Update Harga IUD Copper T dan Efek Sampingnya

Penggunaan IUD kerap dijadikan pilihan KB atau kontrasepsi bagi para ibu untuk mengendalikan jumlah dan jarak kelahiran. Nah salah satu jenis IUD yang sering digunakan adalah IUD Copper T. Selain karena diklaim cukup efektif mencegah kehamilan, harga IUD copper T juga relatif terjangkau.

IUD copper T (sumber: khoobsurati.com)
IUD copper T (sumber: khoobsurati.com)

IUD (Intra Uterine Devices) merupakan kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim yang terbuat dari bahan polietilen dengan atau tanpa metal untuk steroid. Alat ini sangat efektif untuk menjarangkan kehamilan dibandingkan dengan metode kontrasepsi jangka panjang lainnya seperti implan, tubektomi, dan vasektomi. IUD merupakan metode kontrasepsi jangka panjang yang paling banyak digunakan dalam program KB di Indonesia. Pengguna IUD di Indonesia mencapai 22,6% dari semua pengguna metode kontrasepsi.[1]

Bacaan Lainnya

Umumnya berbentuk dan lentur, IUD (Intrauterine Device) terbuat dari plastik yang dimasukkan ke dalam rongga uterus melalui leher rahim. IUD berbeda-beda dalam segi ukuran, bentuk, maupun bahannya. Sebagian IUD juga tidak mengandung bahan aktif secara farmakologis (misalnya tembaga atau progesteron).[2]

Dalam mencegah kehamilan, efektivitas IUD mencapai 97-99%. Mekanisme kerja IUD belum dapat dipastikan, meskipun IUD membuat endometrium tidak sesuai untuk implantasi dengan menginduksi respon leukosit polimorfonuklear lokal, memproduksi prostaglandin E2 dan F2, serta merangsang kontraksi uterus.

Review IUD Copper T

Jenis IUD sebenarnya ada bermacam-macam, namun salah satu yang paling banyak digunakan adalah IUD jenis Copper T. Jenis ini berbentuk huruf T yang terbuat dari polietilen yang bagian vertikalnya diberi lilitan kawat tembaga halus. Lilitan tembaga ini memiliki efek anti fertilitas yang cukup baik. Jenis ini melepaskan levonorgestrel dengan konsentrasi yang rendah selama minimal lima tahun. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan maupun perdarahan menstruasi. Namun, kerugian IUD Copper T adalah tambahan terjadinya efek samping hormonal dan amenorhea.[3]

Dilansir dari Alomedika, AKDR copper-T atau AKDR-Cu merupakan pilihan metode kontrasepsi yang bekerja secara lokalis di uterus. AKDR menghambat motilitas sperma ke tuba falopi, memiliki kemampuan spermatisidal dan ovisidal sehingga mencegah terjadinya fertilisasi. AKDR-Cu juga memiliki kemampuan post-fertilisasi yaitu dengan menghancurkan ovum yang telah terfertilisasi dan mencegah terjadinya implantasi, dengan membuat suasana inflamasi pada uterus dan perubahan regulasi sitokin dan integrin pada dinding uterus sehingga blastosis tidak dapat melakukan implantasi.

Efek Samping IUD Copper T

Efektivitas IUD copper-T umumnya risiko kehamilan kurang dari 1 di antara 100 ibu dalam 1 tahun, dapat bertahan hingga 12 tahun, dengan persentase risiko kehamilan yang berbeda-beda. Namun, penggunaan IUD Copper T umumnya dapat menyebabkan perdarahan menjadi lebih banyak ketika menstruasi, disertai dismenore. Selain itu, siklus menstruasi kemungkinan jadi tidak teratur atau lebih panjang, dan menstrual spotting (perdarahan di luar siklus menstruasi).

Efek Samping Pasang IUD - (www.hackensackmeridianhealth.org)
Efek Samping IUD – (www.hackensackmeridianhealth.org)

Lantaran merasa kurang nyaman dengan efek samping yang dialami, banyak wanita pengguna IUD Copper T yang melepaskan alat kontrasepsi ini pada tahun pertama pemakaian. Padahal, efek samping yang kurang menyenangkan itu kabarnya akan berkurang gejala dan tingkat keparahannya seiring berjalannya waktu.

Harga IUD Copper T

Jenis & Merk IUD Copper T            Harga
IUD Copper T 380 A Safe Load Rp32.000
IUD Copper T TCU 380 Ag (10 tahun) Andalan @ 2 pcs Rp40.000
Copper T Libi Safe Load Iud per box Rp165.000
IUD Copper Nova T380 Ag per box Rp365.000

Informasi harga IUD Copper T di atas dirangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Jika dibandingkan dengan penawaran sebelumnya, harga IUD Copper T di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, IUD Copper T 380 A Safe Load yang semula dijual dengan harga mulai Rp24 ribu, sekarang menjadi Rp32 ribu. Sama halnya dengan harga IUD Copper Nova T380 Ag yang naik dari Rp350 ribu menjadi Rp365 ribu per box.

Apabila Anda tertarik untuk memasang IUD Copper T, sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Biaya pasang IUD di puskesmas saat ini umumnya berkisar Rp150 ribu hingga Rp170 ribu, sedikit naik dari tahun lalu yang masih berada di bawah Rp100 ribu. Sementara itu, biaya pasang IUD di bidan berkisar antara Rp275 ribu sampai Rp500 ribuan, sedangkan tarif pasang IUD Nova T di dokter spesialis berkisar mulai Rp600 ribuan lebih.

[Update: Ditta]

[1] Putri, R. P., dkk. 2016. Efektivitas Intra Uterine Devices (IUD) sebagai Alat Kontrasepsi. Jurnal Kedokteran UNILA, 5(4): 139.

[2] Arvin, Behrman Kliegman. 2000. Ilmu Kesehatan anak. Jakarta: EGC, hlm 683.

[3] Putri, R. P., dkk. Op, cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *