Harga Plafon Kayu Terbaru (Berbagai Jenis dan Ukuran)

Meski sekarang sudah ada banyak material pengganti, termasuk galvalum, kayu masih menjadi bahan yang sering dipakai sebagai konstruksi rumah, termasuk untuk plafon. Plafon dari kayu kerap digunakan untuk menghadirkan kesan hangat dan alami. Biasanya dibuat dari kayu jati, bengkirai, keruing, atau agathis, harga plafon kayu berada di kisaran ratusan ribu rupiah per m2.

Plafon Kayu (sumber: newphoto.club)
Plafon Kayu (sumber: newphoto.club)

Material menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan lantaran pemilihan bahan ini akan menciptakan efek tertentu pada tampilan visual suatu perabotan maupun elemen pembentuk ruang. Implementasi material terhadap ruangan dapat memberikan kesan terhadap pengguna di sebuah ruangan tersebut.[1]

Bacaan Lainnya

Nah, salah satu material yang hingga sekarang masih sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia adalah kayu. Pasalnya, kayu adalah hasil hutan dari sumber kekayaan alam, merupakan bahan yang mudah diproses untuk dijadikan suatu benda.[2] Selain itu, kayu juga memiliki beberapa sifat sekaligus yang tidak dapat ditiru bahan-bahan lain, termasuk menghadirkan kesan alami.

Kelebihan Plafon Kayu

Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)
Plafon kayu (sumber: spigogroup.com)

Kayu dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan, termasuk saat membuat plafon untuk rumah. Plafon sendiri sering dikatakan sebagai langit-langit, merupakan dekorasi interior atas yang berhubungan dengan bagian atas sebuah ruangan atau bisa juga merupakan permukaan yang menutupi lantai struktur atap di atas. Plafon menjadi elemen penting dalam sebuah ruangan karena berfungsi memberikan kenyamanan pada pemilik rumah, termasuk dalam hal style atau model.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Biasanya berwarna cokelat, bisa cokelat muda dan cokelat tua, plafon dari kayu dapat dijadikan sebagai aksen penyeimbang dinding panel yang mungkin mengusung warna yang lebih beragam, serta dapat memberikan kesan natural dan alami.[3] Warna cokelat yang berasosiasi dengan warna tanah atau natural, membuat tampilan suatu ruangan lebih hangat.

Tidak hanya memberikan kesan natural terhadap suatu ruangan, plafon dari material kayu juga relatif mudah dipasang karena biasanya sudah terdapat profil alur dan lidah yang membuat pasangan menjadi lebih kuat dan presisi. Pemasangan menjadi lebih gampang berkat lembaran-lembaran kayu yang telah dikeringkan untuk mengurangi kadar air sehingga tidak ada lagi penyusutan.

Kelebihan lainnya plafon dari kayu adalah bahan ini dapat berfungsi sebagai penyerap akustik alami. Model ini pun dapat menampilkan kesan yang mewah, cocok digunakan di mana saja (termasuk ruang tamu, kamar, atau ruang tengah), serta mampu meredam suhu dengan baik, terutama pada musim dingin atau penghujan agar ruangan tetap hangat.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Terdapat beberapa model plafon kayu yang dapat Anda jadikan inspirasi, seperti hologram wood, hologram line, silver hybrid, dan red peach hybrid. Untuk menghasilkan motif yang menarik di langit-langit hunian Anda, Anda dapat mengombinasikan beberapa warna tersebut.

Jika Anda berminat menggunakan plafon dari bahan kayu untuk ruangan rumah Anda, tidak sulit mendapatkan material tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya langsung di tukang kayu, toko bahan bangunan, atau lewat situs online. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung bahan serta ukuran. Sebagai referensi, berikut kisaran harga plafon kayu di pasaran.

Harga Plafon Kayu

Plafon Kayu Bahan Konstruksi Rumah - id.pinterest.com
Plafon Kayu Bahan Konstruksi Rumah – id.pinterest.com
Jenis Plafon Kayu Harga
Plafon kayu agathis 1 x 9 x 100 cm Rp211.000 per m2
Plafon kayu keruing 1 x 8 x 100 cm Rp298.500 per m2
Plafon kayu kumea 1 x 9 x 80-120 cm Rp323.500 per m2
Plafon kayu merbau 1 x 9 x 80-125 cm Rp438.500 per m2
Plafon kayu bengkirai 1 x 9 x 80-125 cm Rp498.500 per m2
Plafon kayu ulin 1,1 x 8 x 100 cm Rp498.500 per m2

Harga plafon kayu di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk penyedia material kayu dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga plafon kayu tersebut belum termasuk biaya pemasangan. Sebagai perbandingan, tahun lalu harga plafon kayu ulin 1,1 x 9 x 100 cm berkisar Rp450 ribu per m2, sedangkan harga plafon kayu bengkirai dengan ukuran yang sama mulai Rp360 ribu per m2.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Biaya Pasang Plafon Kayu

Tipe Pemasangan Plafon Kayu Biaya
Pemasangan plafon finishing latsur exterior Rp170.000 – Rp230.000 per m2
Pemasangan plafon standar Rp200.000 per m2
Pemasangan adu manis Rp80.000 – Rp96.000 per m2
Pemasangan profil Rp20.000 – Rp24.000 per m2
lubang lampu Rp15.000 – Rp18.000 per pcs

Biaya tersebut biasanya berlaku untuk pemasangan di atas 20 m2, dengan standar ketinggian area pemasangan 3,5 m. Sementara itu, pemasangan di bawah volume tersebut dan ketinggian area di atas 3,5 m, dipatok dengan harga kondisional. Sebagai perbandingan, tahun lalu pemasangan  plafon finishing latsur exterior mulai Rp130 ribu per m2. (Panca)

[1] Akmal, Imelda. 2011. Rumah Ide: 30 Material Inovatif. : PT Pustaka Utama.

[2] Nindyaputra, Rizki Kunang Ardian, Chairil Budiarto, Bambang Y. 2016. Penerapan Material Kayu pada Konstruksi Bangunan Kampung Lumbung di Kota Batu. Jurnal Mahasiswa Jurusan Universitas Brawijaya, Vol. 4(4).

[3] Novitasari, Linda. 2016. Implementasi Material Kayu pada Interior Café Latte di Madiun. Jurnal Intra, Vol. 4(2): 177-184.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *