Update Kisaran Biaya Hidup di Taiwan

Taiwan cukup terkenal dengan kultur (budaya) dan nilai sejarah yang sangat kental, yang menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di dunia. Tidak cuma itu, negara tersebut juga sering dijadikan tujuan untuk melanjutkan kuliah lantaran punya banyak di bidang serta karena punya atmosfer yang sangat mendukung untuk riset. Namun, jika Anda juga berniat menempuh pendidikan di negaranya F4, Anda pun harus memperkirakan biaya hidup di sana.

Ilustrasi: pendidikan di Taiwan
Ilustrasi: pendidikan di Taiwan

Alasan Memilih Taiwan

Taiwan selama ini mungkin lebih terkenal sebagai salah satu negara kecil di kawasan Asia Timur. Di wilayah tersebut, pamor negara ini memang sering tertutupi ‘kebesaran’ para negara tetangga, seperti China, Jepang, Korea Selatan, bahkan Hong Kong. Namun, jangan salah, Taiwan sebenarnya merupakan salah satu negara di kawasan Asia yang terbilang cukup maju.

Bacaan Lainnya

Dalam segmen produk-produk elektronik, mungkin Anda sudah familiar dengan merk seperti ASUS, HTC, maupun dan MSI. Ini merupakan brand, khususnya produk laptop dan ponsel cerdas, yang berasal dari Taiwan. Sayangnya, masih banyak masyarakat di Indonesia yang menganggap merk-merk tersebut berasal dari China.

Selain produk-produk elektronik, sama seperti negara kawasan Asia Timur lainnya, Taiwan juga memiliki beberapa produk populer lainnya, salah satunya drama televisi. Bagi mereka yang besar di awal 2000-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan serial “Meteor Garden”. Ini adalah salah satu drama asal Taiwan yang sangat populer di televisi Indonesia kala itu, yang menampilkan empat cowok ganteng dan seorang cewek cantik yang digandrungi remaja di era tersebut.

Nah, untuk urusan pendidikan, Taiwan juga telah membuka kesempatan bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan di negara tersebut. Bahkan, negara ini telah lebih dari sepuluh tahun membuka kesempatan besar bagi mahasiswa yang berasal dari negara lain untuk belajar. Hal tersebut membuat jumlah mahasiswa internasional di Taiwan berkembang pesat dalam rentang lima tahun, mulai 2011 sampai 2016 kemarin, yang mencapai lebih dari 40 ribu mahasiswa.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Ada beberapa faktor yang menjadikan Taiwan layak dijadikan referensi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Negara ini merupakan tempat yang cocok bagi mereka yang hendak menekuni atau mendalami Bahasa Mandarin. Pendidikan Bahasa Mandarin di Taiwan sendiri memiliki kompetensi yang tinggi karena negara tersebut menggunakan traditional Chinese, berbeda dengan pendidikan Bahasa Mandarin di daratan China yang menggunakan simplified Chinese.

Ilustrasi Hidup di Taiwan (sumber: klikdokter.com)
Ilustrasi Hidup di Taiwan (sumber: klikdokter.com)

Selain itu, karena memiliki banyak perusahaan di bidang teknologi dan engineering, terutama yang berkaitan dengan semikonduktor, kampus-kampus di Taiwan pun banyak yang menawarkan program studi yang berkaitan dengan bidang tersebut, seperti teknik kimia, teknik material, computer science, electronic engineering, hingga teknik sipil (disebut dengan construction engineering, bukan civil engineering).

Faktor lain yang membuat Taiwan pantas dipilih untuk melanjutkan studi adalah karena atmosfer negara ini sangat mendukung untuk riset atau penelitian. Sekadar informasi, sistem kuliah di Taiwan untuk jenjang Pascasarjana, baik S2 maupun S3, adalah gabungan course dan research. Jadi, mahasiswa harus menyelesaikan sejumlah sistem kredit satuan (SKS) di tahun pertama, yang selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan riset.

Jika Anda juga tertarik melanjutkan studi ke Taiwan, tentu saja Anda pun harus menghitung berapa besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk tinggal di sana. Biaya yang harus Anda siapkan antara lain untuk tempat tinggal, transportasi, makan sehari-hari, kebutuhan harian, dan hiburan. Lalu, berapa biaya yang perlu dikeluarkan?

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Biaya Tempat Tinggal di Taiwan

Seperti kebanyakan tempat studi di dunia, sebagian besar universitas di Taiwan juga menyediakan asrama untuk mahasiswanya. Keuntungan jika tinggal di asrama kampus tersebut adalah dianggap lebih hemat karena tidak membutuhkan pengeluaran untuk transportasi dan biaya lainnya. Bentuk asrama di Taiwan pun beragam, ada yang satu kamar diisi oleh dua sampai lima orang, hal ini bergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Ada dormitory kampus dengan kisaran biaya sewa 10 ribu dolar Taiwan per semester untuk Spring Summer atau 14 ribu sampai 16 ribu dolar Taiwan per semester untuk Fall Winter. Sementara itu, jika memutuskan tinggal di luar kampus, biaya mes atau asrama berkisar 2.500 dolar Taiwan per bulan, sedangkan harga sewa apartemen satu kamar berada di rentang 10.000 sampai 14.500 dolar Taiwan.

Biaya Makan di Taiwan

Ilustrasi: jajanan kaki lima di Taiwan
Ilustrasi: jajanan kaki lima di Taiwan

Biaya makan di Taiwan sangat bervariasi dan biasanya harganya berbeda tergantung pilihan makanan. Kalau Anda bersantap di dekat kampus, bisa jadi biaya yang perlu dikeluarkan sekitar 50 sampai 100 dolar Taiwan sehari, sedangkan di area lain sekitar 120 hingga 200 dolar Taiwan sehari. Menurut bocoran salah satu orang yang pernah tinggal di Taiwan, harga sandwich di negara tersebut sekitar 25 sampai 30 dolar taiwan, harga teh susu 20 dolar Taiwan, sedangkan harga burger 50 dolar Taiwan.

Biaya Lain-Lain di Taiwan

Internet merupakan hal yang fundamental untuk mahasiswa karena internet sangat dibutuhkan untuk mencari tugas atau bahkan membuka Google Maps jika tersesat. Biasanya di Taiwan sangat banyak internet gratis yang berserakan di jalan-jalan. Namun, jika Anda ingin membeli paket sendiri, harganya paling murah 400 sampai 755 dolar Taiwan per bulan.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Sementara itu, untuk kebutuhan cuci pakaian misalnya, Anda dapat memakai jasa pakaian dengan tarif 50 hingga 100 dolar Taiwan untuk sekali cuci (dan kering). Apabila ingin berhemat, Anda dapat membeli deterjen sendiri dengan harga berkisar 100 dolar Taiwan untuk kemasan 1000 ml atau 1 liter.

Biaya Hidup di Taiwan

Biaya Hidup di Taiwan - news.detik.com
Biaya Hidup di Taiwan – news.detik.com
Komponen Biaya Biaya
Tempat Tinggal Dorn Kampus : 10.000 – 16.000 dolar Taiwan per semester
Mess/Asrama : 2.500 dolar Taiwan per bulan
Sewa Apartemen : 10.000 – 14.500 dolar Taiwan per bulan
Makan 120 – 150 dolar Taiwan per hari
Air Mineral 21 dolar Taiwan
Transportasi Tiket terusan : 1.300 dolar Taiwan per bulan
Transportasi lokal : 25 dolar Taiwan sekali jalan
Taksi 1 km : 25 dolar Taiwan sekali jalan
Internet 400 – 755 dolar Taiwan
Laundry 50 – 100 dolar Taiwan sekali cuci

Informasi biaya hidup di Taiwan tersebut kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk salah satu mahasiswa Indonesia yang pernah melanjutkan studi di sana. Ketika artikel ini ditayangkan, kurs 1 dolar Taiwan setara dengan Rp500. Jika dibandingkan tahun lalu, biayanya relatif tidak banyak berubah.

Kabar terbaru menyebutkan, untuk mendongkrak kunjungan turis asing, pada awal tahun 2023, pemerintah Taiwan akan memberikan insentif kepada pelancong luar negeri yang berkunjung ke negara tersebut. Besaran insentif yang diberikan tergantung pada jumlah wisatawan dalam satu grup tur serta durasi mereka berlibur di Taiwan. Untuk grup wisata 3 hari 2 malam misalnya, besaran insentif yang diberikan mulai Rp10 juta (peserta 30 sampai 99 orang) sampai Rp76,2 juta (peserta 801 orang atau lebih) per grup, tergantung jumlah anggota. (Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *