Update Perkiraan Biaya Hidup di Taiwan

No comment 10268 views

Negara cukup terkenal dengan kultur (budaya) dan nilai sejarah yang sangat kental, hal ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata di dunia. Selain itu, karena alasan hidup yang cukup terjangkau dengan pendidikan yang mumpuni menjadikan negara yang satu ini juga menjadi salah satu destinasi utama beberapa warga Indonesia untuk melanjutkan pendidikan.

Mahasiswa di Taiwan - (Sumber: news.cedu.niu.edu)

Mahasiswa di Taiwan - (Sumber: news.cedu.niu.edu)

Di bidang pendidikan, jumlah mahasiswa internasional yang ada di Taiwan berkisar lebih dari 40 ribu orang. Dari jumlah itu, sebagian besar mengambil pendidikan Bahasa Mandarin, dan sisanya di jurusan lainnya. Pendidikan Bahasa Mandarin di Taiwan memang sangat terkenal. Pendidikan Bahasa Mandarin di Taiwan mendapat banyak peminat dan memiliki kompetensi tinggi karena menggunakan Mandarin tradisional, berbeda dengan pendidikan Bahasa Mandarin di beberapa negara lainnya yang menggunakan Mandarin sederhana.

Selain itu, negara ini juga dikenal dengan kekuatan di bidang teknologi dan engineering, terutama yang berkaitan dengan semikonduktor. Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) adalah produsen semikonduktor terbesar di dunia, Asus, HTC, dan AU Optronics (AUO), produsen TFT-LCD; semuanya ada di Taiwan.

Dengan keunggulan di bidang teknologi ini, jurusan-jurusan yang berkaitan dengan itu, misalnya teknik kimia, teknik material, pendidikan komputer, serta electronic engineering menjadi jurusan yang diandalkan banyak universitas. Selain itu, Taiwan juga dikenal dengan teknik sipilnya yang matang (di Taiwan disebut dengan ‘construction engineering’ dan bukan ‘civil engineering’).

Taipei 101 adalah salah satu contoh nyata perkembangan konstruksi Taiwan, karenanya banyak juga mahasiswa asing yang mendaftar di jurusan ini. Tentunya, selain jurusan-jurusan di atas, masih banyak jurusan lain yang diunggulkan untuk mahasiswa asing, misalnya manajemen dan hubungan internasional.

Taiwan juga sangat terkenal dengan atmosfer riset atau penelitian. Sistem kuliah di Taiwan untuk S2 dan S3 adalah gabungan course dan research. Mahasiswa harus menyelesaikan sejumlah kredit (SKS) di tahun pertama dan selanjutnya mengerjakan riset. Program internasional kebanyakan ditawarkan untuk mahasiswa pascasarjana, sehingga kemampuan berbahasa Mandarin sangat diperlukan jika ingin mengambil studi S1.

Nah, sebagai mahasiswa yang melanjutkan studi di luar Indonesia, salah satu hal yang akan dihadapi adalah persoalan biaya hidup. Taiwan sendiri menggunakan New Taiwan Dollar (NTD) sebagai mata uang yang apabila dikonversikan sekitar Rp400 untuk 1 NTD. Untuk biaya hidup sehari-hari, secara sederhana terbagi menjadi tiga yakni tempat tinggal, makan, dan .

Tempat tinggal

Baca juga  Makin Populer, 1 Bitcoin Berapa Satoshi?

Seperti kebanyakan tempat studi di dunia, sebagian besar universitas di Taiwan juga menyediakan asrama untuk mahasiswanya. Keuntungan jika tinggal di asrama kampus tersebut adalah dianggap lebih hemat karena tidak membutuhkan pengeluaran untuk transportasi dan biaya lainnya. Bentuk asrama di Taiwan pun beragam, ada yang satu diisi oleh dua sampai lima orang, hal ini bergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Selain dari jumlah pengeluaran biaya yang tidak terlalu banyak, keuntungan lain jika Anda  tinggal di asrama adalah kesempatan bersosialisasi dengan mahasiswa lokal dan mahasiswa internasional yang datang dari beragam tempat di dunia, ditambah lagi dengan fasilitas seperti internet, mesin cuci, kamar mandi yang bisa ditemukan di asrama. Untuk biaya tempat tinggal di asrama dengan fasilitas tersebut dibanderol dengan tarif NTD8.800 per semester. Satu semester setara dengan 4 bulan.

Namun, jika Anda menginginkan privasi, Anda bisa memilih tinggal di maupun . Biaya kos di Taiwan hampir sama dengan biaya di Indonesia. Tidak ada perbedaan yang mencolok antara kos dan apartemen, yang membedakan hanyalah jenis tempat tinggal. Jika hanya menempati kamar, maka di apartemen, Anda harus menyewa satu rumah yang terdiri dari beberapa kamar dengan harga termurah NTD 10.000 per bulan dengan fasilitas 3 buah kamar tidur.

Tinggal di apartemen akan berbeda dengan tinggal di asrama, karena Anda juga harus membayar tagihan internet, listrik, air, gas, dan sampah setiap bulannya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin berhemat biaya ketika sedang menempuh pendidikan di Taiwan, bisa memilih untuk tinggal di asrama.

Biaya makan

Baca juga  Tersedia Dalam Beragam Aroma, Calmic Pengharum Ruangan Dibanderol Harga Rp 35 Ribuan

Biaya makan di Taiwan sangat bervariasi dan biasanya harganya berbeda di setiap kota. Misalkan dengan 50 NTD di Tainan sudah dapat makan nasi dengan 3 macam sayur dan lauk seperti ayam. Tetapi belum tentu 50 NTD  bisa mendapatkan menu yang sama di kota besar seperti Taipei atau Taichung.

Untuk harga termurah di Tainan adalah 50NTD. Sedangkan jika makan di kantin kampus, ada diskon khusus jika kita adalah mahasiswa. Walaupun sedikit lebih mahal. Biasanya dari harga 60NTD akan di diskon menjadi 55NTD dengan syarat harus memperlihatkan kartu tanda mahasiswa. Biasanya di toko-toko yang terdapat di kampus juga memberikan potongan khusus jika kita berbelanja di toko kampus. Misalnya untuk membeli obat atau vitamin akan mendapatkan potongan 5-10 NTD.

Selain dengan membeli makanan di warung, untuk menghemat biaya makan, Anda juga bisa memasak sendiri. Namun, khusus bagi Anda yang bertempat tinggal di kost atau apartemen. Karena kebanyakan asrama di Taiwan tidak memperbolehkan mahasiswanya untuk memasak. Untuk memasak sendiri sebenarnya dapat menghemat hingga 2.000 NTD per bulan.

Transportasi

Transportasi di Taiwan - (Sumber: goway.com)

Transportasi di Taiwan - (Sumber: goway.com)

Jika Anda tinggal di kota Tainan, Anda bisa menggunakan sepeda untuk pergi  ke mana-mana. Biasanya setiap awal semester pihak keamanan kampus akan memberikan sepeda gratis kepada mahasiswa yang ingin memiliki sepeda. Namun jika ingin bepergian lebih jauh bisa menggunakan bis atau kereta.

Saat menggunakan sarana transportasi, disarankan untuk menggunakan student ID (jika mahasiswa) atau biasanya ada yoyo card atau iPass yang sistemnya pre-paid sehingga kartu tersebut harus diisi melalui convenience store. Untuk student ID, jika menggunakan bus akan diberikan potongan khusus. Biasanya mahasiswa hanya dikenakan 18NTD untuk sekali naik bus. Namun untuk sarana transportasi kereta, biaya tergantung pilihan stasiun yang Anda tuju.

Pulsa dan Internet
Internet merupakan hal yang fundamental untuk mahasiswa karena internet sangat dibutuhkan untuk mencari tugas atau bahkan membuka Google Maps jika tersesat. Biasanya di Taiwan sangat banyak internet gratis yang berserakan di jalan-jalan. Namun, karena gratis jadi banyak yang terhubung dengan smartphone sehingga terkadang sangat susah untuk log in ke dalam perangkat Anda

Biasanya jika mahasiswa baru datang, ada senior yang akan membagikan sim card gratis, tetapi harus menunggu selama 1 minggu hingga 1 bulan sampai bisa teraktivasi. Namun jika Anda tidak sabar menunggu, Anda juga dapat membeli sendiri. Untuk internetnya sendiri, ada 3 GB per bulan dengan harga kurang dari 300NTD

Berikut adalah kisaran biaya hidup di Taiwan 2017

Baca juga  Daftar Harga dan Kelebihan You C1000
Jenis Pengeluaran Biaya dalam Mata Uang (Mulai)
New Taiwan Dolar (NTD)
Tempat Tinggal
Asrama 8.800 NTD per 4 bulan 3,957,534 per bulan
Kost 5.000 NTD per bulan 2,248,345 per bulan
Apartemen 20.000 NTD per bulan 8,993,381 per bulan
Makan
Sarapan 900 NTD per bulan 404,693 per bulan
Makan siang 1.800 NTD  per bulan 809,368 per bulan
Makan malam 2.100 NTD per bulan 944,263 per bulan
Transportasi Umum
Sepeda Umum 5 NTD 2,248
Bus kota 5 - 15 NTD 2,248 - 6,743
MRT 20 NTD 8,991
Lain-lain
Pulsa dan Internet 300 NTD per bulan 134,874

Melihat kisaran tersebut, biaya hidup di Taiwan sebenarnya hampir sepadan dengan biaya hidup kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta atau Surabaya. Akan tetapi jika dibandingkan dengan Surabaya, mungkin akan sedikit lebih mahal di Taiwan.

 

loading...

Leave a reply "Update Perkiraan Biaya Hidup di Taiwan"