Harga Plafon Kayu (Berbagai Jenis dan Ukuran)

No comment2009 views

Meski sekarang sudah ada banyak pengganti, termasuk galvalum, kayu masih menjadi bahan yang sering dipakai sebagai konstruksi rumah, termasuk untuk . Plafon dari kayu kerap digunakan untuk menghadirkan kesan hangat dan alami. Biasanya dibuat dari kayu jati, bengkirai, keruing, atau agathis, harga plafon kayu berada di kisaran ratusan ribu rupiah per m2.

Plafon kayu (sumber: rulonco.com)

Plafon kayu (sumber: rulonco.com)

Material menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan lantaran pemilihan bahan ini akan menciptakan efek tertentu pada tampilan visual suatu perabotan maupun elemen pembentuk ruang. Implementasi material terhadap ruangan dapat memberikan kesan terhadap pengguna di sebuah ruangan tersebut.[1]

Nah, salah satu material yang hingga sekarang masih sering dimanfaatkan Indonesia adalah kayu. Pasalnya, kayu adalah hasil hutan dari sumber kekayaan alam, merupakan bahan mentah yang mudah diproses untuk dijadikan suatu benda.[2] Selain itu, kayu juga memiliki beberapa sifat sekaligus yang tidak dapat ditiru bahan-bahan lain, termasuk menghadirkan kesan alami.

Kelebihan Plafon Kayu

Kayu dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk saat membuat plafon untuk rumah. Plafon sendiri sering dikatakan sebagai langit-langit, merupakan dekorasi interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan atau bisa juga merupakan permukaan yang menutupi lantai struktur atap di atas. Plafon menjadi elemen penting dalam sebuah ruangan karena berfungsi memberikan kenyamanan pada pemilik rumah, termasuk dalam hal style atau model.

Baca juga  Info Terbaru Harga Mesin Spinner Kecil di Pasaran (Berbagai Merk)

Biasanya berwarna cokelat, bisa cokelat muda dan cokelat tua, plafon dari kayu dapat dijadikan sebagai aksen penyeimbang dinding panel yang mungkin mengusung warna yang lebih beragam, serta dapat memberikan kesan natural dan alami.[3] Warna cokelat yang berasosiasi dengan warna tanah atau natural, membuat tampilan suatu ruangan lebih hangat.

Tidak hanya memberikan kesan natural terhadap suatu ruangan, plafon dari material kayu juga relatif mudah dipasang karena biasanya sudah terdapat profil alur dan lidah yang membuat pasangan menjadi lebih kuat dan presisi. Pemasangan menjadi lebih gampang berkat lembaran-lembaran kayu yang telah dikeringkan untuk mengurangi kadar air sehingga tidak ada lagi penyusutan.

Kelebihan lainnya plafon dari kayu adalah bahan ini dapat berfungsi sebagai penyerap akustik alami. Model ini pun dapat menampilkan kesan yang mewah, cocok digunakan di mana saja (termasuk ruang tamu, , atau ruang tengah), serta mampu meredam dengan baik, terutama pada musim dingin atau penghujan agar ruangan tetap hangat.

Baca juga  Info Terbaru Syarat & Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal BPJPH

Jika Anda berminat menggunakan plafon dari bahan kayu untuk ruangan rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya langsung di tukang kayu, toko bahan bangunan, atau lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung bahan serta ukuran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga plafon kayu di pasaran.

Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)

Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)

Harga Plafon Kayu

Jenis Plafon KayuHarga
Plafon kayu agathis 1 x 9 x 100 cmRp295.000 per m2
Plafon kayu keruing 1 x 8 x 100 cmRp260.000 per m2
Plafon kayu kumea 1 x 7 x 80-120 cmRp295.000 per m2
Plafon kayu bengkirai 1 x 9 x 125 cmRp360.000 per m2
Plafon kayu ulin 1,1 x 8 x 100 cmRp380.000 per m2

Harga plafon kayu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia material kayu dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga plafon kayu tersebut belum termasuk pemasangan. Biaya pasang plafon kayu pun bervariasi, tergantung finishing yang dipakai. Berikut kisaran biaya pasang plafon kayu.

Baca juga  Update Info Konsep, Pengertian & Tujuan Penetapan Biaya Produksi

Biaya Pasang Plafon Kayu

Tipe Pemasangan Plafon KayuBiaya
Pemasangan plafon finishing latsur exteriorRp170.000 per m2
Pemasangan plafon standarRp200.000 per m2
Pemasangan adu manisRp80.000 per m2
Pemasangan profilRp20.000 per m2
Pembuatan lubang lampuRp15.000 per m2

Biaya tersebut biasanya berlaku untuk pemasangan di atas 20 m2, dengan standar ketinggian area pemasangan 3,5 m. Sedangkan, pemasangan di bawah volume tersebut dan ketinggian area di atas 3,5 m, dipatok dengan harga kondisional. Perlu Anda ingat bahwa harga di atas tidak dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing penyedia jasa.

[1] Akmal, Imelda. . Rumah Ide: 30 Material Inovatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[2] Nindyaputra, Rizki Kunang Ardian, Chairil Budiarto, Bambang Y. 2016. Penerapan Material Kayu pada Konstruksi Bangunan Kampung Lumbung di Kota Batu. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 4(4).

[3] Novitasari, Linda. 2016. Implementasi Material Kayu pada Interior Café Latte di Madiun. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 177-184.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Plafon Kayu (Berbagai Jenis dan Ukuran)"