Harga Salep dan Cream Permethrin Generik Terbaru

Kandungan di dalam obat tentu memiliki fungsi tersendiri, tak terkecuali dengan permethrin. Permethrin adalah obat dengan fungsi untuk mengobati kudis atau scabies. Obat ini bekerja dengan melumpuhkan dan membunuh tungau serta telurnya. Tak sedikit produk salep maupun cream yang mengandung permethrin. Harga salep dan cream permethrin generik terbilang bervariasi di apotek, tergantung merek pilihan.

Ilustrasi: tungau penyebab kudis (sumber: pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi: tungau penyebab kudis (sumber: pikiran-rakyat.com)

Kudis dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh serangga kecil, disebut tungau, yang menempel pada kulit Anda dan menyebabkan iritasi. Kudis dapat diobati menggunakan salep atau cream yang mengandungpermetrin.

Bacaan Lainnya

Pengobatan skabies dapat dilakukan secara oral maupun topikal. Pengobatan topikal di antaranya permetrin, lindane, benzyl benzoate, crotamiton dan sulfur yang diendapkan. Obat skabiestopikal memiliki efek neurotoksik pada tungau dan larva [23]. Obat skabies oral diantaranya ivermektin yang bekerja dengan cara mengganggu neurotransmisi asam gamma-aminobutyric yang disebabkan oleh banyak parasit (termasuk tungau).

Permetrin adalah piretroid sintetis dan insektisida kuat. permetrin 5% merupakan obat yang sering digunakan untuk pengobatan skabies karena efikasinya sebesar 90%. Permetrin dioleskan pada tubuh yang terkena skabies selama 8-12 jam sebelum tidur. Permetrin adalah skabisidatopikal paling efektif, yang secara signifikan lebih berkhasiat daripada crotamiton dan lindane.

Permetrin memiliki profil keamanan yang sangat baik. Permetrin memiliki toksisitas yang lebih kecil apabila dibandingkan dengan lindane, memiliki penyerapan perkutan lebih rendah, dan menghasilkan konsentrasi darah dan otak yang rendah bila diterapkan secara topikal. Permetrin diindikasikan dan aman untuk digunakan pada bayi baru lahir, anak kecil, dan hamil (kategori B) dan wanita menyusui.[1]

Permetrin sendiri tergolong ke dalam kelas obat yang disebut pyrethrins. Ada pula yang mengatakan jika permethrin adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi parasit yang menyebabkan gangguan pada kulit manusia. Permethrin umumnya berbentuk obat oles, dan termasuk golongan parasitik.

Kudis dikenal sebagai penyakit yang disebabkan oleh serangga kecil, disebut tungau, yang menempel pada kulit Anda dan menyebabkan iritasi. Kudis dapat diobati menggunakan salep atau cream yang mengandung permetrin. Permetrin sendiri tergolong ke dalam kelas obat yang disebut pyrethrins. Ada pula yang mengatakan jika permethrin adalah obat yang digunakan untuk mengobati infeksi parasit yang menyebabkan gangguan pada kulit manusia. Permethrin umumnya berbentuk obat oles, dan termasuk golongan anti parasitik. Berikut info harga salep dan cream Permethrin pada 2022 dan 2023.

Harga Salep dan Cream Permethrin

Merk Cream PermethrinHarga Sebelumnya (Rp)Harga Sekarang (Rp)
Scabimite 10g 64.75168.049
Medscab 30 gr94.17795.033
Scabimite 30g70.40077.900
Scabicore 30g89.93898.735
Permethrin Etercon 5% cream 15 gram35.12336.300
Scabicid Cream 10 gr49.96550.820
Permethrin Etercon 5% cream 30gr56.65056.708
Scametrin Cream 30 gr78.51777.973

Penjualan salep dan krim dengan kandungan permethrin di atas terbilang mengalami kenaikan hampir setiap tahunnya. Pada , permethrin dengan merek Scabimite kemasan 10 gram dibanderol mulai harga Rp56 ribu, sedangkan kemasan 30 gram dijual seharga Rp101.000. Kemudian pada 2020 lalu, salep Scabimite untuk kemasan 10 gram naik menjadi Rp60.911 dan kemasan 30 gram naik menjadi Rp104.623. Meskipun beda berat kemasan, tetapi keduanya sama-sama mengandung permethrin 5%.

Menginjak 2021, harga salep dengan kandungan permethrin masih terpantau naik dibandingkan 2020 lalu. Khususnya merek Scabimite yang naik dari Rp60.911 jadi Rp66.281 untuk kemasan kecil, kemudian tahun 2022 berubah jadi Rp64.751 dan tahun 2023 naik lagi jadi Rp68 ribuan. Sama halnya dengan kemasan besar yang mengalami kenaikan sebesar Rp6 ribuan dari harga awal. Tak jauh berbeda dengan merek lain seperti Medscab 30gr yang terbilang naik dari harga Rp77.500, menjadi Rp94.918 pada 2021, lalu tahun 2022 sedikit turun jadi Rp94.177 dan sekarang naik jadi Rp95 ribuan.

Anda dapat membelinya di apotik atau obat terdekat, baik offline maupun online. Harga tersebut tentunya tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan toko obat atau apotek yang Anda kunjungi. Harga bisa saja mengalami kenaikan atau penurunan.

Salep/cream (sumber: demandstudios.com)
Salep/cream (sumber: demandstudios.com)

Cara Menggunakan Permethrin Generik

Cara menggunakan obat oles permethrin generik seperti Scabimite itu, yaitu dioleskan ke bagian gatal pada malam hari. Ada pula yang berpendapat bahwa pakai obat ini sesegera mungkin setelah dianjurkan. Oleskan obat dari kepala hingga telapak kaki, termasuk bawah kuku dan lipatan kulit seperti antara jari kaki sesuai yang disarankan. Pijat krim ke dalam kulit. Jangan menggunakan obat lebih dari yang diresepkan.

Cuci krim setelah 8-14 jam saat mandi. Untuk bayi atau lansia di atas usia 65 tahun, krim permethrin juga dioleskan di kulit kepala atau rambut dan kening. Lalu, didiamkan dalam jangka waktu yang sama. Kulit mungkin akan terasa gatal setelah proses pengolesan dan pembilasan krim, tetapi hal tersebut bukan berarti pengobatan tidak efektif. Jika tungau masih terlihat setelah 14 hari atau lebih setelah pengobatan, maka proses pengobatan dapat diulang kembali.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya hindari krim masuk ke dalam mata, hidung, mulut, atau vagina. Jika obat mengenai mata Anda, siram mata dengan banyak air. Konsultasikan dengan dokter Anda jika terjadi iritasi. Sementara, untuk permethrin berbentuk lotion, langkah-langkah menggunakan lotion adalah sebagai berikut:

Cara Menggunakan Permethrin Lotion

  • Cucilah rambut dengan sampo dan bilaslah dengan air. Jangan menggunakan kondisioner atau sampo yang mengandung kondisioner, karena pengobatan dapat menjadi tidak efektif.
  • Keringkan rambut dengan handuk hingga lembap.
  • Kocok lotion permethrin sebelum digunakan.
  • Gunakan handuk untuk menutupi wajah dan mata. Pastikan mata Anda tertutup selama pengobatan. Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk mengoleskan lotion.
  • Oleskan lotion permethrin ke bagian rambut dan kulit kepala. Awali pengolesan dari bagian belakang telinga dan leher, kemudian oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala.
  • Diamkan selama 10 menit.
  • Bilaslah rambut dan kulit kepala dengan menggunakan air panas.
  • Keringkan rambut dengan handuk, kemudian sisir.
  • Cucilah tangan setelah mengoleskan dan membilas lotion.
  • Gunakan sisir kutu untuk mengangkat kutu atau telur kutu yang telah mati. Anda mungkin membutuhkan bantuan orang lain untuk proses ini.
  • Jika kutu masih terlihat hidup 7 hari setelah pengobatan, maka ulangi proses pengobatan.

Setelah menggunakan krim atau lotion permethrin, bersihkan seluruh pakaian dan handuk yang digunakan selama pengobatan. Gunakan air panas untuk mencegah kutu atau telur kutu yang menempel dapat berkembang kembali.

Cream Permethrin Generik (sumber: justdial)
Cream Permethrin Generik (sumber: justdial)A

Dosis Permethrin

  • Dosis dewasa biasa untuk kudis, Anda bisa menggunakan krim permetrintopikal 5%. Caranya dengan memijat pada kulit mulai dari leher hingga telapak kaki. Krim harus dibasuh dengan dicuci (mandi) setelah 8 sampai 14 jam.
  • Dosis dewasa untuk kutu, Anda bisa menggunakan kit permetrintopikal 1%. Caranya dengan mengoleskan lotion atau krim, lalu gunakan sampo, usapkan ke seluruh kepala (terutama di belakang telinga dan di tengkuk). Biarkan rambut selama 10 menit dan bilas dengan air. Gunakan sisir dan/atau sarung tangan yang tersedia untuk menghapus sisa-sisa telur.
  • Larutan permethrin topikal 1%. Anda bisa menggunakan pada rambut setelah keramas dan sudah kering, usapkan ke seluruh bagian kepala (terutama di belakang telinga dan di tengkuk). Biarkan di rambut selama 10 menit dan bilas dengan air.

Bagi Anda yang mengalami kudis atau scabies, jika permethrin membunuh semua serangga atau tungau sebagai penyebabnya, binatang yang mati itu masih bisa membuat Anda gatal hingga 4 minggu lamanya setelah pengobatan. Karena itu, sebaiknya tanyakan kepada dokter tentang obat lain yang dapat digunakan untuk meredakan gatal-gatal. Sebaiknya juga beritahu dokter jika kondisi Anda tetap sama atau bahkan memburuk dalam 2 minggu setelah pengobatan. Kemungkinan dokter Anda perlu mencari tungau yang masih hidup dan merekomendasikan perawatan yang lebih intensif.

Obat tersebut paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di , dan jangan pula dibekukan. Beberapa merk dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

[Update: Dian]

[1] Dewi, MK &Nasrul W. 2017. Artikel Review: Diagnosis Dan Regimen Pengobatan Skabies. Jurnal Farmaka Suplemen. 15(1): 123-133.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *