Dosis, Efek Samping, dan Harga Sterimar Baby Nasal Spray Terbaru

Masalah hidung tersumbat pada bayi bisa menjadi hal yang sangat buruk. Pasalnya, dibandingkan orang dewasa, perawatan kesehatan pada bayi memang harus dilakukan lebih hati-hati. Nah, untuk keperluan tersebut, saat ini sudah ada beberapa produk obat semprot yang memang ditujukan untuk bayi, misalnya Sterimar Baby Nasal Spray, yang dijual dengan harga berkisar puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah.

Ilustrasi: memberikan nasal spray pada bayi (sumber: firstcry.com)
Ilustrasi: memberikan nasal spray pada bayi (sumber: firstcry.com)

Seperti disampaikan di atas, mengatasi masalah hidung tersumbat pada bayi memang bisa membuat orang tua panik. Pasalnya, bayi hanya bisa rewel tanpa mengetahui ketidaknyamanan yang ia rasakan sendiri. Pada saat seperti ini, sebagai orang tua, Anda diharuskan untuk tetap tenang dan melakukan beberapa cara untuk membantu mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari Alodokter.com, masalah hidung tersumbat pada bayi tidak hanya disebabkan adanya penumpukan cairan hidung atau ingus di dalam hidung bayi. Masalah ini juga dapat terjadi karena pada saat bayi pilek, bagian hidung, pembuluh darah, dan jaringan hidung yang berdekatan mengalami pembengkakan. Kondisi hidung seperti inilah yang membuat bayi akhirnya kesulitan bernapas dan menjadi sangat rewel. Pasalnya, meski hidungnya merasa tidak nyaman, namun ia tidak tahu apa yang harus ia lakukan.

Masalah hidung tersumbat pada bayi umum terjadi ketika ia masih memasuki tahun pertama. Di periode ini, bayi biasanya akan lebih mudah terkena pilek atau flu. Hal ini terjadi karena sistem daya tahan tubuh si bayi belum terbentuk dengan baik, sehingga mudah terinfeksi virus yang menyerang tenggorokan dan hidung. Pilek ditandai dengan munculnya ingus dan hidung tersumbat. Selain itu, infeksi, paparan polusi, dan asap rokok juga bisa menyebabkan iritasi pada pernapasan bayi sehingga menimbulkan hidung tersumbat.

Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga MSI Gold Beauty Face Mist

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melegakan hidung tersumbat pada bayi adalah menggunakan cairan saline. Saline, seperti dilansir Hellosehat.com, adalah obat semprot hidung (sering juga disebut nasal spray) yang aman digunakan oleh bayi, balita, dan anak-anak. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi produksi lendir yang menyumbat hidung.

Dikutip dari Health, seorang dokter anak di Northern Youth Consultations Service bernama Peter Cardiello, MD, menuturkan bahwa jika bayi Anda sesak dan mengalami kesulitan bernapas, salah satu obat alami yang bisa dipakai adalah membersihkan hidung dengan cairan saline. Gunakan dua hingga tiga tetes per lubang hidung saat bayi berbaring telentang.

Di pasaran, larutan atau cairan saline biasanya tersedia dalam bentuk obat semprot. Jika Anda memilih menggunakan obat ini, Anda bisa menyemprotkan obat sebanyak dua hingga tiga kali melalui lubang hidung si kecil. Sementara, apabila Anda memilih menggunakan saline dalam bentuk obat tetes, seperti disampaikan di atas, Anda bisa meneteskan obat sebanyak dua hingga tiga kali ke masing-masing lubang hidung ketika bayi dalam posisi telentang. Tunggu selama 60 detik, dan biasanya lendir akan keluar dan bayi akan bersin atau batuk.

Sterimar baby nasal spray (sumber: 100comments.com)
Sterimar baby nasal spray (sumber: 100comments.com)

Sterimar Baby Nasal Spray

Saat ini, sudah banyak yang meluncurkan obat semprot untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Salah satu merek yang cukup populer di kalangan orang tua adalah Sterimar Baby Nasal Spray. Diproduksi oleh PT Sofibel Laboratoires Fumouze, ini adalah obat yang diklaim ampuh untuk meringankan gatal pada hidung bayi akibat iritasi alergen, seperti debu atau kotoran, yang mengakibatkan hidung bayi tersumbat.

Baca juga  Kegunaan dan Update Harga Cream of Tartar Berbagai Merk

Obat ini sendiri mengandung 0,65 persen larutan Sea Water dan Purified Water, yaitu larutan isotonis yang memiliki meringankan inflamasi membran hidung dengan mengencerkan lendir atau ingus supaya mudah keluar sekaligus melembapkan hidung yang kering. Di samping itu, Sterimar Baby Nasal Spray juga dikatakan efektif untuk membantu menjaga kebersihan hidung bayi.

Dosis Sterimar Baby Nasal Spray

Sterimar Baby Nasal Spray dapat Anda berikan pada bayi dengan cara menyemprotkan sebanyak dua hingga tiga kali ke lubang hidung. Semprotkan obat ini dua sampai enam kali sehari. Pertama-tama, Anda baringkan bayi, kemudian masukkan ujung botol Sterimar Baby Nasal Spray secara perlahan ke dalam lubang hidung, tekan botol perlahan, dan biarkan cairan keluar dari hidung sebelum dibersihkan. Ulangi lagi, lalu bersihkan ujung botol dengan air sabun dan keringkan.

Sterimar Baby Nasal Spray

Setiap obat pasti memiliki efek samping, yang bisa berbeda-beda untuk setiap individu. Namun, hingga detik ini, masih belum dilaporkan adanya dari penggunaan Sterimar Baby Nasal Spray. Meski demikian, Sterimar Baby Nasal Spray tidak dapat digunakan pada bayi yang memiliki reaksi alergi berlebih (hypersensitive) terhadap air laut.

Ilustrasi: bayi memakai nasal spray (sumber: lazada)
Ilustrasi: bayi memakai nasal spray (sumber: lazada)

Tidak susah mendapatkan Sterimar Baby Nasal Spray. Anda bisa membeli obat ini di berbagai apotek terdekat di kota Anda atau di situs beli online. Di pasaran dalam negeri, Sterimar Baby Nasal Spray sekarang dijual dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah, untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tabel berikut.

Baca juga  Dosis dan Update Harga Siclidon (Doxycycline) 100 mg

Harga Sterimar Baby Nasal Spray

Tempat Sterimar Baby Nasal Spray Harga
Apotek Rp176.476
Situs E-Commerce Rp134.000 – Rp170.200

Jika dibandingkan dengan harga Sterimar Baby Nasal Spray pada tahun 2020, harga Sterimar Baby Nasal Spray pada tahun 2021 mengalami kenaikan, tetapi turun di tahun 2022. Pada tahun 2020, harga Sterimar Baby Nasal Spray di apotik Rp135 ribuan, naik menjadi Rp180 ribuan tahun 2021, tetapi turun menjadi Rp176 ribuan tahun 2022 per botol isi 50 ml.

Selain menggunakan obat semprot dan obat tetes, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Anda bisa membantu bayi membuang ingus karena mereka belum bisa melakukannya sendiri. Cara yang lain adalah melakukan penguapan dengan satu baskom air hangat atau mandi air hangat, menepuk punggung bayi secara perlahan, dan menggunakan mesin pelembap udara atau humidifier yang akan membuat udara di ruangan menjadi hangat dan lembap.

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *