naik dari Rp25.700 menjadi Rp30 ribu per kilogram. Bagi Anda yang hobi berkebun, tak ada salahnya membeli bibit ubi cilembu dengan harga relatif terjangkau.

Bibit Ubi Cilembu

Jenis Bibit Ubi Cilembu
Bibit Ubi Cilembu 10 grRp1.500
40 Bibit Stek Ubi Cilembu UnggulRp37.000
80 Bibit Stek Ubi Cilembu UnggulRp50.000

Apabila Anda sedang mencari ubi cilembu, Anda bisa membelinya di pasar-pasar tradisional, pedagang pinggir jalan, supermarket besar layaknya Hypermart, Transmart Carrefour, dan Superindo. Beberapa minimarket seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi biasanya juga ada yang sudah menjual ubi cilembu mentah. Untuk bibitnya, Anda dapat membelinya di toko pertanian terdekat dengan bersaing.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *