Update Kisaran Biaya Hidup di Melbourne dan Sydney

Selain negara-negara di kawasan Asia Tenggara, Australia juga menjadi rujukan banyak orang yang ingin melanjutkan studi atau bekerja. Pasalnya, jarak Negeri Kangguru memang lumayan dekat, sekitar empat jam saja menggunakan pesawat udara. Ada banyak kota yang dapat dituju saat memutuskan melanjutkan hidup di Australia, tetapi dua yang mungkin paling populer adalah Melbourne dan Sydney. Layaknya hidup di luar tempat tinggal, Anda pun harus memperhitungkan biaya pengeluaran selama berdomisili di negara tersebut.

Ilustrasi: kelas kuliah di universitas (sumber: universitas123.com)
Ilustrasi: kelas kuliah di universitas (sumber: universitas123.com)

Kenapa Memilih Melbourne?

Seperti yang disinggung di atas, salah satu kota di Australia yang sangat direkomendasikan untuk melanjutkan pendidikan maupun meniti karier adalah Melbourne. Ada banyak alasan kenapa kota terpadat di negara bagian Victoria sekaligus kota terpadat kedua di Australia dan Oceania ini menjadi incaran sejumlah pelancong, termasuk dari Indonesia.

Bacaan Lainnya

Mengutip situs Study Melbourne, berkali-kali kota tersebut dinobatkan sebagai salah satu kota paling layak huni di dunia. Gelar ini diberikan kepada kota dengan skor tertinggi dalam hal stabilitas, layanan kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur. Ketika Anda belajar di Melbourne, Anda akan tinggal di kota yang aman dan meriah, yang menawarkan pilihan studi dan layanan berkelas dunia, serta berbagai .

Untuk sektor pendidikan, Melbourne diklaim sebagai kota pelajar terbaik di Australia dan kota pelajar terbaik ketiga di dunia, menurut survei Kota-kota Pelajar Terbaik QS yang bergengsi. Fitur utama Victoria, misalnya standar dan kualitas hidup yang tinggi, masyarakat multikultural yang dinamis, serta inklusi sosial, telah menarik 200 ribu pelajar internasional ke Victoria pada tahun 2017.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Walaupun jumlah penduduknya sangat padat, Melbourne tetap menawarkan kenyamanan untuk tinggal. Anda masih bisa menemukan ketenangan pedesaan dalam perjalanan yang singkat. Lanskap Victoria sangat beraneka ragam, meliputi pegunungan yang tertutup salju, pantai yang luas, daerah gurun yang mencolok, dan kota-kota bersejarah yang menawan.

Tidak hanya itu, Melbourne juga memiliki segalanya untuk liburan. Anda dapat menjelajahi jalan-jalan kecil di pusat kota sambil melihat seni jalanan yang penuh warna, kafe al fresco, bar, dan butik-butik unik untuk berbelanja. Melbourne pun sudah didukung kedai-kedai kopi, , hingga tempat makan dengan harga murah.  

Nah, apabila Anda sudah menetapkan hati untuk tinggal di Melbourne, Anda tentu saja juga harus memperhitungkan biaya yang perlu dikeluarkan selama hidup di sana. Jika Anda adalah , selain biaya kuliah, biaya yang perlu Anda persiapkan termasuk biaya makan sehari-hari, biaya transportasi, biaya tempat tinggal, hingga biaya untuk kebutuhan memasak atau mencuci pakaian.

University of Sydney (sumber: sydney.edu.au)
University of Sydney (sumber: sydney.edu.au)

Biaya Hidup di Melbourne

Komponen Biaya Kisaran Biaya
Sewa Tempat Tinggal AUD 385 per minggu
Makan AUD 80 – AUD 150 per minggu
Listrik dan Gas AUD 40 – AUD 100 per minggu
Transportasi AUD 40 – AUD 50 per minggu
Internet dan Telepon AUD 20 – AUD 50 per minggu
Lain-Lain AUD 30 – AUD 100  per minggu
Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Informasi biaya hidup di Melbourne tersebut sudah kami rangkum dari berbagai sumber. Saat artikel ini ditayangkan, kurs 1 AUD setara dengan Rp10 ribuan. Perlu Anda catat bahwa biaya di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan tahun lalu, biaya sewa tempat tinggal yang mengalami kenaikan signifikan dari AUD 150 sampai AUD 300 menjadi AUD 385 per minggu, bahkan bisa AUD 400 per pekan.

Alasan Memilih Sydney

Selain Melbourne, kota populer lainnya di Australia yang dapat Anda jadikan tu7juan melanjutkan studi atau bekerja adalah Sydney. Ini adalah kota terbesar di Negeri Kangguru dan termasuk wilayah negara bagian New South Wales. Sydney dianggap cocok bagi pendatang lantaran sudah tersohor sebagai kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai tujuan utama banyak imigran.

Karena merupakan kota yang multikultural, di sepanjang jalan-jalan di Sydney, Anda akan melihat dan mendengar pengaruh budaya dari berbagai negara, termasuk Italia, Tiongkok, Irlandia, India, dan Jerman. Sydney bahkan merayakan keberagaman ini melalui banyak festival dan pesta, seperti Tahun Baru Imlek dan Musim Semi India.

Tidak hanya itu, Sydney juga kaya akan tempat . Pantai masih menjadi tujuan populer pelancong selama liburan di kota ini. Namun, jika Anda bosan dengan pantai, Anda bisa menyewa mobil untuk mengunjungi Blue Mountains, Jervis Bay, Port Stephens, atau Royal National Park hanya dalam waktu satu jam berkendara.

Baca juga  Peluang dan Prospek Kerja di Bidang Farmasi

Untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Sydney juga memiliki segudang kampus kelas atas dan telah diakui secara global. University of Sydney misalnya, saat ini menduduki urutan ke-38 sebagai kampus terbaik di dunia, memiliki setidaknya 90 pusat penelitian yang memungkinkan para mahasiswa untuk mendalami bidang keilmuan yang akan dipelajari.

Rekomendasi kampus oke lainnya adalah University of New South Wales atau yang biasanya disingkat dengan sebutan UNSW. Universitas ini berada di peringkat terbaik ke-43 dunia. Saat ini, tercatat lebih dari 20 ribu mahasiswa internasional yang sudah menempuh pendidikan di UNSW. Ada pula University of Technology Sydney, Macquarie University, dan Western Sydney University.

Biaya Hidup di Melbourne - (www.broadsheet.com.au)
Biaya Hidup di Melbourne – (www.broadsheet.com.au)

Biaya Hidup di Sydney

Komponen Biaya Kisaran Biaya
Sewa Tempat Tinggal AUD 1.502 per minggu
Listrik AUD 405 per minggu
Transportasi Umum AUD 26,8 per minggu
Makan Memasak Sendiri : AUD 25 per minggu
Makan di Restoran : AUD 514,8 per minggu
Lain-Lain AUD 50

Informasi biaya hidup di Sydney tersebut juga kami rangkum Jika dibandingkan tahun lalu, biaya tinggal di Sydney saat ini memang cenderung naik, Biaya sewa tempat tinggal misalnya, awalnya rata-rata AUD 375 dan sekarang menjadi AUD 1.502. Tingginya kenaikan tersebut lantaran jumlah tempat tinggal semakin minim. Sementara itu, berdasarkan data Forbes, harga makanan di Sydney saat ini mengalami kenaikan rata-rata 10 persen dibandingkan tahun 2022 lantaran adanya inflasi.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *