Kandungan, Manfaat dan Harga Sarang Semut Papua per Kg

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia farmasi atau , pastinya sudah familiar dengan sarang semut Papua. Meskipun harga per kg sarang binatang ini terbilang mahal, berkat manfaatnya untuk , produk berbahan dasar sarang semut menjadi incaran banyak orang.

Kandungan dan Manfaat Sarang Semut Papua

Indonesia merupakan salah satu negara tropis yang kaya dengan rempah-rempah serta tanaman . Salah satu tanaman lokal yang tumbuh liar dan dapat ditemukan di hutan Nusantara, yaitu sarang semut Papua dengan nama ilmiah Myrmecodia pendans. Sarang semut sudah terkenal dari dulu, dan sering dijadikan sebagai oleh masyarakat pedalaman di Wamena, Papua.

Sarang Semut Papua - www.sehatq.com

Sarang Semut Papua - www.sehatq.com

Secara fisik, sarang semut Papua memiliki ujung batang yang menggelembung (hypocotyl) dan bulat saat muda. Setelah tumbuhan menginjak usia panen atau tua, batangnya menjadi lebih lonjong. Bagian luar tanaman ini diselubungi duri yang melindunginya dari pemangsa herbivora. Yang paling menarik dari sarang semut Papua, yaitu terdapat rongga-rongga yang saling terhubung. Rongga-rongga tersebut dijadikan sebagai rumah untuk kawanan semut, sehingga tanaman ini dinamakan sarang semut.[1]

Baca juga  Update Biaya Tes Rekam Jantung Elektrokardiogram (EKG) di Laboratorium dan Rumah Sakit

Sarang semut juga lebih dikenal masyarakat sebagai tanaman umbi-umbian yang sering tumbuh di dataran Papua. Tanaman ini merupakan tanaman khas Nusantara yang kaya flavonoid dan tanin. Kandungan flavonoid dalam Myrmecodia pendans diketahui sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang mampu mencegah, membersihkan, atau meniadakan efek radikal bebas.[2]

Selain diperkaya antioksidan, sarang semut Papua juga mengandung air, abu, karbohidrat, protein, lemak, NaCl, fenol. Karena kandungan zat yang terdapat di dalamnya, tak heran jika sarang semut bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Secara tradisional, suku-suku di Bogondini dan Tolikara lazim memanfaatkan sarang semut sebagai obat untuk mengatasi rematik dan asam urat.

Di masa modern saat ini, sarang semut Papua diolah menjadi obat herbal untuk mengobati penyakit kronis, seperti kanker, tumor, gangguan , koroner, stroke ringan, stroke berat, menghilangkan benjolan di area payudara, membantu mengobati lupus, mengatasi gangguan ginjal dan prostat, obat TBC, mengatasi wasir/ambeien, mengatasi migrain, mengatur alergi, serta melancarkan dan meningkatkan ASI.

Baca juga  Update Harga Salbutamol Tablet 2 Mg dan 4 Mg di Apotek

Menurut review orang yang pernah mengonsumsi sarang semut Papua, tumbuhan tersebut juga bisa dijadikan sebagai booster untuk meningkatkan daya imun dan mencegah penyakit. Beberapa orang juga mengandalkan sarang semut untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit setelah operasi atau setelah melakukan kemoterapi.

Untuk mendapatkan semua manfaat sarang semut, tentu Anda harus mengonsumsinya. Cara mengonsumsi sarang semut Papua tidak sulit, mengingat sudah banyak orang menjual sarang semut asli yang sudah dikeringkan. Karena sarang semut memiliki tekstur yang keras dan garing, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan untuk membuat teh.

Cara membuat teh sarang semut, Anda hanya perlu mengiris sedikit sarang semut siap pakai dan mencucinya dengan air bersuhu normal. Mencuci sarang semut bertujuan untuk menghilangkan kotoran atau bangkai semut yang tertinggal. Setelah sarang semut bersih, masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Jika Anda minum teh sarang semut sebagai obat, sebaiknya Anda tidak perlu menambahkan gula atau bahan lainnya.

Selain dikonsumsi dengan cara diseduh, Anda bisa membuat air rebusan sarang semut. Cara membuat air rebusan sarang semut tidak jauh berbeda dengan membuat teh sarang semut. Anda hanya perlu merebus air dalam panci dan masukkan sarang semut yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam panci. Rebus lagi hingga warna air rebusan berubah. Anda bisa menambahkan beberapa macam rempah, seperti jahe dan serai sebagai penambah rasa.

Sarang Semut Papua - www.diadona.id

Sarang Semut Papua - www.diadona.id

Harga Sarang Semut Papua

Bagi Anda yang ingin membeli sarang semut untuk membuktikan khasiat atau sekadar mencoba, Anda bisa membeli sarang semut 100 gr dengan harga sekitar Rp17.000 hingga Rp25.000. Sementara, bagi Anda yang ingin membeli sarang semut untuk keperluan harian, Anda bisa membelinya dengan 1 kg yang dijual seharga Rp210.000 hingga Rp250.000. Perlu Anda ketahui harga sarang semut Papua tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Komposisi, Manfaat, Dosis dan Harga Promavit untuk Ibu Hamil

[1] Crisnaningtyas, Farida & Andri Taruna Rachmadi. 2010. Pemanfaatan Sarang Semut (Myrmecodia pendens) asal Kalimantan Selatan Sebagai Antibakteri. Jurnal Riset Industri Hasil Hutan Vol. 2(2): 31-35.

[2] Wulan, Kholifah Nawang, dkk. 2017. Sarang Semut (Myrmecodia pendans) Sebagai Antikanker. Medula, Vol. 7(5):140-143.

loading...
author

Leave a reply "Kandungan, Manfaat dan Harga Sarang Semut Papua per Kg"