Harga Triplek Melamin Hitam per Lembar

No comment749 views

Karena terbuat dari kayu, triplek pada umumnya memang memiliki warna . Selain model ‘konvensional’ ini, ternyata material tersebut juga hadir dalam lapisan melamin, yang umumnya berwarna hitam atau putih. Diklaim punya permukaan yang halus serta tidak mudah lapuk, harga triplek melamin pun bisa dikatakan relatif terjangkau.

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan triplek. Biasa juga disebut kayu lapis, ini adalah sejenis papan pabrikan yang terdiri dari lapisan kayu (veneer kayu) yang direkatkan bersama-sama. Triplek merupakan salah satu produk kayu yang paling sering digunakan karena bersifat fleksibel, murah, dapat dibentuk, dapat didaur ulang, dan tidak memiliki teknik pembuatan yang rumit. Kayu lapis biasanya dibuat menggunakan kayu solid karena lebih tahan retak, susut, atau bengkok.

Triplek Melamin Hitam - shopee.co.id

Triplek Melamin Hitam - shopee.co.id

Triplek juga dapat dikatakan sebagai salah satu jenis dari plywood dan merupakan produk olahan kayu yang terbuat dari lembaran-lembaran kayu tipis yang direkatkan menjadi satu, kemudian di-press dengan tekanan tinggi, lalu dilem menggunakan lem khusus menjadi satu.[1] Istilah triplek digunakan lantaran material ini terdiri dari tiga lapisan kayu.

Tidak semua kayu cocok digunakan sebagai material pembuatan triplek. fisik kayu harus bulat sempurna pada batangnya serta tingkat kelurusan kayu juga harus diperhatikan lantaran memengaruhi proses veneering yang menggunakan mata pisau yang panjang. Biasanya, kayu yang dimanfaatkan sebagai bahan baku triplek adalah kayu jabon dan kayu sengon.[2]

Baca juga  Harga Canting Batik (Semua Jenis)

Lapisan atau veneer yang mengomposisi sebuah kayu lapis harus relatif tipis. Jika tidak, maka kayu lapis cenderung mudah menyusut atau terdistorsi karena kekuatan adhesif perekat kalah kuat dibanding beban kayu veneer. Karenanya, pembuatan kayu lapis yang lebih tebal tidak dilakukan dengan menebalkan lapisan veneer, melainkan menambah lapisan itu. Kayu lapis yang terdiri lebih dari tiga lapisan biasa disebut multiply (multipleks). Terkadang, kayu lapis yang terdiri dari lima lapisan disebut sebagai five-ply.

Kelebihan Triplek Melamin

Seperti disinggung di atas, selain model konvensional berwarna cokelat, saat ini telah hadir triplek yang dilapisi melamin. Dikutip dari Dekoruma, triplek melamin adalah plywood yang menggunakan polyester dan melamin. Melamin dipilih karena diklaim dapat menutup pori-pori kayu.[3] Standar ketebalan triplek jenis ini antara lain 3 mm dan 9 mm.

Dibandingkan triplek pada umumnya, triplek melamin memiliki banyak kelebihan. Jika dilihat dari bentuk fisiknya, produk ini mempunyai lapisan permukaan yang halus dan licin dan berbeda dari tripleks kayu yang kasar serta memiliki serat. Karena permukaannya yang halus, triplek melamin lebih mudah dibersihkan ketika terkena noda dan sangat cocok diletakkan di area dapur yang mudah kotor.

Baca juga  Info Terbaru Harga Bingkai Foto Ukuran 5R, 10R, 20R

Kelebihan lainnya material ini adalah proses penggunaan yang mudah atau tidak rumit. Ketika menggunakan triplek kayu biasa, Anda harus mendempul dan mengamplas permukaan dan pinggirannya terlebih dahulu, yang akhirnya dapat membuang waktu dan energi. Berbeda dengan triplek melamin yang dapat langsung Anda gunakan tanpa perlu didempul dan amplas.

Salah satu kekurangan kayu adalah mudah lapuk, termasuk setelah dibuat menjadi triplek. Nah, dengan adanya bahan melamin, risiko lapuk pada material ini jauh berkurang. Ini berkat proses pembuatannya yang memakai plywood, kemudian dilapisi melamin. Rongga dan serat kayu tertutup rapat sehingga menyulitkan rayap untuk menembus. Perubahan cuaca pun tidak akan memiliki dampak besar terhadap triplek melamin.

Berbeda dengan triplek biasa yang cuma hadir dalam satu warna, maka triplek melamin telah tersedia dalam sejumlah warna yang menarik. Produk ini dijual dalam warna putih, hitam, hijau muda, biru muda, krem, hingga merah muda. Warna pada material ini pun diklaim bisa bertahan lama, bahkan hingga hitungan tahun.

Baca juga  Terbaru, Harga Mesin Jahit Butterfly Manual dengan Dinamo

Dengan berbagai yang ditawarkan, apakah harga triplek melamin lebih mahal dibandingkan triplek biasa? Memang, rata-rata punya harga lebih tinggi. Meski demikian, harga triplek melamin secara umum dapat dikatakan masih terjangkau, tergantung ukuran dan ketebalan. Nah, sebagai referensi, berikut informasi kisaran harga triplek melamin hitam di dalam negeri.

Triplek Melamin Hitam - www.tokopedia.com

Triplek Melamin Hitam - www.tokopedia.com

Harga Triplek Melamin Hitam

Varian & Ukuran Triplek Melamin HitamHarga
Triplek Melamin Hitam Doff 3 mmRp114.000 – Rp145.000 per lembar
Triplek Melamin Hitam 9 mmRp170.000 per lembar
Triplek Melamin Hitam Kilap 5 mmRp250.000 per lembar

Harga triplek melamin hitam di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko material bangunan dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga triplek melamin hitam tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko kemungkinan bisa berbeda walaupun produk yang dijual sama.

[1] Ramadhan, Ali dan Kurniawan. 2016. Eksplorasi Fisik Material Triplek. Jakarta: Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana.

[2] Ibid.

[3] Phebryanti, Sarah. 2015. Kayu Kelapa sebagai Bahan Alternatif untuk Mebel di Area Public Rumah Tinggal. Jurnal Intra, Vol. 3(1): 53-56.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Triplek Melamin Hitam per Lembar"