Cara Pakai dan Harga Petrogenol untuk Lalat Buah

Ada banyak hama yang dapat menyerang tanaman petani, salah satunya lalat buah. Punya nama latin Bactrocera spp., ini adalah salah satu hama penting bagi tanaman hortikultura serta beberapa produk . Akibat serangan hama ini, produksi dan mutu buah berpotensi menjadi rendah, bahkan berisiko gagal panen. Nah, untuk mengendalikan serangga tersebut, Anda dapat menggunakan Petrogenol yang saat ini dijual dengan harga cukup terjangkau.

Ilustrasi Perangkat Lalat Buah (sumber: Alibaba)
Ilustrasi Perangkat Lalat Buah (sumber: Alibaba)

Bagi Anda yang senang berkebun, terutama dan buah-buahan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan lalat buah. Ini adalah serangga yang berpotensi menjadi hama bagi tanaman seperti buah belimbing, jambu-jambuan, mangga, nangka, dan lainnya, serta produk seperti cabai, terung-terungan, dan tomat.

Bacaan Lainnya

Umumnya hidup di daerah tropis dan subtropis, lalat buah sudah tersebar di seluruh kawasan Asia Pasifik. Lalat buah yang telah tersebar tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada buah, baik secara kualitas maupun kuantitas atau buahnya. Kerusakan kuantitatif diindikasikan dengan jatuhnya buah muda yang terserang (lalat buah), sedangkan kerusakan kualitatif adalah buah menjadi busuk.[1]

Kerusakan akibat serangan lalat buah sering ditemukan pada buah yang hampir masak.[2] Gejala awalnya ditandai dengan adanya lubang kecil di kulitnya, yang merupakan bekas tusukan ovipositor lalat betina saat meletakan telur ke dalam buah. Bekas tusukan akan semakin meluas sebagai akibat perkembangan larva yang memakan buah.

Karena kerugian yang ditimbulkan tidak sedikit, maka populasi lalat buah perlu dikendalikan. Selama ini, usaha pengendalian lalat buah yang paling umum adalah menggunakan insektisida. Sayangnya, pemakaian insektisida secara terus-menerus dapat menimbulkan berbagai dampak negatif, termasuk pencemaran lingkungan, resistensi serangga, dan kontaminasi pada hasil produksi sehingga berbahaya apabila dikonsumsi masyarakat.[3]

Kegunaan Petrogenol

Nah, untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan insektisida, Anda dapat menggunakan produk bernama Petrogenol. Ini adalah atraktan yang berbentuk larutan berwarna kuning jernih yang memang ditujukan untuk mengendalikan lalat buah. Petrogenol mengandung bahan aktif Methyl eugenol yang merupakan senyawa pemikat serangga, terutama lalat buah.[4] ini bersifat mudah menguap dan melepaskan aroma wangi.

Melansir situs resmi Petrokimia Kayu, Petrogenol dikatakan dapat mencegah kerontokan buah cabai, jeruk, paria, belimbing, mangga, jambu, jambu biji akibat serangan lalat buah dengan teknik perangkap sehingga mencegah kerugian hasil yang dapat mencapai lebih dari 50 persen. Daya tarik atraktan diklaim sangat kuat menarik lalat buah jantan, ramah lingkungan, ekonomis, dan punya aplikasi yang mudah.

Cara Pakai Petrogenol

  • Siapkan bahan-bahan seperti Petrogenol, spuit, botol plastik bekas air mineral, dan kapas.
  • Siapkan juga alat seperti pisau, gunting, tang, kawat, dan lem Korea.
  • Setelah semua bahan dan alat siap, potong botol mineral dengan menggunakan pisau pada bagian atas kurang lebih setengah bagian.
  • Sambungkan kembali dengan cara membalikkan bagian atas tutupan ke dalam persambungannya.
  • Sambungkan rekatan dengan menggunakan lem Korea.
  • Gunakan kawat sepanjang kurang lebih 20 cm untuk mengikat kapas.
  • Gunakan spuit untuk menyedot Petrogenol.
  • Semprotkan cairan Petrogenol pada kapas, kurang lebih 1 sampai 2cc
  • Gantungkan botol mineral yang telah terisi Petrogenol pada salah satu ranting tanaman.

Sebagai informasi tambahan, pemasangan perangkap sebaiknya dikerjakan sejak pembentukan buah sampai panen. Sementara itu, pemberian Petrogenol pada kapas dikerjakan setiap empat minggu sekali. Dalam 1 hektar per tanaman, misalnya mangga, dapat dipasang setidaknya 25 titik penempatan dengan jarak antar masing-masing perangkap 20 meter.

Apabila Anda hendak menggunakan Petrogenol untuk mengendalikan lalat buah pada tanaman Anda, tidak sulit mendapatkan produk tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko bahan pertanian atau memesan lewat sejumlah platform jual beli online. Berikut informasi terbaru harga Petrogenol saat ini.

Harga Petrogenol

Petrogenol untuk Lalat Buah (sumber: Bukalapak)
Petrogenol untuk Lalat Buah (sumber: Bukalapak)
Kemasan PetrogenolHarga
Petrogenol per botolRp5.000 – Rp10.000
Petrogenol 5 botolRp25.000 – Rp35.000
Petrogenol 10 botolRp114.200
Petrogenol 1 Box (20 botol)Rp125.000

Daftar harga Petrogenol di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan pertanian dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga Petrogenol tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Kardinan, A. 2007. Pengaruh Campuran Beberapa Jenis Minyak Nabati terhadap Daya Tangkap Lalat Buah. Buletin Balitro, Vol. XVIII(1): 60-66.

[2] Helmiyati, Ike Rahmadani, Syalfinaf Manaf. 2019. Efektivitas Petrogenol sebagai Atraktan Lalat Buah (Bactrocera spp.) pada Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.) di Lahan UPTD BPTPH Mojorejo Kab. Rejang Lebong Provinsi Bengkulu. Seminar Nasional Biologi, Saintek, dan Pembelajarannya Tahun 2019, hlm.  18-24.

[3] Purnomo, Hari. 2010. Pengantar Pengendalian Hayati. : Andi Offset.

[4] Helmiyati, Ike Rahmadani, Syalfinaf Manaf. Op cit.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *