Harga Tabung Gas LPG 3 Kg Kosong

No comment1441 views

LPG atau Liquefied Petroleum Gas tentu sudah begitu akrab dengan rumah-rumah tangga di Indonesia. Pada 1968 atau hampir 50 tahun lalu masyarakat Indonesia mulai diper­kenalkan dengan LPG dengan merek dagang yang dirilis PT Pertamina (Persero) bernama Elpiji.

Harga, tabung, gas, LPG, elpiji, kosong, isi, ulang, Pertamina, subsidi, non, komersial, konsumsi, Bright, 3, kg, baru, refill, Liquefied, Petroleum, minyak, tanah, hemat, memasak, ibu, rumah, tangga,

Penjualan tabung gas LPG 4 kg

Awalnya, Pertamina mengemas LPG dalam tabung untuk memanfaatkan sampingan gas dari hasil proses pengolahan minyak di kilang. Karakter dari LPG yang praktis, bersih, dan cepat panas menjadi pilihan konsumen. Sehingga kebijakan program konversi minyak tanah ke LPG sejak 2006 turut mengangkat pamor LPG dan penggunaannya semakin luas dengan lebih dari 50 juta rumah tangga di Indonesia.

Segmen pasar LPG sendiri masih tersekat menjadi dua, yakni LPG subsidi (3 kg) dan non subsidi atau komersial. Ibu-ibu yang biasa menggunakan gas LPG biasanya akan memilih ukuran 12 kg dan 3 kg. Kedua tabung gas ini telah menjadi pilihan utama oleh para ibu, terutama gas berukuran 3 kg, di mana dengan yang relatif lebih murah sehingga bagi yang tidak memiliki kesanggupan membeli gas 12 kg dapat memakai yang ukuran 3 kg.

Sementara pengguna komersial umumnya adalah hotel, restoran, kafe dan industri. Tabung 12 kg segmen kebutuhan rumah tangga untuk non subsidi, kemasan 50 kg untuk kalangan komersial, dan LPG curah untuk kalangan industri.

Untuk memiliki tabung gas LPG 3 kg, masyarakat harus membeli tabung gas yang biasanya dijual seharga Rp100 ribu hingga Rp150 ribuan. Tabung gas tersebut ada yang sudah terisi gas, juga ada yang kosong. Lalu, masyarakat hanya tinggal membeli gas isi ulang yang kerap dijual mulai harga Rp16.500 jika gas telah habis.

Sejak awal rilis hingga saat ini, konsumsi elpiji di Indonesia disebut-sebut kian mengalami peningkatan. Konsumsi elpiji pada 2007 hanya sekitar satu juta metrik ton per tahun menjadi hampir mencapai 7 juta metrik ton pada 2016. Angka tersebut tumbuh sebesar 700 persen selama sembilan tahun.

Peningkatan konsumsi elpiji disebabkan adanya program konversi BBM ke elpiji yang dilakukan pemerintah untuk kebutuhan rumah tangga sejak 2007 dan untuk mesin kapal nelayan yang dilaksanakan mulai 2016 yang rencananya akan dilanjutkan pada 2017.

Pertamina, terus mendukung pemerintah untuk mengurangi beban subsidi elpiji. tersebut memberikan varian bagi konsumen sekaligus menghadirkan produk elpiji non-PSO. Elpiji non-PSO, yaitu Bright Gas berukuran 12 kg, 5,5 kg, dan kemasan kaleng ukuran 220 gram.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro, dilansir dari Republika menyampaikan, pihaknya bersama dengan pemerintah daerah sedang melakukan sosialisasi penggunaan elpiji non-PSO untuk memastikan subsidi LPG tepat sasaran kepada yang berhak. Saat ini, pemerintah juga sedang menyiapkan Program Distribusi Elpiji 3 Kg Tepat Sasaran yang diharapkan dapat terlaksana pada tahun ini.

Pelaksanaan subsidi elpiji tabung tiga kg dilakukan dengan pola distribusi terbuka dan dilakukan secara bertahap untuk 26 juta rumah tangga miskin (RTM) dan 2,3 juta usaha mikro. Jumlah rumah tangga dan usaha mikro penerima subsidi elpiji tabung tiga kg tersebut didasarkan pada Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) 2015 yang dikelola oleh Tim Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan Kementerian Sosial.

Saat ini, masyarakat disarankan untuk beralih menggunakan tabung gas 3 kg bersubsidi menjadi Bright Gas 5,5 Kg. Guna meningkatkan minat masyarakat, para agen di wilayah mengadakan program untuk menukarkan tabung gas 3 kg menjadi Bright Gas 5,5 kg.

Disediakan 4 alternatif pilihan penukaran, yakni

  • 2 tabung gas 3 kg yang kosong, bisa ditukarkan 1 Bright Gas 5,5 kg (isi) seharga Rp 100.000.
  • 1 tabung gas 12 kg yang kosong, bisa ditukarkan 1 Bright Gas 5,5 Kg (isi), hanya membayar harga refill.
  • 1 tabung gas 3 Kg yang kosong, bisa ditukarkan 1 Bright Gas 5,5 Kg (isi) seharga Rp 210.000.
  • Membeli tabung baru Bright Gas 5,5 Kg (isi), seharga Rp 330.000.
Harga, tabung, gas, LPG, elpiji, kosong, isi, ulang, Pertamina, subsidi, non, komersial, konsumsi, Bright, 3, kg, baru, refill, Liquefied, Petroleum, minyak, tanah, hemat, memasak, ibu, rumah, tangga,

Tabung Bright Gas 3 kg, LPG nonsubsidi (instagram: @seblakbandungadit)

Tujuan program ini adalah agar masyarakat yang mampu beralih ke Bright Gas yang 5,5 Kg dan beralih ke tabung yang 3 Kg yang non subsidi. Diharapkan program tersebut bisa meningkatkan minat masyarakat agar bisa beralih ke Bright Gas, lantaran tabung 3 kg diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu. Banyak juga pengusaha yang sering menggunakan tabung gas 3 kg.

Kehadiran Bright Gas 3 kg juga diharapkan memudahkan masyarakat membeli gas dengan ukuran tabung yang mudah dibawa. Dengan demikian, Bright Gas nantinya tersedia dalam ukuran 3 kg, 5,5 kg, dan 12 kg. Secara umum, ada tiga kelebihan yang dimiliki Bright Gas.
Pertama, tabung gas lebih aman karena dilengkapi fitur katup ganda yang mengadopsi teknologi Double Spindle Valve System (DSVS) sehingga 2 kali lebih aman dalam mencegah kebocoran pada kepala tabung.

Kemudian, fitur keamanan diperkuat dengan adanya tambahan segel Pertamina yang dilengkapi dengan hologram fitur OCS (Optical Color Switch) yang telah memperoleh paten dan tidak dapat dipalsukan. Lalu, Bright Gas ini bisa langsung dipesan ke Pertamina langsung, jadi lebih mudah untuk didapatkan masyarakat.

Pada bagian tabung juga terdapat petunjuk tata menggunakan tabung gas ini saat ingin dipakai memasak, berbentuk sticker safety yang berisikan pedoman benar dan aman dalam memasang dan menggunakan tabung.

Produk Bright Gas sendiri sebenarnya sudah ada setahun lalu namun masih pada ukuran 12 kg, dan untuk yang terbaru sekarang dengan tabung 5,5 kg serta dibalut dengan warna pink diharapkan dapat memberikan keceriaan dalam memasak serta produk ini juga dikatakan lebih ramah lingkungan dibanding gas lainnya. Apalagi yang biasa berada di mayoritas ibu-ibu pasti akan senang dengan warna pink dari Bright Gas.

Dengan hadirnya Bright Gas 5,5 kg juga diharapkan dapat mengurangi subsidi gas 3 kg sehingga dana yang selama ini digunakan untuk memberikan subsidi pengadaan tabung gas 3 kg dapat digunakan untuk keperluan lain yang tak kalah penting seperti pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan sektor penting lainnya yang juga membutuhkan subsidi pemerintah.

Jika dilihat dari persoalan hemat, sudah pasti gas yang dihasilkan Bright Gas lebih baik sehingga saat proses memasak tidak perlu menghabiskan banyak gas karena proses pembakaran lebih cepat dan dengan demikian dapat mengurangi waktu bagi konsumen untuk mengisi ulang atau membeli tabung gas baru.

Baca juga  Pengertian Perhitungan Biaya Berdasarkan Aktivitas (Activity Based Costing) Beserta Kekuatan & Kelemahannya
loading...

Leave a reply "Harga Tabung Gas LPG 3 Kg Kosong"