Info Terbaru Komposisi dan Harga Salep Pagoda Extra

Biasanya kulit mudah teriritasi pada sejumlah bahan tertentu yang kemudian menimbulkan rasa nyeri. Pada beberapa kondisi, Anda akan mendapatkan resep berupa salep dari dokter. Salah satu salep yang umum digunakan yakni Pagoda dengan harga yang masih terjangkau di apotek terdekat.

Mengulas soal salep, sejumlah jurnal menggambarkan salep berupa semi padat dermatologis yang menunjukkan aliran dilatan yang penting. Salep terkenal pada daerah dermatologi dan tebal, salep bersifat kental di mana pada dasarnya tidak melebur pada suhu tubuh, sehingga dapat membentuk dan menahan lapisan pelindung pada area pasta digunakan. Teksturnya yang lembek dan mudah dioleskan, maka salep digunakan sebagai obat luar untuk melindungi atau melemaskan kulit.

Ilustrasi: Mengoleskan Salep (credit: planttherapy)

Ilustrasi: Mengoleskan Salep (credit: planttherapy)

Hampir semua jenis salep tidak berbau tengik. Namun, beberapa produk salep yang dinyatakan memiliki kadar bahan obat keras atau narkotik 10% terbilang berbau tengik. Tujuan pembuatan salep yakni sebagai pengobatan pada kulit untuk melindungi kulit agar tidak terinfeksi sekaligus bersifat melembapkan. Komponen dasar salep meliputi senyawa hidrokarbon, dasar salep serap, dasar salep yang dapat dicuci dengan air, dan dasar salep yang larut dalam air. Setiap salep obat menggunakan salah satu dasar salep tersebut.

Baca juga  Harga VCO SR12 Terbaru (60 ml, 100 ml, 250 ml)

Salep memiliki beberapa sifat yang perlu dicermati, yakni sebagai berikut.

Kualitas Dasar Salep

  • Salep bersifat stabil. Selama masih dipakai mengobati, maka salep harus bebas dari inkompatibilitas, stabil pada suhu kamar dan kelembapan yang ada dalam kamar.
  • Lunak, yakni semua zat dalam keadaan halus dan seluruh produk menjadi lunak dan homogen, sebab salep digunakan untuk kulit yang teriritasi, inflamasi, dan ekskoriasi.
  • Mudah dipakai, umumnya salep tipe emulsi adalah yang paling mudah dipakai dan dihilangkan dari kulit. 
  • Terdistribusi merata, obat harus terdistribusi merata melalui dasar salep padat atau cair pada pengobatan
  • Lembut, salep mudah dioleskan serta mudah melepaskan zat aktif.

Dasar salep yang cocok yakni kompatibel secara fisika dan kimia dengan obat yang dikandungnya. Dasar salep tidak boleh merusak atau menghambat aksi terapi dari obat yang mampu melepas obatnya pada daerah yang diobati.

Pagoda Salep Extra

Penyakit kulit oleh bakteri dan jamur (dermatomikosis) adalah penyakit kulit yang paling sering diderita oleh masyarakat yang hidup di daerah tropis seperti di Indonesia. Terlebih jika tingkat seseorang yang tidak terjaga dengan baik, maka menjadi media yang baik untuk pertumbuhan jamur dan beberapa bakteri. Salah satu obat kulit topikal yang dapat memenuhi semua kriteria Dermatoterapeutika yakni Pagoda Salep Extra.

Pagoda Salep Extra mengobati penyakit kulit di mana selain zat aktifnya berperan sebagai anti-bakteri, anti-jamur, keratolitik dan antipruriginosa di mana bentuk sediaan dan cara aplikasinya sangat berperan dalam kecepatan kesembuhan penyakit kulit ini. Pagoda Salep Extra dapat mengobati penyakit kulit seperti berikut.

Salep Pagoda Extra (sumber: lalzada.co.id)

Salep Pagoda Extra (sumber: lalzada.co.id)

Indikasi Pagoda Salep Extra

  • Gatal-gatal di telapak tangan, kaki, selangkangan paha
  • Kutu air
  • Kurap
  • Kudis

Pagoda Salep Extra adalah salep kulit yang telah mengalami perbaikan formulasi, dengan meningkatnya kadar Asam Salisilat menjadi 12% akan menjadikan salep ini lebih efektif dan mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Komposisi Pagoda Salep Extra

Sulfur praecipitatum memiliki fungsi utama sebagai keratolitik agent yaitu suatu zat yang dapat menghilangkan sisik-sisik kulit kasar atau melunakkan dan menipiskan lapisan keratin. Tak hanya itu, salep ini memiliki aktivitas antifungi dan antibakteri lemah. Kandungan sulfur kerap dikombinasikan dengan asam salisilat untuk menghasilkan efek keratolitik yang sinergis. 

Sulfur dipakai sebesar 10% untuk dosis yang optimal sebagai keratolitik agent dan merupakan dosis maksimum untuk terapi scabies dan kudis sehingga akan mendapatkan hasil yang efektif. Kandungan lainnya yang terdapat dalam Pagoda salep yakni asam salisilat sebagai keratolitik agent yang sangat poten sehingga dapat meningkatkan penetrasi obat lain dan sering dikombinasikan dengan sulfur, bersifat antifungi dan antibakteri lemah.

Asam salisilat dipakai dosis 12%, diharapkan dengan dosis yang lebih tinggi dari Pagoda Salep sebelumnya dapat memberikan efek keratolitik yang kuat dan lebih efektif. Menthol dan Camphora juga terdapat dalam Pagoda salep yang berfungsi sebagai anti-iritan dan antipruriginosa (menghilangkan rangsang gatal).

Harga Salep Pagoda Extra

Anda dapat mudah menemukan produk ini di apotik terdekat. Merek Salep Pagoda Extra dijual kisaran harga Rp6.318 pada tahun . Kemudian, pada tahun 2021 harga Salep Pagoda Extra di Apotek K24 sedikit naik menjadi Rp6.390 per jar isi 10 gram. Sedangkan harga per box/dus isi 12 pcs dibanderol Rp72 ribu saja. Tak heran karena harga yang terjangkau tersebut, membuat produk ini laris di pasaran. Harga di atas tentu dapat berubah sewaktu-waktu dan berbeda pada setiap tempat.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terkini Tarif Rawat Inap RKZ Surabaya
author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Terbaru Komposisi dan Harga Salep Pagoda Extra"