Update Harga Plafon Kayu (Berbagai Jenis dan Ukuran)

Meski sekarang sudah ada banyak material pengganti, termasuk galvalum, kayu masih menjadi bahan yang sering dipakai sebagai konstruksi rumah, termasuk untuk plafon. Plafon dari kayu kerap digunakan untuk menghadirkan kesan hangat dan alami. Biasanya dibuat dari kayu jati, bengkirai, keruing, atau agathis, harga plafon kayu berada di kisaran ratusan ribu rupiah per m2.

Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)
Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)

Material menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan lantaran pemilihan bahan ini akan menciptakan efek tertentu pada tampilan visual suatu perabotan maupun elemen pembentuk ruang. Implementasi material terhadap ruangan dapat memberikan kesan terhadap pengguna di sebuah ruangan tersebut.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu material yang hingga sekarang masih sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia adalah kayu. Pasalnya, kayu adalah hasil hutan dari sumber kekayaan alam, merupakan bahan mentah yang mudah diproses untuk dijadikan suatu benda.[2] Selain itu, kayu juga memiliki beberapa sifat sekaligus yang tidak dapat ditiru bahan-bahan lain, termasuk menghadirkan kesan alami.

Plafon Kayu

Kayu dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk saat membuat plafon untuk rumah. Plafon sendiri sering dikatakan sebagai langit-langit, merupakan dekorasi interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan atau bisa juga merupakan permukaan yang menutupi struktur atap di atas. Plafon menjadi elemen penting dalam sebuah ruangan karena berfungsi memberikan kenyamanan pada pemilik rumah, termasuk dalam hal style atau model.

Baca juga  Update Harga Mesin Pemotong Kayu Modern (Semua Tipe)

Biasanya berwarna cokelat, bisa cokelat muda dan cokelat tua, plafon dari kayu dapat dijadikan sebagai aksen penyeimbang dinding panel yang mungkin mengusung warna yang lebih beragam, serta dapat memberikan kesan natural dan alami.[3] Warna cokelat yang berasosiasi dengan warna tanah atau natural, membuat tampilan suatu ruangan lebih hangat.

Tidak hanya memberikan kesan natural terhadap suatu ruangan, plafon dari material kayu juga relatif mudah dipasang karena biasanya sudah terdapat profil alur dan lidah yang membuat pasangan menjadi lebih kuat dan presisi. Pemasangan menjadi lebih gampang berkat lembaran-lembaran kayu yang telah dikeringkan untuk mengurangi kadar air sehingga tidak ada lagi penyusutan.

lainnya plafon dari kayu adalah bahan ini dapat berfungsi sebagai penyerap akustik alami. Model ini pun dapat menampilkan kesan yang mewah, cocok digunakan di mana saja (termasuk ruang tamu, kamar, atau ruang tengah), serta mampu meredam suhu dengan baik, terutama pada musim dingin atau penghujan agar ruangan tetap hangat.

Terdapat beberapa model plafon kayu yang dapat Anda jadikan inspirasi, seperti hologram wood, hologram line, silver hybrid, dan red peach hybrid. Untuk menghasilkan motif yang menarik di langit-langit hunian Anda, Anda dapat mengombinasikan beberapa warna tersebut.

Jika Anda berminat menggunakan plafon dari bahan kayu untuk ruangan rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya langsung di tukang kayu, bahan bangunan, atau lewat situs jual beli online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung bahan serta ukuran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga plafon kayu di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Harga Kompor DNS (Semua Tipe)

Harga Plafon Kayu

Plafon Kayu Harga
Plafon kayu agathis 1 x 9 x 100 cm Rp190.000 per m2
Plafon kayu keruing 1 x 8 x 100 cm Rp260.000 per m2
Plafon kayu kumea 1 x 7 x 80-120 cm Rp295.000 per m2
Plafon kayu bengkirai 1 x 9 x 125 cm Rp360.000 per m2
Plafon kayu ulin 1,1 x 8 x 100 cm Rp450.000 per m2

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga plafon kayu di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Sebagai contoh, plafon kayu ulin 1,1 x 8 x 100 cm yang semula dijual seharga Rp380.000, kini naik menjadi Rp450.000 per m2. Berbeda dengan harga plafon kayu agathis 1 x 9 x 100 cm yang turun dari Rp295.000 menjadi Rp190.000 per m2. Perlu Anda catat bahwa harga plafon kayu tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Biaya pasang plafon kayu pun bervariasi, tergantung finishing yang dipakai. Berikut kisaran biaya pasang plafon kayu.

Plafon Kayu Bahan Konstruksi Rumah - id.pinterest.com
Plafon Kayu Bahan Konstruksi Rumah Q id.pinterest.com

Biaya Pasang Plafon Kayu

Tipe Pemasangan Plafon Kayu Biaya
Pemasangan plafon finishing latsur exterior Rp130.000 per m2
Pemasangan plafon standar Rp210.000 – Rp255.000 per m2
Pemasangan adu manis Rp80.000 per m2
Pemasangan profil Rp20.000 per m2
Pembuatan lubang lampu Rp15.000 per m2

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, biaya pasang plafon kayu saat ini terpantau fluktuatif. Pemasangan plafon finishing latsur exterior awalnya dikenai biaya Rp170 ribu, kini turun menjadi Rp130 ribu per meter persegi. Berbeda dengan pemasangan plafon standar yang naik dari Rp200 ribu, sekarang Rp210 ribu hingga Rp255 ribu per meter persegi.

Baca juga  Info Manfaat, Cara Pakai, dan Update Harga Nasa CollaSkin Facial Cleanser

Biaya tersebut biasanya berlaku untuk pemasangan di atas 20 m2, dengan standar ketinggian area pemasangan 3,5 m. Sementara itu, pemasangan di bawah volume tersebut dan ketinggian area di atas 3,5 m, dipatok dengan harga kondisional. Perlu Anda ingat bahwa harga di atas tidak dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing penyedia jasa material kayu dan situs jual beli online.

Kekurangan Plafon Kayu

Meski menawarkan deretan keunggulan, ternyata plafon kayu juga memiliki beberapa kekurangan. Apabila Anda membeli plafon kayu tanpa motif atau warna, maka tentu terlihat membosankan bagi sebagian orang. Bahan utama plafon kayu berupa klorin, seringkali dianggap bahaya bagi manusia (bila sudah jadi gas).

[Update: Ditta]

[1] Akmal, Imelda. 2011. Rumah Ide: 30 Material Inovatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

[2] Nindyaputra, Rizki Kunang Ardian, Chairil Budiarto, Bambang Y. 2016. Penerapan Material Kayu pada Konstruksi Bangunan Kampung Lumbung di Kota Batu. Jurnal Mahasiswa Jurusan Arsitektur Universitas Brawijaya, Vol. 4(4).

[3] Novitasari, Linda. 2016. Implementasi Material Kayu pada Interior Café Latte di Madiun. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 177-184.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.