Info Terbaru Harga & Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan

kuning (Cucurbita moschata Duch ex Poiret) mempunyai beberapa nama daerah, yakni parang (Melayu) atau sering juga disebut dengan nama Waluh di Sunda maupun daerah Jawa Tengah. Tanaman kuning sendiri berasal dari Ambon (Indonesia). Ciri-ciri kuning berbentuk bulat pipih, lonjong, atau panjang dengan banyak alur, sekitar 15-30 alur. Ukuran pertumbuhan buah kuning pun cepat sekali, mencapai 350 gram per hari.

Ilustrasi: daging labu kuning

Ilustrasi: daging labu kuning

Banyak bagian dari labu kuning yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, antara lain daunnya bisa digunakan sebagai dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan kuaci. Kemudian air buahnya berguna sebagai penawar racun binatang berbisa, selain itu bijinya juga bisa menjadi obat cacing pita. Daging buahnya mengandung antioksidan sebagai penangkal kanker. Labu kuning pun dapat digunakan untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, dan diare.

Labu kuning kaya akan nutrisi seperti kalium, antioksidan dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 49 kalori, 1,76 gram protein, 0,17 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 2,7 gram serat, dan 5,1 gram gula. Mengonsumsi satu cangkir labu kuning dapat memenuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100%, vitamin C 20%, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10%, serta 5% untuk thiamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Manfaat Labu Kuning

Mengontrol Tekanan Darah

Labu mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta mengontrol agar tetap stabil. Pasalnya potasium berperan sebagai vasodilator yang dapat membuka serta memperlebar pembuluh vena dan arteri di dalam tubuh. Zat besi dalam labu juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah.

Baik untuk Janin

Labu kuning dipercaya kaya akan asam folat yang bisa menunjang janin ketika masih berada dalam kandungan. Asam folat berkhasiat untuk mengontrol organ janin supaya berfungsi dengan baik dan meminimalisir bayi cacat lahir. Kombinasi vitamin B dalam labu pun bisa mempercepat pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan sel dan jaringan baru.

Menyehatkan Mata

Warna merah pada labu menunjukkan bahwa tanaman satu ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A sudah lama dikenal baik untuk mata karena dapat membantu meminimalisir risiko terkena degenerasi makula atau gangguan yang menyebabkan penurunan fungsi retina. Di samping itu, labu kuning juga dapat dikonsumsi sebagai ramuan alami untuk mengobati mata lelah.

Menyehatkan Rambut dan Kulit

Kandungan vitamin A dalam labu kuning bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mata saja, tetapi juga bisa digunakan sebagai pelembap alami untuk rambut. Vitamin A pun diyakini bisa mempercepat pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala.

Labu kuning yang dihaluskan (sumber: liputan6.com)

Labu kuning yang dihaluskan (sumber: liputan6.com)

Melancarkan Pencernaan

Labu juga termasuk buah yang kaya akan serat. Seperti yang sudah sering Anda dengar, serat berguna untuk memperlancar proses pencernaan dan meredakan gangguan perut kembung hingga sembelit. Di samping itu, serat pada labu pun memiliki sifat anti-inflamasi serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga meminimalisir risiko terserang kronis macam kanker dan obesitas.

Menurunkan Risiko Kanker

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, labu kuning memiliki zat anti-kanker yang diyakini bisa menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker ganas. Kandungan protein dalam labu kuning bisa menghambat pertumbuhan sel jahat. Terlebih adanya vitamin C dalam labu pun bisa dijadikan sumber alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Meningkatkan Kepadatan Tulang

Labu mengandung berbagai mineral seperti potasium, magnesium, mangan, dan kalsium. Jika dikonsumsi secara teratur, maka akan membantu mencukupi asupan mineral dalam tubuh untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, apabila dikonsumsi oleh orang-orang yang berusia di atas 30 tahun, maka dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Mempercantik Kulit

Labu kuning dikenal kaya akan kandungan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa dan terlihat muda. Buah satu ini juga dipercaya dapat menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut. Kandungan beta-karoten dalam labu dapat menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam labu kuning, tentunya Anda disarankan dapat mengonsumsinya secara rutin. Bagi Anda yang belum pernah membeli labu kuning, berikut informasi terkini harga labu kuning di pasaran. 

Daftar Harga Labu Kuning

harga, labu kuning, waluh, yellow, kabocha, pumpkin, butternut, per, kg, kilogram, kilo, kiloan, 1, 2017, 2018, jual, beli, dimana, pembeli, penjual, pengepul, daftar, buah, biji, berapa, manfaat, kesehatan, kandungan

Ilustrasi: labu kuning dijual di pasar (sumber: farmr.blog)

DaerahHarga per Kilogram (Kg)
Medan28.000
Surabaya20.000
Lampung19.050
Jakarta25.000
Palembang30.000
Malang17.000
Denpasar Bali20.000
Makassar20.000
Sampit20.000
Banjarmasin20.000
Pontianak19.000
Balikpapan20.000
Depok19.000
Pasuruan20.000
Bandung19.000
Semarang20.000
Kepri20.000
Bengkulu20.000
Blitar20.000
Jember20.000
Bekasi19.000
Manado20.000
Batam20.000
Pangkalpinang20.000
Padang19.000
Bontang20.000
Aceh20.000
Tasikmalaya19.000

Perbandingan harga tahun lalu mengalami kenaikan yakni khususnya di wilayah Palembang yang mencapai Rp30 ribu dari harga awal sekitar Rp19 ribuan. Bahkan beberapa petani menuturkan penjualan di wilayah tersebut ada yang menjual labu kuning seharga Rp35 ribu per kilogram. Sedangkan penurunan harga  terjadi di wilayah Jawa Timur, seperti di Malang menjadi Rp17 ribu dari Rp19 ribuan per kilo. Hal ini ditengarai produksi melimpah di wilayah penghasilnya yakni Magetan Jawa Timur. 

Jika ingin membeli di supermarket misalnya Giant, Anda dapat merogoh kocek mulai Rp2.950 per 100 gramnya atau Rp29.500 untuk ukuran setara 1 kg. Labu kuning jenis yellow kabocha pumpkin di Lotte Mart dibanderol hingga Rp21.500 per buah. Harga labu kuning per buah biasanya sangat dipengaruhi berat atau bobot dari labu itu sendiri. Apabila bobotnya makin berat, maka harganya pun akan semakin mahal pula.

Harga labu kuning juga terbilang mahal kisaran Rp38 ribuan – Rp40 ribuan tergantung kemasan. Anda dapat membelinya secara online melalui sejumlah marketplace terpercaya. Selain itu, harga labu kuning yang berlaku di setiap tempat bisa berbeda-beda tergantung dari promo atau penawaran yang diberikan pihak penjual.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Manfaat & Harga Daun Stevia Sebagai Alternatif Pengganti Gula
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga & Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan"