Harga Rangka eSAF Honda (Genio, BeAT, Scoopy, Vario)

Pada pertengahan 2023, dunia Indonesia dihebohkan dengan kasus rangka eSAF pada sepeda motor Honda yang mengalami karat, keropos, bahkan hingga patah. Pertama kali dipakai pada tahun 2019, sejumlah kuda besi pabrikan berlogo saya mengepak memang menggunakan rangka tersebut, seperti Honda BeAT dan Honda Vario generasi terbaru. Untuk kebutuhan penggantian, pihak PT Astra Honda Motor (AHM) juga telah menyediakan rangka tersebut dengan harga mencapai angka jutaan rupiah.

Jenis Rangka eSAF Honda - (www.cnnindonesia.com)
Jenis Rangka eSAF Honda – (www.cnnindonesia.com)

Sering pula disebut sasis atau frame, rangka dapat dikatakan telah menjadi tulang punggung kendaraan, termasuk kendaraan roda dua. Pasalnya, rangka punya peran yang sangat vital, termasuk menopang , menyatukan atau merangkai mesin serta sistem suspensi dan sistem kelistrikan menjadi satu kesatuan, dan menjadi penyangga penumpang atau beban.[1]

Bacaan Lainnya

Seperti komponen sepeda motor pada umumnya, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar rangka bisa berfungsi sebagai mestinya. Sasis diharuskan kuat dan kokoh sehingga sanggup menopang mesin dan kelengkapan kendaraan lainnya, menyangga penumpang maupun beban tanpa mengalami kerusakan atau perubahan bentuk. Frame juga harus ringan sehingga tidak terlalu membebani mesin dan memiliki nilai kelenturan yang berguna untuk meredam getaran atau guncangan berlebihan akibat tenaga mesin atau kondisi jalan yang buruk.[2]

Ada beberapa jenis rangka sudah diaplikasikan untuk sepeda motor. Model pertama adalah rangka trellis, sering pula disebut rangka tubular, diklaim menjadi rangka paling kuat sehingga masih digunakan hingga detik ini. Model lainnya adalah rangka perimeter, yakni rangka yang secara prinsip sama seperti trellis, tetapi dengan proses pembuatan yang lebih mudah. Ada pula rangka monocoque, sebuah rangka dengan massa yang sangat ringan, tetapi tetap kokoh, karena terbuat dari carbon fiber dan sering dipakai untuk motor sport performa tinggi.[3]

Apa Itu Rangka eSAF?

Lalu, bagaimana dengan rangka eSAF? Merupakan akronim dari enhanced Smart Architecture Frame, ini merupakan teknologi rangka terbaru Honda yang pertama kali disematkan pada Honda Genio pada tahun 2019 silam. Sepeda motor Honda lainnya yang juga memakai frame ini adalah Honda BeAT 2020, Honda BeAT 2020, Honda Scoopy 2020, dan Honda Vario 160 2022.

Mengutip keterangan Heronusa Honda, Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses produksi mutakhir seperti proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling, sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan, dan nyaman saat bermanuver. Rangka eSAF ini bahkan diklaim mampu memberi pemanfaatan ruang yang semakin efisien, terbukti dengan kapasitas luas bagasi yang mencapai 14 liter dan kapasitas tangki bahan bakar 4,2 liter pada Honda Genio.

Secara tampilan, bentuk rangka eSAF tidak bulat seperti pipa dan memakai plat baja yang di-press dan dilas memakai laser welding sehingga berbeda dengan rangka biasa. PT AHM mengklaim rangka eSAF lebih ringan 8 persen dibandingkan rangka skutik Honda sebelumnya, sehingga konsumsi bahan bakar motor pun lebih irit. Honda BeAT misalnya bisa menempuh jarak hingga 60,6 km dengan 1 liter bensin (fitur ISS on), sedangkan konsumsi bensin Honda Vario 160 adalah 46,9 km per liter, dan Honda Scoopy sekitar 59 km per liter.

Sayangnya, seperti disinggung di atas, pada medio tahun 2023, sejumlah konsumen mengeluhkan rangka ini. Beberapa pengguna motor Honda mengaku bahwa kuda besi mereka yang menggunakan rangka eSAF ini mengalami patah. Selain itu, tidak sedikit yang mengatakan bahwa sasis motor ini berkarat dan keropos.

Menurut beberapa ahli, patahnya rangka eSAF bisa disebabkan beberapa faktor. Salah satu yang paling sering adalah pemakaian sepeda motor yang lama sehingga terjadi proses korosi yang menyebabkan menjadi lebih tipis. Selain itu, rangka, tidak cuma model eSAF, juga rentan patah apabila menopang beban yang melebihi kekuatan struktur.

Pihak Honda sendiri tidak tinggal diam untuk mengatasi keluhan pelanggan. Mereka mengklaim sudah turun tangan dan melakukan investigasi mengenai kasus tersebut. Pabrikan pun tidak lepas tangan begitu saja dan bertanggung jawab dengan memberikan garansi penggantian rangka motor dengan syarat. Garansi rangka dan sistem kelistrikan sepeda motor Honda berlaku 1 tahun atau 10.000 km, tergantung yang lebih dulu dicapai.

Lalu, bagaimana dengan konsumen yang sudah habis masa garansinya? Mereka dapat memesan rangka eSAF ke beberapa dealer Honda terdekat. Harga rangka eSAF bervariasi, tergantung tipe sepeda motor yang dipakai, tetapi berada di kisaran Rp1 jutaan. Berikut informasi harga rangka eSAF untuk sepeda motor Honda saat ini.

Varian Rangka eSAF Honda - (otomotif.kompas.com)
Varian Rangka eSAF Honda – (otomotif.kompas.com)

Harga Rangka eSAF

Varian Rangka eSAF Harga
Rangka eSAF Honda Genio 50100K0JN00 Rp1.120.000
Rangka eSAF Honda BeAT 50100K1AN00 Rp1.150.000
Rangka eSAF Honda Scoopy 50100K2FN00 Rp1.150.000
Rangka eSAF Honda Vario 160 50100K2SN00 & 50100K2SN10 Rp1.370.500

Informasi harga rangka eSAF di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk laman resmi Daya Part Shop milik PT Daya Adicipta Motora selaku main dealer sepeda motor Honda di Jawa Barat. Perlu Anda catat bahwa harga rangka eSAF tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga rangka di masing-masing dealer Honda kemungkinan bisa berbeda.

[1] Nugraha, Beni Setya. 2005. Modul Chasis Sepeda Motor. Sistem Perencanaan Program dan Penganggaran (SP4) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY, hlm. 9.

[2] Ibid.

[3] Nugraha, Nur Alif Fitria, Andhika Estiyono, Arie Kurniawan. 2020. Implementasi Rangka untuk Sepeda Motor Sport Elektrik Setara 250cc. Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 9(1): 52-57.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *