Info Cara Pembuatan dan Harga Tali Ijuk di Pasaran

Ijuk selalu melekat sebagai rumah tangga yakni untuk membuat sapu. Namun, ternyata ijuk diproduksi sebagian masyarakat menjadi tali yang terbilang kuat. Terbukti, tali ijuk dapat Anda temukan untuk mengikat tiang bambu pada gazebo. Tak heran, permintaan tali ijuk di pasaran juga cenderung meningkat. Harga jual tali ijuk biasanya disesuaikan dengan ukuran dan panjangnya.

Tali ijuk (sumber: tokopedia)

Tali ijuk (sumber: tokopedia)

Selain gula aren, ternyata semua komponen pohon aren menawarkan banyak manfaat. Kayu aren biasanya dipakai untuk bangunan, tak ketinggalan dengan daunnya yang dapat disulap menjadi tali ijuk. Tali ijuk dari aren terbilang lebih unggul dibandingkan dengan serat atau serabut kelapa. Serat ijuk dari aren bersifat kuat, lentur, serta tahan terhadap asam dan garam air laut. Tali ijuk juga tidak mudah lapuk oleh asam dan garam.

Secara serat ijuk digunakan sebagai bahan pembungkus pangkal kayu-kayu bangunan yang ditanam dalam tanah untuk mencegah serangan rayap. Hal tersebut lantaran, ijuk aren sulit dicerna oleh organisme perusak. Dari semua keunggulan serat ijuk, tak heran jika nenek moyang telah memanfaatkannya sebagai pengikat.

Baca juga  Harga Alucobond per Lembar dan per M2

Serat ijuk aren memiliki sejumlah mitos di tengah masyarakat yang hingga kini masih diyakini. Serat aren yang dijadikan sapu ijuk kerap dicambukkan pada orang yang kemasukan roh halus. Hal tersebut dipercaya untuk membuat orang itu cepat sadar. Bahkan, dari pengalaman sejumlah rimbawan saat menjelajah hutan, tali ijuk aren menjadi perlengkapan yang selalu dibawa dan dibentangkan mengelilingi lokasi kemah. Hal tersebut dilakukan untuk menghalau masuknya binatang melata berbisa sejenis ular ke lokasi perkemahan.

Dari mitos sapu ijuk, serat aren sekarang juga diolah menjadi kuas ijuk. Penelitian tentang serat aren sendiri terus berkembang dan diklaim dapat digunakan sebagai bahan perisai radiasi nuklir. Lalu bagaimana cara pembuatan tali ijuk?

Cara Pembuatan Tali Ijuk

Tali ijuk adalah salah satu bahan bangunan yang diperoleh dari ijuk aren dengan cara ijuk tersebut dibersihkan dari ijuk yang kasar kemudian dikaitkan pada alat pemutar (kaunte) yang terbuat dari bambu dan kayu. Hal tersebut dibuat sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk memutar tali ijuk tersebut, tali ijuk (lampuga) yang sudah mulai panjang tersebut kemudian digulung. Sebagian orang menilai, ijuk yang bagus untuk dijadikan tali (lampuga) adalah ijuk yang belum terlalu tua.[1]

Baca juga  Update Harga Freon R32 di Pasaran

Ijuk tanaman aren biasa dimanfaatkan antara lain sebagai pengikat dalam proses pembuatan rumah yang disebut lampuga (tali ijuk). Selain untuk konstruksi rumah, kegunaan tali ijuk lain yang jarang diketahui yakni dapat mengikat sesuatu yang berada di dalam laut. Saat ini, tali ijuk dipakai untuk mengikat tanaman anggrek. Berikut ulasan lengkap seputar harga tali ijuk di pasaran.

Harga Tali Ijuk

Tali ijuk (sumber: tokopedia)

Tali ijuk (sumber: tokopedia)

Kategori Tali IjukHarga (Rp)
Tali ijuk rambatan panjang 1,5 meter4.000
Tali ijuk hitam aren diameter 5 mm panjang 20 meter9.000
Tali ijuk sabut kelapa diameter 2 cm10.000
Tali ijuk pengikat tanaman anggrek bambu 10 meter12.500
Tali ijuk untuk gazebo panjang 20 meter15.000
Tali ijuk hitam 22 meter15.000
Tali ijuk untuk resapan air 1 ikat15.000
Tali ijuk pengikat tanaman anggrek bambu 25 meter19.000
Tali ijuk tambang panjang 8 meter20.400
Tali ijuk hitam 1 ikat30.000
Tali ijuk sabut kelapa 100 meter35.000
Tali ijuk cocofiber sabut kelapa 50 meter diameter 8 mm50.000
Tali ijuk untuk gazebo panjang 100 meter60.000
Baca juga  Harga Vernier Caliper dan Spesifikasinya

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Tali ijuk tersebut dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli tali ijuk di pasaran dengan harga bervariasi. Untuk lebih praktis, Anda juga dapat memesannya secara online di marketplace terpercaya. Namun, untuk mendapatkan produk terbaik, Anda harus memeriksa sejumlah ulasan mengenai tali ijuk tersebut.

[1] Safilu, dkk.  Prosiding Seminar Pendidikan Biologi (SNPBIO) 2019 (Jakarta: UHO EduPress, 2020), hlm. 436

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Cara Pembuatan dan Harga Tali Ijuk di Pasaran"