Berapa Harga Ovomaltine di Indomaret dan Alfamart?

Kelezatan Ovomaltine sudah tidak perlu diragukan lagi. Konon, banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang legit dan manis. Selain itu, tidak sulit mendapatkan tersebut. Anda bisa membelinya di , seperti dan Alfamart, dengan tergolong terjangkau.

Ovomaltine (credit: yukepo)

Ovomaltine (credit: yukepo)

Cara Menikmati Ovomaltine

Selai cokelat Ovomaltine diklaim terbuat dari biji kakao murni yang berkualitas premium. Biji kakao secara ilmiah termasuk dalam genus Theobroma, dengan nama ilmiah Theobroma cacao.[1] Untuk selai cokelat yang lezat dengan daya oles yang tepat, biji kakao yang sudah disortir akan melalui proses roasting. Karena proses pembakaran yang tepat, rasa selai Ovomaltine tidak terlalu pahit seperti selai cokelat pada umumnya. Selain itu, ada bahan tambahan seperti susu untuk selai menjadi lebih creamy dan lembut.

Kelezatan Ovomaltine tidak hanya bisa dinikmati secara langsung. Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pendamping berbagai macam hidangan. Nah, salah satu kudapan manis yang sering dibuat orang menggunakan cokelat Ovomaltine adalah roti bakar. Untuk membuat roti bakar Ovomaltine, Anda membutuhkan setangkup roti tawar, margarin, dan cokelat Ovomaltine. Untuk roti tawarnya, Anda bisa memilih roti yang dilengkapi dengan pinggiran atau tidak.

Panaskan wajan teflon atau wajan anti lengket dan masukkan margarin ke dalam wajan. Ratakan margarin hingga leleh dan masukkan roti ke dalam wajan. Bakar roti menggunakan api kecil hingga warnanya berubah sedikit kecokelatan. Setelah itu, angkat dan olesi dengan selai Ovomaltine. Roti bakar sederhana ini cocok untuk menemani sarapan Anda.

Selain bisa dijadikan topping roti bakar, Ovomaltine kerap dijadikan sebagai isian martabak manis atau biasa disebut dengan nama terang bulan. Sementara harga martabak manis Ovomaltine terbilang tidak murah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan bahan 180 tepung terigu protein sedang, 70 gr tepung tapioka, 60 gr gula pasir, 350 ml susu cair, 1 sendok teh vanili, 1 sendok teh ragi instan, 2 butir telur, 100 gr margarin, 1/2 sendok teh baking powder, 1/2 sendok teh baking soda, dan 1/2 sendok teh garam.

Ilustrasi: Roti Bakar Ovomaltine (credit: Cemilku)

Ilustrasi: Roti Bakar Ovomaltine (credit: Cemilku)

Lelehkan margarin dengan sistem double boiler. Sebaiknya Anda memilih panci yang pas agar margarin bisa meleleh dengan cepat. Aduk margarin yang sudah meleleh dan sisihkan. Siapkan wadah berupa baskom atau mangkuk plastik berukuran sedang. Tuangkan tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, susu cair, vanili, dan ragi instan. Usahakan Anda memakai ragi yang masih aktif, sehingga adonan dapat terfermentasi dengan baik.

Baca juga  Update Harga Pakan Ikan Nila (per Kg dan per Karung)

Aduk semua bahan hingga tercampur rata menggunakan ballon whisk. Anda juga bisa mengaduk adonan dengan mixer berkecepatan sedang, karena lebih cepat dan praktis. Tutup bagian atas adonan menggunakan bersih atau plastik wrap dan diamkan selama 45 menit agar ragi pada adonan bekerja dengan baik.

Buka penutup adonan yang sudah terfermentasi dengan ciri ada gelembung-gelembung kecil di bagian permukaan adonan. Kocok lepas 2 butir telur dan masukkan ke dalam adonan. Tambahkan margarin cair, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk semua bahan hingga rata. Ciri adonan yang sudah siap dimasak adalah warnanya agak kekuningan dengan tidak terlalu amis.

Siapkan cetakan terang bulan. Jika Anda tidak memilikinya, bisa memakai wajan teflon anti lengket. Hindari penggunaan wajan besar dengan bentuk cekung, karena akan membuat adonan gosong di bagian pinggir dan mentah di bagian tengah. Selain itu, jenis wajan seperti ini mempersulit Anda ketika harus mengangkat martabak yang sudah matang.

Baca juga  Update Harga Udang Pancet per Kg (All Size)

Oleskan sedikit mentega di bagian dasar cetakan dan nyalakan kompor dengan api kecil. Sebaiknya Anda memakai cetakan atau wajan yang bagian dasarnya tebal, sehingga panas pada cetakan lebih merata dan tidak menumpuk di tungku kompor. Pakailah sendok sayur untuk menuangkan adonan. Tuang adonan secukupnya di teflon, dan sebaiknya Anda tidak menuang adonan terlalu banyak (paling tidak 1 hingga 1,5 takaran sendok sayur).

Ilustrasi: Martabak Topping Ovomaltine (credit: qraved)

Ilustrasi: Martabak Topping Ovomaltine (credit: qraved)

Agar panasnya merata dan adonan cepat matang, tutup wajan atau cetakan selama 5 menit. Buka penutup saat adonan mulai matang atau dalam kondisi setengah matang. Adonan yang hampir matang dapat dilihat dari permukaannya. Jika lubang-lubang kecil sudah muncul secara rata dan tidak ada adonan basah yang tersisa di tengah, maka martabak sudah matang.

Angkat terang bulan yang sudah jadi dan letakkan pada tatakan atau talenan. Olesi bagian atas martabak dengan butter agar rasanya gurih. Tambahkan selai cokelat Ovomaltine di atas martabak sebagai topping. Untuk banyaknya selai, bisa Anda takar sesuai selera. Setelah dioles topping, balik martabak menjadi dua hingga bentuknya seperti bulan sabit. Potong terang bulan menjadi beberapa bagian dan siap dihidangkan.

Paling enak, martabak disantap selagi hangat. Sebagai teman terang bulan yang sudah jadi, Anda bisa membuat es cokelat Ovomaltine. Caranya tidak sulit, siapkan es batu, Ovomaltine, dan susu UHT 250 ml. Tuang selai Ovomaltine ke dalam gelas saji berukuran 300 ml sebanyak dua sendok makan, tambahkan es batu. dan tuang susu UHT. Aduk semua bahan dalam gelas jadi satu dan es cokelat Ovomaltine siap dihidangkan.

Baca juga  Harga Supermi 1 Dus (Semua Varian Rasa)

Selain dijadikan sebagai es cokelat Ovomaltine, Anda bisa mencoba membekukannya seperti es krim. Caranya tidak sulit, Anda hanya perlu mencampurkan dua sendok makan selai Ovomaltine dan susu UHT segar hingga rata. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam plastik es. Ikat bagian atas plastik dan masukkan ke dalam freezer selama 2 jam. Es krim Ovomaltine ini cocok dinikmati saat hari sedang panas. Sebagian orang juga suka menambahkan taburan kacang atau remah biskuit sebagai penambah rasa es krim.

Untuk membuat semua resep di atas, pastikan Anda sudah memiliki selai cokelat Ovomaltine. Jika Anda belum memilikinya, Anda bisa membeli di Alfamart atau Indomaret terdekat dengan harga sebagai berikut.

Harga Ovomaltine (credit: myfood)

Harga Ovomaltine (credit: myfood)

Harga Ovomaltine di Indomaret

Di Indomaret, selai Ovomaltine dijual dalam kemasan toples plastik berisi 380 gr dengan crunchy cream. Untuk membeli Ovomaltine tersebut, Anda perlu menganggarkan dana mulai Rp80.500. Produk Ovomaltine biasanya diletakkan pada rak khusus di bagian roti dan camilan.

Harga Ovomaltine di Alfamart

Jika Anda kesulitan menemukan selai cokelat Ovomaltine di Indomaret, Anda bisa berkunjung ke Alfamart terdekat. Di Alfamart, selai cokelat Ovomaltine juga dijual dalam kemasan toples plastik dengan isi 380 gr dengan varian crunchy cream.Harga Ovomaltine di Alfamart sendiri terbilang lebih murah dibanding di Indomaret, yaitu sekitar Rp66.000.

Perlu Anda ketahui, harga Ovomaltine di Indomaret dan Alfamart tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung promo yang diadakan. Selain itu, ada kemungkinan harga Ovomaltine di Indomaret dan Alfamart di tiap daerah berbeda. Sehingga, Anda perlu mengecek harga Ovomaltine sebelum membelinya.

[1] Fajri, Fadlan, dkk. 2017, Pengaruh Penambahan Pektin Kulit Buah Kakao terhadap Sifat Sensorik Cokelat Batang. Jurnal Sains dan Teknologi Pangan, Vol. 2(6): 911-919.

author

Leave a reply "Berapa Harga Ovomaltine di Indomaret dan Alfamart?"