Update Harga Satu Set Tabung CO2 Untuk Aquascape

Apabila Anda hobi memelihara di dalam akuarium, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan Aquascape. Aquascape merupakan suatu dari lanskap ekosistem di alam yang kemudian dipindahkan dalam bentuk sebuah miniatur ekosistem buatan dalam wadah akuarium. Namun jika akuarium biasa menggunakan rumput atau hias, karang, dan pernak-pernik buatan, maka Aquascape ini fokus utamanya adalah , batu, dan kayu sebagai media pertumbuhan.

Aquascape, seni miniatur lansekap ekosistem air

Aquascape, seni miniatur lansekap ekosistem air (sumber: thegreenmachine.com)

Secara sederhana, Aquascape dapat dikatakan sebagai bentuk ekosistem atau biota laut kecil. Umumnya, setelah Aquascape berumur 2 bulan, ekosistemnya sudah mulai tercipta. Untuk jenis tanamannya sendiri, ada banyak pilihan. Rata-rata pelaku hobi ini menggunakan tanaman yang mudah dirawat, karena ada beberapa tanaman air yang memerlukan teknik tinggi dalam perkembangbiakannya.

Ada 4 faktor utama dalam Aquascape, yakni lighting atau pencahayaan (pengganti matahari untuk fotosintesis), CO2 untuk tanaman, nutrisi atau pupuk pada tanaman, dan filter (saringan untuk menjaga air). Selain itu, juga perlu diperhatikan suhu air yang dijaga antara 26-28 derajat Celcius, tingkat keasaman air (pH) dengan rentang nilai 1-14, kandungan mineral dalam air (Ca, Mg, Sr, Fe, Mn, dan sebagainya), serta karbondioksida (CO2) dan oksigen (O2) terlarut.

Khusus untuk CO2, meski merupakan utama, akan tetapi juga perlu diperhatikan kadar kebutuhannya. Pasalnya, jika terlalu banyak CO2, akan menyebabkan ikan sering mengapung ke permukaan air dan cepat mati.

Baca juga  Harga Terbaru Berbagai Jenis & Merek Alat Selam/Diving Termurah

CO2 sendiri memiliki beberapa komponen. Komponen pertama tentunya untuk menyimpan gas CO2 agar bisa bertahan cukup lama sesuai dengan dan cara penggunaannya. ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 0,5 liter hingga 3 liter. Namun, umumnya ini dijual sesuai dengan berat .

Selain itu, perlengkapan lain yang harus ada di dalam tabung CO2 adalah regulator CO2. Alat ini berfungsi menjaga atau menstabilkan pengeluaran gas CO2 dari tabung. Di samping itu, memudahkan pengguna untuk melakukan setting besar atau kecilnya pengeluaran gas yang diinginkan. Jadi regulator ini adalah suatu alat pengatur tekanan yang berfungsi sebagai penyalur dan mengatur serta menstabilkan tekanan gas yang keluar dari tabung supaya aliran gas menjadi konstan.

Namun, sampai saat ini masih banyak ditemui kasus salah dalam memasang regulator CO2, cara memasang dan melepaskan regulator CO2 yang baik dan benar adalah pasanglah regulator CO2 hanya dengan menggunakan tangan kosong. Dengan kata lain jangan menggunakan alat bantu seperti kunci inggris atau yang lainnya.

Regulator tabung CO2 aquascape

Regulator tabung CO2 aquascape (sumber: aquaticquotient.com)

Karena regulator CO2 untuk Aquascape sudah dirancang agar dapat dipasang dengan menggunakan tangan saja. Jika Anda menggunakan alat bantu, maka yang terjadi adalah seal karet di dalam regulator akan rusak, apabila seal karet sudah rusak tentu akan sangat rentan bocor.

Untuk beberapa orang, akan menggunakan selotip dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya kebocoran pada regulator. Padahal dengan menggunakan selotip tidak mengurangi kebocoran, malah terkadang menjadi sumber penyebab kebocoran. Selotape ini juga menyebabkan regulator susah untuk dipasang, sehingga Aquascape terpaksa menggunakan kunci untuk mengunci regulator.

Baca juga  Info Spesifikasi dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger

Perlengkapan berikutnya adalah check valve yang berfungsi untuk menahan arus balik dari air yang ada di dalam akuarium agar tidak masuk ke dalam tabung ketika gas CO2 habis, atau semacam jalur one way. Satu buah check valve ini dijual di pasaran mulai Rp25 ribuan.

Ada lagi bubble counter, yakni alat yang berfungsi untuk memudahkan dalam menghitung banyaknya suplai CO2 ke dalam akuarium. Berbagai bentuk dan merek bubble counter  tersedia banyak di pasaran mulai dari yang lokal sampai dengan impor. Bubble counter yang banyak dipakai antara lain merek-merek seperti Ista, Up, dan Azoo. Bubble counter juga memiliki macam-macam bentuk. Harga bubble counter ini sekitar Rp35 ribuan hingga Rp40 ribuan per buahnya.

Selanjutnya adalah diffuser, yang berfungsi sebagai alat output untuk gas CO2 di dalam akuarium. Gas yang keluar akan menjadi halus sehingga mudah tersebar di dalam akuarium. Diffuser saat ini dijual dengan harga kisaran Rp60.000.

Sementara itu perlengkapan yang terakhir adalah CO2 reactor yang mempunyai peranan untuk mencampur gas CO2 ke dalam air sebelum masuk ke akuarium. Alat ini dijual mulai Rp90 ribuan hingga Rp120.000, tergantung dari ukurannya. Berikut rincian lengkap harga satu set tabung CO2.

Baca juga  Harga Top Up Diamond Free Fire di Codashop

Daftar harga satu set tabung CO2

Tabung CO2 Aquaspace - (Sumber: anekaaquascape.info)

Tabung CO2 Aquaspace - (Sumber: anekaaquascape.info)

Jenis dan Berat TabungKisaran Harga
Tabung CO2 Aquascape 5 kgRp600.000
Ista Tabung CO2 Aquascape Aluminium 3LRp1.410.000
Ista Tabung CO2 Aquascape Alumunium 2LRp1.225.000
CO2 Cair Aquascape (Pengganti Tabung)Rp50.000
CO2 Tablet Aquascape (Pengganti Tabung)Rp2.000 per satuan
Tabung Plastik Silinder CO2 Diy Aquascape Rp110.000
Tabung CO2 Aquascape Besi 3 KGRp475.000

Selain CO2 dalam bentuk tabung, di pasaran juga menyediakan sejumlah karbon dioksida untuk Aquascape dalam bentuk yang lain, misalnya berbentuk cair maupun tablet. Penggunaannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan tiap individu.

CO2 tablet merupakan tablet yang mengandung unsur CO2 dan ia akan bereaksi saat bersentuhan dengan air. Pada saat bersentuhan dengan air, tablet ini akan melepaskan kandungannya yang membuat kadar CO2 di dalam aquarium meningkat. Metode ini dirasa cocok digunakan untuk Aquascape kecil dan menengah. Solusi tersebut juga cocok untuk Anda yang memiliki aquascape dengan lahan yang tidak terlalu besar sehingga tidak dapat menaruh tabung CO2 atau botol DIY CO2 di sekitar akuarium.

Dengan menggunakan tablet CO2 ini Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan, seperti dapat menghemat biaya karena murah untuk penggunaan awal, praktis dan mudah karena hanya tinggal di letakkan di aquarium. Dan sudah banyak sekali toko yang menjual tablet CO2 ini. Namun, untuk jangka panjang, penggunaan tablet CO2 dirasa akan membuat biaya membengkak. Bahkan jauh lebih murah jika Anda menggunakan CO2 dalam bentuk tabung. Serta tablet ini juga tidak efisien untuk jenis aquarium besar.

loading...

Leave a reply "Update Harga Satu Set Tabung CO2 Untuk Aquascape"