Update Harga Isi Ban Nitrogen di SPBU

Kondisi ban yang selalu prima memang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan perjalanan Anda. Nah, jika ban kendaraan bermotor Anda saat ini kempes, sebaiknya Anda lekas-lekas untuk mengisi atau menambah tekanan angin. Selain di tukang ban di pinggir jalan, isi tekanan ban juga bisa dilakukan di outlet yang menggunakan nitrogen yang biasa berada di SPBU. Meski memiliki harga lebih mahal, tetapi pengisian ban dengan nitrogen ini diklaim punya banyak kelebihan.

Outlet isi ulang nitrogen di SPBU (sumber: ceknricek.com)
Outlet isi ulang nitrogen di SPBU (sumber: ceknricek.com)

Kelebihan Isi Ban Nitrogen

Ada beberapa kelebihan penggunaan nitrogen pada ban jika dibandingkan dengan isi tekanan angin biasa. Pertama, kalau menggunakan nitrogen, kemungkinan ban kempes akan lebih lama karena molekul nitrogen lebih tinggi dibandingkan dengan oksigen. Sebaliknya, kalau mengisi ban dengan tekanan angin biasa, tekanan angin tersebut lama-lama akan berkurang karena angin rembes di ban.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dengan menggunakan nitrogen, perubahan tekanan akan menjadi lebih sedikit meskipun temperatur ban naik atau turun dengan ekstrem. Misalnya, pada kondisi ban yang digunakan untuk balapan. Dalam kecepatan tinggi, suhu ban akan menjadi panas. Namun, jika ban tersebut diisi dengan nitrogen, maka tekanan angin tetap stabil dan tidak banyak berubah.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Keuntungan lain mengisi ban dengan nitrogen adalah ramah lingkungan, daya cengkeram dan kinerja ban lebih optimal, menghemat bahan bakar, serta bisa memperpanjang umur atau masa pakai ban. Selain itu, juga dapat meningkatkan keselamatan karena stabilitas ban lebih terjaga, selain membantu mengurangi karat. Karena sudah stabil, ban yang diisi dengan nitrogen juga tidak perlu dicek secara rutin. Bila ingin dicek, bisa dilakukan maksimal satu bulan sekali. Sementara, untuk ban yang diisi dengan tekanan angin, lebih baik diperiksa sekitar dua minggu sekali.

Di samping itu, dibandingkan dengan angin biasa, pengisian ban menggunakan nitrogen juga diklaim membuat kendaraan bermotor lebih hemat bahan bakar. Meski belum ada riset yang meneliti hal tersebut, namun dengan nitrogen, putaran ban menjadi lebih ringan, sehingga kendaraan akan bergerak lebih stabil, sehingga berefek pada pemakaian bahan bakar yang lebih irit.

Meski demikian, pengisian ban menggunakan bahan nitrogen juga tidak terlepas dari kelemahan. Kelemahan paling kentara adalah ketika Anda mengisi saat cuaca sedang hujan atau musim dingin. Pasalnya, nitrogen bakal cepat habis ketika musim dingin atau cuaca hujan karena air menyerap nitrogen tersebut, sehingga perputarannya menjadi lebih cepat. 

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Selain itu, pengisian tekanan angin pada ban menggunakan nitrogen lebih cocok diterapkan pada motor besar dan untuk motor yang digunakan perjalanan jarak jauh. Pasalnya, nitrogen memiliki molekul yang ringan, dingin, dan lebih stabil. Sebaliknya, untuk motor kecil, seperti skuter matik dan moped, yang punya bobot ringan, molekul pada nitrogen yang ringan dan dingin justru akan membuat motor terlalu enteng.

Isi Ban Nitrogen untuk Kendaraan - tracanada.ca
Isi Ban Nitrogen untuk Kendaraan – tracanada.ca

Harga Isi Nitrogen di SPBU

Keterangan Tarif
Mobil Motor
Isi Nitrogen Awal Rp10.000 per ban Rp5.000 per ban
Tambah Angin Nitrogen Rp5.000 per ban Rp3.000 per ban
Isi Nitrogen Kosong Rp5.000 per ban Rp5.000 per ban
Tambal Ban Tubeless Rp20.000 per lubang Rp15.000 per lubang
Semir Ban Rp10.000 Rp5.000

Harga isi ban menggunakan nitrogen di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi Green Nitrogen. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, tarif pengisian ban dengan nitrogen saat ini masih belum berubah. Untuk lebih detail, Anda bisa datang langsung SPBU yang menyediakan tersebut.

Isi Ban Motor Nitrogen - (motodeal.com.ph)
Isi Ban Motor Nitrogen – (motodeal.com.ph)

Ciri Outlet Isi Nitrogen Asli

Pamor yang makin melejit membuat pengisian angin nitrogen Green Nitrogen mengundang banyak persaingan. Peniru di sini bukan dalam artis segi bisnis, melainkan dari segi logo, merek, , bahkan outlet yang sangat menyerupai. Nah, untuk mendapatkan layanan terbaik, konsumen disarankan bisa membedakan outlet Green Nitrogen yang asli dan bukan di SPBU.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Outlet Green Nitrogen yang asli tersedia plang, yang merupakan identitas outlet yang benar. Outlet biasanya juga tampil lebih megah, identik dengan warna merah, dilengkapi logo Green Nitrogen dan terlihat lebih rapi. Harga outlet Green Nitrogen benar-benar sesuai dengan standardisasi Pertamina. Terdapat keterangan hotline 0851-0079-2450 sebagai pusat informasi outlet. Operator menggunakan seragam Green Nitrogen serta memberikan struk transaksi bergaransi dan berasuransi.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *