Update Harga Sepeda Pinarello Dogma Termahal

Sepeda balap atau roadbike menjadi salah satu tipe sepeda yang digemari masyarakat, terutama di kota besar. Roadbike dikenal sebagai tipe sepeda yang punya harga cukup mahal karena punya keunggulan tertentu. Sejumlah roadbike edisi terbatas bahkan dilepas dengan harga yang lebih fantastis hingga cenderung tak masuk akal, termasuk seri Dogma buatan Pinarello.

Pinarello Dogma F8 (sumber: road.cc)
Pinarello Dogma F8 (sumber: road.cc)

Roadbike, seperti namanya, adalah sepeda dengan bentuk yang khas untuk berfungsi lebih optimal pada medan jalan aspal (road). Roadbike telah mengalami modifikasi, sehingga saat ini juga dapat digunakan untuk medan non-aspal (lebih dikenal dengan cyclocross). Sepeda itu juga dirancang sedemikian rupa untuk melaju cepat dengan ban tipis dan frame yang ringan. Tak heran, jika roadbike dapat melaju lebih kencang di jalanan daripada mountain bike.[1]

Bacaan Lainnya

Pada umumnya, roadbike dilengkapi dengan sistem pengoper gigi agar lebih mudah menaklukkan trek turunan, datar, maupun tanjakan. Sepeda tipe ini dipercaya paling mampu memacu penggunanya untuk mengeluarkan tenaga ekstra saat berolahraga. Meski begitu, roadbike menjadi sepeda yang tak ramah bagi para pengguna sepeda pemula karena posisi berkendaranya terbilang ekstrem.

Review Pinarello Dogma

Bagi Anda penggemar roadbike, mungkin akan terlena dengan salah satu merek ternama di dunia, yakni Pinarello. Sepeda Pinarello berasal dari Treviso, Italia. Perusahaan ini telah mengembangkan teknologi roadbike sejak 1952. Banyak seri yang sudah diluncurkan dengan fitur dan keunggulan berbeda-beda, dan salah satu seri roadbike flagship dari Pinarello adalah Dogma.

Baca juga  Update Harga Palet Lukis (Plastik, Kayu, Oval, Flower dll)

Dogma menawarkan frame sepeda yang ringan dengan kecepatan tinggi. Tak heran jika antusiasme masyarakat terbilang tinggi terhadap produk ini. Pinarello Dogma 1 menjadi seri sepeda pertama dari frame generasi baru yang dijual ke publik pada 2010. Setahun berikutnya, Pinarello meluncurkan Dogma seri 2 dengan meningkatkan aerodinamis dan efisiensi rangka sepeda. Tak hanya seri pertama, berikut deretan Pinarello Dogma yang terbilang mahal di pasaran dan dapat menjadi pilihan Anda.

Seri Pinarello Dogma

  1. Pinarello Dogma 65.1 Think 2, adalah salah satu sepeda yang diluncurkan Pinarello pada 2013. Sepeda ini menampilkan serat karbon yang lebih kuat dan lebih kaku, 65HM1K, menghasilkan bingkai yang lebih reaktif. Chris Froome mengendarai Dogma 65.1 Think 2 untuk meraih kemenangannya di Tour de France pada 2013 silam.
  2. Pinarello Dogma F8, adalah bagian produk yang turut diluncurkan pada 2015. Dengan nama yang diambil dari Dogma dengan generasi ke-8, Pinarello Dogma F8 diklaim 26,1% lebih aerodinamis daripada Dogma 65.1.
  3. Pinarello Dogma F10, adalah produk yang diluncurkan Pinarello pada Januari 2017. Pinarello mengklaim F10 6,3% lebih ringan dan 7% lebih kaku dari edisi sebelumnya karena masih terdiri dari Torayca T1100 1K karbon. Sementara itu, frame 53 cm tidak dicat dan memiliki berat diklaim hanya 820 gr. F10 juga dikatakan memiliki keunggulan aerodinamis 12,6% dibandingkan F8.
  4. Pinarello Dogma F12, adalah produk yang diluncurkan pada 2019 sebagai penerus Dogma F10. Menurut Pinarello, mengutip BikeRadar, fitur Dogma F12 lebih unggul dibandingkan sepeda Dogma F10 dengan desain lebih aerodinamis dan stiff. Pinarello mengklaim Dogma F12 mampu membelah angin 7,3% lebih baik dari F10 dengan bagian bottom bracket (BB) dibuat 10% lebih kaku.
Baca juga  Info Terbaru Harga Sepeda Pacific Anak (Perempuan dan Laki-Laki) Semua Tipe

Tingginya harga roadbike dipengaruhi banyak faktor, salah satunya berat keseluruhan sepeda yang harus sebanding dengan durabilitas. Bahan yang dipakai juga sedikit lebih mahal dibanding sepeda lain. Hal tersebut yang membuat harga sepeda Pinarello juga terbilang fantastis di pasaran, khususnya seri Dogma. Sebagai gambaran, berikut kami sajikan info harga sepeda Pinarello Dogma antara tahun lalu dan sekarang.

Pinarello Dogma 65.1 Think 2 (youtube: Pinarello Official)
Pinarello Dogma 65.1 Think 2 (youtube: Pinarello Official)

Harga Pinarello Dogma

Seri Pinarello Dogma Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Pinarello Dogma 65.1 Think 2 Rp75.000.0000 Rp67.446.400
Pinarello Dogma F8 Rp80.000.000 Rp78.000.000
Pinarello Dogma F10 Rp105.000.000 Rp100.000.000
Pinarello Dogma F12 Rp200.000.000 Rp230.000.000

Jika dilihat dari tabel di atas, hanya harga seri Pinarello F12 yang terpantau naik. Awalnya sepeda tersebut ditawarkan seharga Rp200 juta, kini naik mencapai Rp230 juta. Perlu diketahui, sepeda Pinarello Dogma F12 hingga kini masih menjadi seri termahal dibandingkan yang lain. Meski begitu, bagi Anda yang ingin memiliki Pinarello Dogma F12 tetapi dana terbatas, tak ada salahnya membeli produk second dengan kisaran harga Rp100 juta per unit.

Kabar terbaru, Pinarello membuat program MyWay 3D visualization project. Program tersebut memudahkan calon pembeli Pinarello bisa meng-custom warna sesuai pilihannya sendiri untuk varian Dogma F. Program di website ini dibangun dengan bahasa programming dari gaming, sehingga custom secara online ini bisa sangat menarik. Dengan pemilihan kombinasi warna sendiri ini, pembeli bisa membuat hanya satu-satunya Dogma F yang ada di dunia. Melalui website tersebut, pembeli bisa mencari paduan dari ribuan macam warna. Tak hanya itu, secara real time, pembeli bisa menyaksikan langsung bagaimana jika warna itu diaplikasikan ke frame.

Baca juga  Info Terbaru Harga Sepeda Dahon di Indonesia (Semua Tipe)

Cara Membuat Desain Pinarello Dogma di MyWay 3D Visualization Project

  • Masuk ke website Pinarello lalu pilih menu MyWay.
  • Pilih salah satu dari tiga pilihan tema desain.
  • Selanjutnya tinggal pilih ribuan warna yang bisa dipadu padankan sesuai selera dan kreasi. Setelah selesai, tinggal disimpan.
  • Menu selanjutnya adalah pemilihan rem mau disc brake atau rim brake. Setelah itu selesai, pembeli membuat akun yang akan direferensikan ke diler Pinarello terdekat.

Pinarello sebenarnya tidak sering membuat edisi MyWay ini dalam setahun. Meski sudah bisa memvisualkan secara 3D, tetapi Pinarello tetap membuat disclaimer bahwa warna yang dipilih akan berbeda antara tampilan layar dengan aslinya, sehingga pembeli tidak boleh mengajukan komplain. Setiap frame Pinarello Dogma F MyWay ini akan dicat tangan oleh desainer Pinarello di di Villorba, Italia. Setiap frame Dogma F ini akan dirakit menggunakan SRAM Red AXS atau Shimano Dura-Ace R9200, tergantung pilihan dari pembeli.

Di Indonesia, roadbike termurah dipegang merek-merek lokal seperti United, Polygon, dan Pacific. Paling populer milik Polygon dengan tipe Strattos S2 yang saat ini ditawarkan seharga Rp6,5 jutaan, naik dari tahun lalu yang ‘hanya’ Rp5 jutaan per unit. Sementara itu, untuk merek-merek luar negeri, harganya bisa di atas Rp8 jutaan bergantung pada groupset, wheelset, dan printilan lain yang dipakai.

[1] Widyantoro, Achmad Oddy. 2020. Outdoor Lighting For Cycling Photography. Jakarta: Sedayu Sukses Makmur, hlm. 24.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.