Info Terkini Harga Kain TC (Tetoron Cotton) per Meter dan per Roll

Kain katun merupakan salah satu kain yang banyak digunakan sebagai bahan konveksi, terutama untuk kaos. Produk tersebut ternyata dapat dibagi menjadi beberapa , salah satunya kain TC atau Tetoron Cotton. Bisa disebut juga sebagai Polyester Cotton, harga kain TC ini relatif terjangkau, sehingga cukup diminati sebagai bahan untuk seragam.

Kain Tetoron Cotton - jenisbahankaosbh.blogspot.co.id
Kain Tetoron Cotton – jenisbahankaosbh.blogspot.co.id

Tetoron sebelumnya merupakan merk dagang dari produk fiber polyester yang diproduksi Teijin dan Toray Industries sejak tahun 1958 silam. Sebenarnya, nama “Tetoron” ini didapatkan dari hasil kontes yang dilakukan Toray untuk mencari nama produk dari serat polyester yang mereka produksi tersebut. Akhirnya, nama Tetoron yang kemudian terpilih.

Bacaan Lainnya

Karena terbuat dari pencampuran serat polyester dan cotton, kain ini sering disebut sama dengan jenis kain CVC (Chief Value Cotton). Namun sebenarnya, kedua kain ini memiliki perbedaan yang mendasar. Jika kain CVC lebih banyak mengandung unsur katun, maka kain TC lebih didominasi serat polyester.

Komposisi Kain TC

Seperti diuraikan sebelumnya, serat polyester pada kain TC lebih banyak dibandingkan kandungan katun. Ini berarti, kandungan serat polyester pada kain TC mencapai di atas 50 persen, bisa 55 persen polyester + 45 persen katun atau 65 persen polyester + 35 persen katun, tergantung kualitas kain TC itu sendiri.

Di awal kemunculannya, kain TC ini ditujukan untuk mengisi ceruk baru akibat kelemahan yang dimiliki kain katun, yaitu mudah kusut dan kekuatan tarik serat yang relatif rendah dibandingkan serat sintetis. Sebaliknya, kelemahan kain yang terbuat dari serat sintetis terutama tidak mampu menyerap keringat sehingga terasa panas bagi pemakai.

Selain sebagai kain, bahan TC ini sebenarnya pernah juga dicoba untuk batik (batik tetoron). Namun, batik tetoron terkendala pada pewarnaan dan pelorodan akibat tendensi pelekatan yang lebih lekat pada kain tetoron dibandingkan kain jenis mori. Hal ini kemudian diatasi dengan menambahkan soda abu pada air lorodan.

Anda harus menambahkan bahan penguat pada tinta jika Anda melakukan pencetakan di atas kain TC, bertujuan untuk menjaga agar tinta menempel pada kain lebih baik. Apabila Anda tidak menambahkan bahan penguat, seringkali tinta kurang kuat menempel pada kain TC, sehingga mengakibatkan tinta mudah luntur.[1]

Kegunaan Kain TC

  • Print sublim. Kriteria umum yang bisa dijadikan patokan adalah kain harus memiliki kandungan poliester yang tinggi. Tingginya kadar poliester membuat bahan tetoron cotton ini bisa di-sublim.
  • Bahan seragam. Kandungan serat kain sintetis yang tinggi pada kain TC membuat seragam yang dihasilkan tidak gampang kusut dan tidak mudah bau akibat bakteri.
  • Bahan baju/kaos. Saat ini, kain TC lebih banyak digunakan sebagai bahan pembuat kaos, seperti kaos polo maupun kaos olahraga. Kandungan katunnya membuat kaos yang dihasilkan bisa lebih bagus, nyaman, dan berkualitas.

Kain TC

  • Daya tahan. Kaos dengan bahan kain TC lebih tahan saat direndam dengan larutan pemutih untuk waktu lama.
  • Kaos dengan bahan kain TC tidak mudah kusut saat diremas, sehingga tampak rapi.
  • Kain TC ditawarkan di pasaran dengan harga lebih terjangkau daripada kain lainnya.

Seperti kain katun lainnya, kain TC juga memiliki beberapa jenis ketebalan, seperti 20s, 24s, atau 30s. Ada juga bahan kaos TC yang sudah melalui proses softening atau pelembutan sehingga hasilnya menjadi lebih lembut seperti kain katun. Mengenai harga, berikut kami sajikan dalam tabel rincian harga kain TC per meter dan per roll yang berlaku saat ini.

Jenis Kain Tetoron Cotton - (medium.com)
Jenis Kain Tetoron Cotton – (medium.com)

Harga Kain TC per Meter

Jenis Kain TCHarga
Kain TC Combed 20 PutihRp37.900 per meter
Kain TC Combed 30 PutihRp55.000 per meter
Kain TC Combed 30s PutihRp65.000 per meter
Kain TC Combed 24s MST 71Rp68.000 per meter
Kain TC Combed 30 MST 71Rp79.000 per meter

Daftar harga kain TC per meter di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan konveksi dan sejumlah situs jual beli . Jika dibandingkan penawaran tahun lalu, harganya memang terpantau ada yang naik dan ada yang turun. Harga kain TC Combed 30 Putih misalnya, semula Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu per meter. Sebaliknya, harga kain TC Combed 30 MST 71 turun dari Rp88 ribu menjadi Rp79 ribu per meter.

Harga Kain per Roll

Jenis Kain TCHarga
Kain TC Combed 20 PutihRp116.000 per roll
Kain TC Combed 20 WarnaRp143.000 per roll
Kain TC Combed 30sRp170.000 per roll

Apabila dibandingkan penawaran sebelumnya, harga kain TC per roll saat ini di pasaran juga terpantau fluktuatif. Harga kain TC Combed 20 Putih misalnya, semula Rp117 ribu dan sekarang sedikit turun menjadi Rp116 ribu per roll. Sementara itu, harga kain TC Combed 20 Warna naik dari Rp137 ribu menjadi Rp145 ribu per roll.

(Panca)

[1] Rahardjo, Benny Setiawan. 2013. Basic Screen Printing for T-Shirt. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm, 105

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *