Info Harga Pucuk Merah Ukuran Kecil, 1-2 meter di Pasaran

Daun pucuk merah dengan nama ilmiah Syzygium myrtifolium merupakan salah satu tanaman hias yang umumnya ditanam secara outdoor. Dijual dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga 1-2 meter, harga daun pucuk merah relatif terjangkau. Selain itu, ternyata pucuk merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tanaman pucuk merah (sumber: orami)
Tanaman pucuk merah (sumber: orami)

Karakteristik Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah merupakan sejenis tanaman perdu yang umumnya dijadikan hiasan pekarangan rumah dan masih satu famili dengan tanaman cengkih. Bukan termasuk jenis tanaman ramah indoor, banyak yang menanamnya di area yang mendapatkan pencahayaan penuh secara langsung. Itu membuat daun pucuk merah bisa tumbuh subur.

Bacaan Lainnya

Seperti namanya, secara morfologi daun pucuk merah mempunyai warna merah di ujung daunnya. Saat masih muda atau baru tumbuh, daun pucuk merah akan berwarna merah muda hingga merah terang. Setelah daun cukup tua, maka akan berubah warna menjadi hijau kekuningan hingga hijau tua.

Karakteristik pucuk merah yang utama adalah mempunyai akar yang merambat dan terus membesar di dalam tanah. Akarnya akan membentuk gumpalan atau bulatan berwarna coklat. Tanaman hias tersebut bisa tumbuh hingga setinggi lima meter di alam liar. Namun, jika dipelihara di pekarangan atau pot, biasanya hanya tumbuh sekitar 2-3 meter. Menanam pucuk merah tidaklah sulit, karena Anda hanya perlu melakukan langkah berikut.

Baca juga  Info Manfaat & Harga Buah Ciplukan/Golden Berry

Cara Menanam Pucuk Merah

  • Siapkan media tanam yang sudah diberi dan diolah. Jika Anda tidak memiliki pekarangan luas, anda bisa menggunakan pot berukuran sedang hingga besar.
  • Letakkan media tanam pada area terbuka yang mendapatkan sinar matahari secara langsung dan penuh. Selain itu, pastikan area tersebut jauh dari polusi udara dan limbah.
  • Ada dua cara yang bisa Anda gunakan untuk menanam pucuk merah, yakni dengan cangkok atau menanam bibitnya secara langsung. Namun, sebagai pemula, lebih baik Anda menanamnya langsung dari bibitnya.
  • Setelah ditanam, Anda harus segera melakukan perawatan, seperti memotong daun yang terkena ulat atau menguning, menyiramnya secara teratur, dan melakukan pemupukan lanjutan. Jangan lupa untuk melakukan penyiangan terhadap gulma di media tanam
  • Jika Anda menanamnya di dalam pot, Anda juga harus rutin melakukan pemangkasan daun dan akar. Tujuannya, supaya tanaman tidak tumbuh terlalu besar dan merusak pot.

Menanam pucuk merah memang gampang-gampang sulit, tetapi itu sepadan dengan hasilnya. Selain dijadikan sebagai tanaman hias, daun pucuk merah bisa dijadikan obat untuk membantu penyembuhan luka di kulit lebih cepat. Selain itu, masih banyak manfaat daun pucuk merah seperti berikut.

Baca juga  Info Terbaru Harga Daun Pisang (1 Ikat, Lembaran, per Kg)
Tanaman pucuk merah (sumber: rumah)
Tanaman pucuk merah (sumber: rumah)

Manfaat Daun Pucuk Merah

  • Menyembuhkan luka bakar akibat api, air panas, bahan kimia, listrik, dan radiasi, karena daun pucuk merah mengandung senyawa metabolit sekunder. Sejumlah senyawa tersebut, di antaranya alkaloid, flavonoid, kalkon, tanin, dan terpenoid.[1]
  • Memiliki warna daun yang cantik, ternyata pucuk merah kerap dipakai untuk bahan pewarna makanan. Tentunya, ini dinilai lebih alami dan sehat. Warna alami yang dihasilkan dari pucuk merah adalah cokelat kemerahan.
  • Pucuk merah juga mengandung banyak senyawa polifenol yang dipercaya baik untuk meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Ini juga dinilai baik untuk mengurangi stres dan melindungi sel beta pankreas akibat radikal bebas.
  • Minyak atsiri pada daun pucuk merah bisa digunakan untuk mengharumkan ruangan. Aromanya yang khas, tentunya mampu mengusir aroma tidak sedap di dalam ruangan. Caranya, Anda hanya perlu memetik beberapa helai pucuk merah dan menggilingnya dengan blender. Setelah itu, letakkan daun pucuk merah yang sudah hancur di tiap sudut ruangan.
Baca juga  Update Kisaran Harga Buah Tin per Kg di Pasaran

Mengetahui ada banyak manfaat daun pucuk merah, beberapa orang ingin menanamnya. Nah, sebelum itu, pastikan Anda mengetahui harganya di pasaran.

Harga Pucuk Merah Ukuran Kecil dan 1-2 Meter

Ukuran Tinggi Pucuk Merah Harga (Rp)
Pucuk Merah Kecil 30 cm 12.000 per bibit
Pucuk Merah 50cm 25.000 per polybag
Pucuk Merah 80 cm 50.000 per pot
Pucuk Merah 1 meter 80.000 per pohon
Pucuk Merah 150 cm 175.000 per pohon
Pucuk Merah 2 meter 200.000 per pohon

Harga daun pucuk merah ukuran kecil dan tinggi 1-2 meter di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membelinya.

[1] Indriani, Lusi, Almasyhuri, Aldryan Racka Pratama. 2020. Aktivitas Gel Ekstrak Etanol Daun Pucuk Merah (Syzygium myrtifolium) Terhadap Penyembuhan Luka Bakar Tikus Sprague-Dawley. Fitofarmaka Jurnal Ilmiah Farmasi Universitas Pakuan, Vol. 10(2): 178-187.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.