Harga Senapan Angin PCP Mouser OD 32

No comment 47 views

Bagi Anda yang hobi olahraga menembak, pasti sudah tidak asing lagi dengan Mouser OD 32. Ini adalah salah satu senapan angin PCP yang cukup laris di . Awalnya banyak digunakan untuk berburu hama tikus yang mengganggu di kebun atau , saat ini senapan angin tersebut lebih banyak dipakai untuk ajang perlombaan atau kompetisi. Di sendiri, senapan angin PCP Mouser OD 32 ditawarkan di kisaran Rp2 jutaan.

Menurut Wikipedia, senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatik yang menembakkan peluru dengan menggunakan tenaga udara atau sejenis gas tertentu yang dimampatkan. Senapan ini biasanya digunakan untuk olahraga atau berburu binatang kecil seperti burung, kelinci, tupai, dan babi hutan. Peluru yang digunakan pun tidak terlalu besar, yaitu berukuran kaliber 4,5 mm dan 5,5 mm, yang biasanya terbuat dari bahan timah.

PCP Mouser OD 32 - www.tokopedia.com

PCP Mouser OD 32 - www.tokopedia.com

Masih menurut sumber yang sama, senapan angin pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat ketika sedang berlangsung perang kemerdekaan melawan Inggris. Kala itu, senapan angin dapat membunuh seekor anak sapi/lembu dalam jarak tembak 10 meter di bagian kepala. Mengenai jarak tembak sendiri, bergantung pada jenis senapan angin. Untuk yang bertipe pegas, memiliki jarak tembak efektif 30 hingga 40 meter (tergantung bahan dan pegas), sedangkan pompa punya jarak tembak efektif 40 meter(tergantung kekuatan memompa), dan gas memiliki jarak tembak efektif 60 meter(tergantung pada penyetelan kekuatan).

Setidaknya, ada dua tipe senapan angin yang banyak digunakan oleh masyarakat. Tipe pertama adalah senapan angin per atau pegas untuk memompa udara yang kemudian mendorong peluru. Senapan angin ini dibagi lagi menjadi tipe under lever, tipe side lever, dan tipe patah laras, yang didasarkan pada cara pegas ditekan sehingga senapan dalam keadaan siap tembak.

Sementara, tipe kedua adalah senapan angin tipe pompa, yang menggunakan pum action yang terintegrasi untuk memampatkan udara, kemudian dilepas untuk melontarkan peluru. Senapan tipe pompa sendiri terbagi menjadi dua model, yaitu knock open valve dan dumping system. Sistem knock open valve menggunakan pemukul seperti senjata api pada bagian dalam serta pelatuk yang mirip pistol colt. Sementara, dumping system memakai klep yang dapat terbuka penuh pada saat trigger dipicu.

Lalu, bagaimana dengan senapan angin PCP? Ini adalah senapan angin yang diklaim sebagai rajanya. Dari semua tipe, senapan angin PCP atau pre-charged pneumatik ini dikatakan yang paling serbaguna. Model ini umumnya menggunakan silinder udara bertekanan untuk meluncurkan mimis downrange dengan akurasi dan konsistensi yang diklaim luar biasa.

Cara kerja senapan angin tipe PCP sendiri tergolong sederhana. Pengguna cukup mengisi ulang silinder dari tabung angin scuba yang telah diisi sebelumnya atau tangki udara serat karbon, atau dari teko tekanan tinggi dan kompresor. Senapan ini biasanya dipompa menggunakan tabung gas atau pompa mekanis konvensional.

Menggunakan sumber udara bertekanan, senapan angin PCP biasanya memiliki tekanan yang cukup besar, antara 2.000 sampai 3.000 psi, dan dapat melontarkan peluru sampai kecepatan lebih dari 1.000 fps. Senapan angin ini biasa digunakan pada small atau medium hunting, bisa memakai tipe pellets, termasuk tipe pile driver yang membutuhkan tekanan angin tinggi di atas 1.500 psi, untuk menghasilkan daya lontar peluru yang optimal.

Senapan angin tipe PCP sendiri memiliki beberapa keunggulan dibandingkan tipe lainnya. Ketika terisi penuh, sebagian besar senapan angin PCP dapat menembakkan 30 atau lebih putaran pada kecepatan yang konsisten sebelum harus mengisi ulang silinder. Konsistensi ini adalah salah satu alasan bahwa senapan angin PCP mendominasi kompetisi lomba menembak 10 meter dan lapangan.

Kelebihan lainnya adalah dengan PCP, pembuat senapan angin tidak harus memasukkan cartridge CO2, memompa senapan angin mereka di antara setiap tembakan. Setelah tangki terisi, penembak bisa menembak, setelah sebelumnya diisi ulang. Banyak PCP menampilkan multi-shot rotary magazines dan beberapa putaran dengan putaran pergelangan tangan.

Spesifikasi Senapan Angin PCP Mouser

Senapan angin PCP sendiri telah hadir dalam berbagai model. Salah satu yang cukup populer adalah PCP Mouser. Senapan angin ini, seperti diuraikan di atas, sebelumnya lebih banyak digunakan untuk berburu hama tikus di kebun dan rumah. Sekarang, senapan angin PCP Mouser lebih sering dipakai untuk ajang perlombaan atau kompetisi menembak.

PCP Mouser OD 32 - www.tokopedia.com

PCP Mouser OD 32 - www.tokopedia.com

Secara umum, senapan angin PCP Mouser ini memiliki panjang keseluruhan 105 cm, dengan panjang laras sekitar 60 cm. ini memiliki OD laras baja ukuran 14/12/22 mm, dengan berat senapan kurang lebih 4 kg. Umumnya menggunakan tabung dural OD 28 mm atau 32 mm, senapan angin ini diklaim mampu mencapai akurasi di jarak hingga 30 meter.

Harga Senapan Angin PCP Mouser

Tidak sulit mendapatkan senapan angin PCP Mouser. Pasalnya, sudah banyak pedagang yang menawarkan senjata ini, baik secara offline maupun online. Di pasaran dalam negeri, harga senapan angin PCP Mouser 32 sekarang berada di kisaran Rp2,3 juta sampai Rp2,8 jutaan untuk varian standar. Sementara, model spesial ditawarkan dengan harga sekitar Rp3,45 jutaan per unit.

Namun, sebelum memutuskan membeli senapan angin, Anda sebaiknya telah memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai senjata ini. Tentukan tujuan pembelian senapan angin, rasakan sensasi senapan ketika dipegang, perhatikan spesifikasi yang dibawa, serta pastikan ketersediaan aksesoris senapan. Jika Anda memiliki bujet berlebih, tidak ada salahnya membeli senapan angin yang telah dilengkapi paket teleskop, peredam, dan tali sandang.

Baca juga  Daftar Lengkap Harga Beton Cor (Ready Mix) Holcim per M3
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Senapan Angin PCP Mouser OD 32"