Update Harga Strip Gula Darah (Autocheck, Nesco, Easy touch dll)

Selain kolesterol, kadar gula darah Anda juga perlu dicek secara rutin dan dijaga dalam batas normal agar tidak terjadi gangguan di dalam tubuh. Anda bisa mengecek gula darah ini ke dokter atau laboratorium. Namun, apabila Anda ingin cara yang lebih praktis, bisa membeli strip gula darah yang sudah dijual bebas di apotek dan situs e-commerce dengan harga mulai puluhan ribu rupiah saja.

Tes gula darah (sumber: insider)
Tes gula darah (sumber: insider)

Apa Itu Gula Darah?

Anda mungkin sudah sering mendengar tentang gula darah. Kadar gula darah, seperti dilansir dari Alodokter, adalah banyaknya zat gula atau glukosa dalam darah. Kadar gula darah ini dipengaruhi oleh asupan nutrisi dari makanan dan minuman, khususnya karbohidrat, serta jumlah insulin dan kepekaan sel-sel tubuh terhadap insulin.

Bacaan Lainnya

Dalam batas yang normal, gula darah merupakan bahan bakar universal bagi sel-sel tubuh manusia dan berfungsi sebagai sumber karbon untuk sintesis sebagian besar senyawa lainnya.[1] Semua jenis sel manusia glukosa ini untuk memperoleh energi yang diperlukan untuk beraktivitas. Bisa dikatakan, gula darah atau salah satu karbohidrat terpenting yang dipakai sebagai sumber tenaga utama dalam tubuh.[2]

Namun, seperti disinggung di atas, kadar gula dalam darah harus selalu dijaga dalam batas normal. Pasalnya, jika melebihi, berdampak pada kesehatan tubuh. Kadar gula darah dikatakan terlalu tinggi jika melebihi 200 mg/dL, yang sering disebut dengan istilah hiperglikemia. Berdasarkan kriteria diagnostik Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) 2006, jika kadar gula darah melebihi 200 mg/dL dan kadar gula darah puasa melebihi 126 mg/dL, seseorang dikatakan menderita diabetes.[3]

Diabetes mellitus memang menjadi penyakit yang paling sering muncul jika kadar gula darah tinggi. Dikatakan sebagai penyakit dengan angka kejadian paling banyak selain penyakit jantung dan stroke, diabetes mellitus adalah sekumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan adanya peningkatan kadar gula dalam darah akibat kurangnya insulin, baik absolut maupun relatif.[4]

Strip Gula Darah

Strip gula darah (sumber: diabetes.co.uk)
Strip gula darah (sumber: diabetes.co.uk)

Nah, agar gula darah Anda tidak melebihi batas normal, memang disarankan untuk rajin mengecek. Selain ke dokter atau kesehatan, cek gula darah ini juga bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Menggunakan alat strip gula darah, jika sudah sesuai standar ISO:15197 2013, alat ini dikatakan memiliki tingkat akurasi berbeda 15 mg/dL dari hasil laboratorium jika konsentrasi gula darah kurang dari 100 mg/dL atau berbeda 15 persen dari tes laboratorium jika hasil tes di atas 100 mg/dL.

Cara Menggunakan Strip Gula Darah

  • Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Letakkan jarum lancet ke dalam perangkat lancing.
  • Masukkan strip tes ke meteran glukosa.
  • Usap ujung jari Anda dengan kapas yang sudah diberi alkohol.
  • Tusuk ujung jari Anda dengan lancet agar darah dapat keluar dan diambil.
  • Letakkan setetes darah pada strip tetes dan tunggu hasilnya. Biasanya, angka yang menunjukkan kadar gula darah Anda akan muncul dalam beberapa detik pada layar meter.

Saat ini, tidak sulit mendapatkan alat strip gula darah. Pasalnya, produk tersebut sudah dijual bebas. Anda bisa membelinya di berbagai apotek, toko alat medis, atau melalui sejumlah situs jual beli . Harga yang ditawarkan memang bervariasi, tergantung merk dan fitur. Sebagai referensi, berikut kami sajikan kisaran harga strip gula darah di pasaran dalam negeri.

Strip gula darah (sumber: diabetes.co.uk)
Strip gula darah (sumber: diabetes.co.uk)

Harga Strip Gula Darah

Merk Strip Gula DarahHarga
Family Dr. Blood Glucose Test StripRp83.000 – Rp95.000
BeneCheck Prime Glucose Test StripRp83.900 – Rp97.900
Easytouch Blood Glucose Test StripRp89.000
Autocheck Blood Glucose Test StripRp90.000
Sinocare Blood Glucose Test StripRp97.000
Fora Glucose Test StripRp99.000
NESCO Blood Glucose Test StripRp100.000 – Rp148.600
Gluco Dr. Glucose Test StripRp145.000
Gluco Dr. Plus StripRp175.000
Accu Chek StripRp196.999
One Touch Ultra Plus Flex Glucose Test StripRp330.000
Ilustrsi: Strip Gula Darah (sumber: fiep.bmstu.ru)
Ilustrsi: Strip Gula Darah (sumber: fiep.bmstu.ru)

Harga strip gula darah di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa apotek dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga strip gula darah tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu, harga One Touch Ultra Plus Flex Glucose Test Strip berkisar Rp245 ribuan, sedangkan Accu Chek Strip dijual Rp155 ribuan.

Tambahan informasi, gula darah Anda mungkin naik jika Anda melewati atau melupakan insulin Anda atau obat penurun glukosa oral, terlalu banyak gram karbohidrat untuk jumlah insulin yang Anda ambil atau makan terlalu banyak karbohidrat secara umum, memiliki infeksi, sakit, sedang stres, menjadi tidak aktif atau berolahraga kurang dari biasanya, dan beraktivitas fisik yang berat, terutama ketika kadar gula darah Anda tinggi dan kadar insulin rendah.

(Update: Panca)

[1] Putra, Adriansyah L., Pemsi M. Wowor, Herlina I. S. Wungouw. 2015. Gambaran Kadar Gula Darah Sewaktu pada Mahasiswa Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik, Vol. 3(3): 834-838.

[2] Ibid.

[3] PERKENI. 2011. Konsensus Nasional Penatalaksanaan DM.

[4] Soegondo, dkk. 2009. Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *