Harga Parasut Paralayang (Impor dan Lokal)

No comment3905 views

Jika Anda mengaku suka menantang adrenalin dan tidak takut dengan ketinggian, bermain paralayang bisa Anda coba. Mirip dengan terjun payung, Anda akan diajak berputar-putar di udara selama beberapa menit menggunakan . Namun, untuk bisa menekuni kegiatan ini, yang dibayarkan memang sangat mahal, karena memang keselamatan adalah faktor yang paling penting.

Ilustrasi: Olahraga Paralayang (credit: Pegipegi)

Ilustrasi: Paralayang (credit: Pegipegi)

Paralayang, seperti dikutip dari Wikipedia, adalah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain (parasut) yang lepas landas dengan kaki untuk tujuan rekreasi atau kompetisi. Olahraga ini biasanya lepas landas dari lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat terdiri dari dua macam yaitu, angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan , hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa spot wisata yang menyediakan arena bermain paralayang. Salah satu yang paling terkenal terletak di kawasan Gunung Banyak, Kota Batu. Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Federation Aeronautique International (FAI) menilai lokasi Gunung Banyak ini paling layak untuk menggelar pertandingan paralayang tingkat dunia karena memiliki standar dan tingkat kesulitan grade I (tertinggi).[1]

Baca juga  Update Harga Tepung Beras 1 Kg dan Kemasan Lainnya

Kelebihan tempat ini adalah punya bukit dengan kemiringan hingga 45 derajat dan lokasi lepas landas di puncak bukit yang relatif luas serta akses yang sangat mudah dijangkau.[2] Selain itu, fasilitas dan sarana yang tersedia di Gunung Banyak pun relatif lebih memadai dibandingkan lokasi paralayang lainnya di Indonesia. Bahkan, pengunjung kabarnya dapat melakukan kegiatan paralayang di malam hari jika temperatur udara bagus, dengan suhu udara berkisar 15 sampai 19 derajat Celcius.

Ilustrasi: Parasut Paralayang (credit: Pixbay/Medha.id)

Ilustrasi: Parasut Paralayang (credit: Pixbay/Medha.id)

Parasut Paralayang

Perlengkapan utama dalam olahraga paralayang antara lain parasut utama dan cadangan, harness, dan helmet. Sementara, perlengkapan pendukung terbang yang diperlukan antara lain variometer, radio/HT, GPS, windmeter, peta lokasi terbang, dan lain-lain. Selain itu, juga dibutuhkan baju terbang khusus atau flight suit, sarung tangan, dan sepatu berleher tinggi/boot.

Dari sekian peralatan yang diperlukan, parasut menjadi piranti yang paling penting. Jenis parasut yang digunakan sendiri sangat tergantung dari tingkat kemampuan penerbang dan berat penerbang. Setidaknya, terdapat tiga jenis parasut paralayang, yakni parasut untuk pemula (standard), parasut untuk penerbang menengah (performance), dan parasut untuk penerbang mahir (competition).

Baca juga  Harga Air Mineral Gelas per Kardus (Semua Merk)

Untuk model standard, meskipun lebih direkomendasikan untuk para penerbangan pemula, jenis ini sudah memiliki tingkat stabilitas yang cukup tinggi. parasut juga harus sesuai dengan berat para penerbang. yang tersedia antara lain XS, S, M, L serta LL untuk terbang berdua/tandem. Semakin berat penerbang, maka semakin besar pula ukuran parasut yang dipakai.

Parasut Paralayang (credit: Tempo)

Parasut Paralayang (credit: Tempo)

Harga Parasut Paralayang

Selain fisik dan mental, untuk memainkan paralayang, biaya yang perlu Anda keluarkan juga relatif mahal, termasuk saat hendak membeli parasut. Pasalnya, harganya tidak jutaan, melainkan sudah mencapai angka puluhan juta rupiah. Di salah satu situs online, parasut Velocity Elektra ukuran 26 made in USA dijual dengan harga 49,7 jutaan. Sementara, parasut Nova Prion-3 ukuran S made in USA saat ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp63,7 jutaan.

Jika impor dijual dengan harga yang sangat mahal, tidak demikian dengan parasut buatan dalam negeri. Kabarnya, parasut lengkap untuk parasailing buatan lokal harganya tidak sampai Rp2 jutaan, sedangkan parasut untuk terbang tandem dilepas dengan harga Rp5 juta hingga Rp6 jutaan. Meski jauh lebih murah, namun dikatakan sudah diuji terbang dan dapat mengapung dengan baik di udara.

Baca juga  Update Harga Gelas Belimbing per Lusin di Pasaran

Nah, apabila Anda merasa biaya untuk melakukan paralayang sangat mahal, Anda memang tidak perlu memaksakan diri untuk membeli peralatannya. Pasalnya, Anda bisa mencoba bermain olahraga ini di sejumlah tempat di Indonesia. Di kawasan Gunung Banyak misalnya, tarif paralayang terbang tandem dipatok Rp400 ribu per orang, sedangkan di kawasan Puncak, Bogor, harganya berkisar Rp538.200 hingga Rp575 ribu untuk sekali terbang.

[1] Paramitha, Kartika Chandra dan Asidigisianti Surya Patria. 2016. Perancangan Media Komunikasi Visual untuk Promosi Wisata Paralayang di Batu. Jurnal Pendidikan Seni Rupa UNESA, Vol. 4(2): 293-299.

[2] Ibid.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Parasut Paralayang (Impor dan Lokal)"