Info Terbaru Harga Labu Kuning (500 gr, 1 kg, Utuh)

Anda mungkin sudah familiar dengan labu kuning yang kerap dijadikan bahan untuk membuat kolak. Bernama Latin Cucurbita moschata Duch ex Poiret, buah ini mempunyai beberapa penyebutan, yakni labu parang (Melayu) atau sering juga disebut dengan nama buah waluh di Sunda maupun daerah Jawa Tengah. Konon berasal dari Ambon, labu kuning sudah ditawarkan di berbagai daerah dengan harga bervariasi.

Ilustrasi: daging labu kuning
Ilustrasi: daging labu kuning

Secara tampilan, labu kuning berbentuk bulat pipih, lonjong, atau panjang dengan banyak alur, sekitar 15-30 alur. Ukuran pertumbuhan buah labu kuning pun cepat sekali, mencapai 350 gram per hari. Banyak bagian dari labu kuning yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, antara lain daunnya bisa digunakan sebagai sayur dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan kuaci.

Bacaan Lainnya

Kandungan Labu Kuning

Labu kuning kaya akan nutrisi seperti kalium, antioksidan dan vitamin. Nutrisi dalam satu cangkir labu kuning rebus tanpa garam antara lain 49 kalori, 1,76 gram protein, 0,17 gram lemak, 12 gram karbohidrat, 2,7 gram serat, dan 5,1 gram . Mengonsumsi satu cangkir labu kuning diklaim dapat memenuhi kebutuhan vitamin A lebih dari 100%, vitamin C 20%, vitamin E, riboflavin, kalium, tembaga dan mangan hingga 10%, serta 5% untuk thiamin, B6, folat, asam pantotenat, niasin, besi, magnesium dan fosfor.

Kandungan Labu Kuning - kumparan.com
Kandungan Labu Kuning – kumparan.com

Manfaat Labu Kuning

  • Air buah labu kuning berguna sebagai penawar racun binatang berbisa.
  • Biji labu kuning dapat menjadi obat cacing pita.
  • Daging buah labu kuning mengandung antioksidan sebagai penangkal kanker.
  • Diklaim dapat dikonsumsi untuk penyembuhan radang, penyakit ginjal, demam, dan diare.
  • Labu mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tinggi serta mengontrol agar tetap stabil. Potasium berperan sebagai vasodilator yang dapat membuka serta memperlebar pembuluh vena dan arteri di dalam tubuh. besi dalam labu juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah.
  • Labu kuning dipercaya kaya akan asam folat yang bisa menunjang kesehatan janin ketika masih berada dalam kandungan. Asam folat berkhasiat untuk mengontrol janin supaya berfungsi dengan baik dan meminimalkan bayi cacat lahir. Kombinasi vitamin B dalam labu pun bisa mempercepat pembentukan sel darah merah serta pertumbuhan sel dan jaringan baru.
  • Warna merah pada labu menunjukkan bahwa satu ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A sudah lama dikenal baik untuk mata karena dapat membantu meminimalkan risiko terkena degenerasi makula atau gangguan yang menyebabkan penurunan fungsi retina. Di samping itu, labu kuning juga dapat dikonsumsi sebagai ramuan alami untuk mengobati mata lelah.
  • Kandungan vitamin A dalam labu kuning bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan mata, tetapi juga bisa digunakan sebagai pelembap alami untuk rambut. Vitamin A pun diyakini bisa mempercepat pertumbuhan jaringan tubuh, termasuk rambut dan kulit kepala.
  • Labu juga termasuk buah yang kaya akan serat. Seperti yang sudah sering Anda dengar, serat berguna untuk memperlancar proses pencernaan dan meredakan gangguan perut kembung hingga sembelit. Di samping itu, serat pada labu pun memiliki sifat anti-inflamasi serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga meminimalkan risiko terserang penyakit kronis macam kanker dan .
  • Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, labu kuning memiliki zat anti-kanker yang diyakini bisa menurunkan risiko pertumbuhan sel-sel kanker ganas. Kandungan protein dalam labu kuning bisa menghambat pertumbuhan sel jahat. Terlebih adanya vitamin C dalam labu pun bisa dijadikan sumber alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Labu mengandung berbagai mineral seperti potasium, magnesium, mangan, dan kalsium. Jika dikonsumsi secara teratur, maka akan membantu mencukupi asupan mineral dalam tubuh untuk meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Selain itu, apabila dikonsumsi oleh orang-orang yang berusia di atas 30 tahun, maka dapat bermanfaat untuk menurunkan risiko terkena osteoporosis.
  • Labu kuning dikenal kaya akan kandungan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh agar senantiasa sehat dan terlihat muda. Buah satu ini juga dipercaya dapat menjadikan kulit selalu kenyal dan lembut. Kandungan betakaroten dalam labu dapat menghasilkan antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV.

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam labu kuning, tentunya Anda disarankan dapat mengonsumsi buah ini secara rutin. Untung saja saat ini tidak sulit mendapatkan labu kuning karena telah tersebar di berbagai daerah. Bagi Anda yang belum pernah membeli labu kuning, berikut informasi terkini harga labu kuning di pasaran.

Ilustrasi: labu kuning dijual di pasar (sumber: farmr.blog)
Ilustrasi: labu kuning dijual di pasar (sumber: farmr.blog)

Harga Labu Kuning

Ukuran Labu Kuning Harga
Labu Kuning Segar 500 gr Rp8.500 – Rp10.000
Labu Kuning Kupas 1 kg Rp11.000
Labu Kuning Segar 1 kg Rp15.000 – Rp20.000
Labu Kuning Segar Utuh Rp30.000 – Rp35.000

Informasi harga buah labu kuning di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa swalayan dan sejumlah situs beli online. Perlu Anda catat bahwa harga buah tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, buah labu kuning di daerah Jakarta dijual dengan harga Rp30 ribuan per buah, sedangkan harga di kawasan Surabaya berkisar Rp29 ribuan.

Cara Olah Labu Kuning - (resepkoki.id)
Cara Olah Labu Kuning – (resepkoki.id)

Meski menawarkan sejumlah manfaat, Anda tidak disarankan mengonsumsi labu kuning secara berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi labu kuning berlebihan dapat menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Labu kuning memang jarang menimbulkan alergi, tetapi sebagian orang yang mengonsumsinya berlebihan akan menyebabkan perut kembung hingga mual.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar

  1. Tempat penjualan atau agen labunya ada gak bos, masalahnya ditempat sy gak ada penampung labunya, jika ada mohon bantu kirim ke email sy aja, terima kasih