Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung (Royal Class, Executive, Bisnis AC)

Anda pasti sudah tidak asing dengan bus Damri. Ini bisa dikatakan sebagai perusahaan transportasi yang cukup tua di Tanah Air. Tidak hanya melayani di dalam kota maupun antarkota dalam provinsi (AKDP), bus Damri pun sudah mengoperasikan berbagai antarkota antarprovinsi (AKAP), termasuk -, dengan harga tiket yang bervariasi, tergantung kelas yang ditempati .

Sekilas Tentang Damri

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Perusahaan Transportasi PN Damri (sumber: beritatrans.com)

Dilansir dari situs resminya, Damri memiliki sejarah yang panjang dalam jagat transportasi darat di Tanah Air. Sejarah Damri bisa dimulai pada tahun 1943 silam, ketika Indonesia masih dalam jajahan Jepang. Saat itu, ada usaha transportasi bernama Jawa Unyu Zigyosha untuk melayani angkutan barang dan Zidosha Sokyoku yang bertugas melayani angkutan penumpang.

Selang dua tahun kemudian, transportasi Jawa Unyu Zigyosha berubah nama menjadi ‘Djawatan Pengangkoetan’ untuk angkutan barang, sedangkan Zidosha Sokyoku beralih menjadi ‘Djawatan Angkutan Darat’ yang khusus untuk mengangkut penumpang. Kedua jawatan tersebut lantas digabung menjadi satu dengan nama ‘Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia’ (disingkat Damri) pada tahun 1946 melalui Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No. 01/DAM/46.

Tugas utama Damri adalah menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya. Sejak saat itulah, Damri memiliki tugas untuk melayani masyarakat dan mengambil peran dalam mempertahankan kemerdekaan di era agresi Belanda, sekitar akhir dekade 1940-an sampai awal 1950-an.

Baca juga  Update Info Lengkap Daftar Tarif Gojek di Pontianak

Pada tahun 1961, Damri menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 233 tahun 1961. Selang empat tahun kemudian, BPUPN dihapus dan Damri ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN). Lalu, di tahun 1984, Damri kembali beralih status menjadi Perusahaan Umum (Perum) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1984.

Memasuki awal milenium ketiga, tepatnya pada tahun 2002, status Damri sebagai Perum disempurnakan dengan penerbitan Peraturan Pemerintah No. 31 tahun 2002, yang berlaku hingga saat ini. Perum Damri diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan jasa angkutan umum, penumpang dan barang, di atas dengan yang memiliki mutu tinggi.

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Armada Bus Damri (sumber: menulisindonesia.com)

Setidaknya, ada tujuh segmen usaha utama yang diselenggarakan Damri hingga saat ini. Usaha pertama adalah angkutan kota yang bertujuan melayani transportasi masyarakat dalam trayek perkotaan, baik reguler maupun BRT (Bus Rapid Transit). Angkutan kota ini diselenggarakan oleh 20 kantor cabang Damri dan 2 SBU khusus untuk BRT Transjakarta.

Segmen kedua adalah angkutan antarkota, yang terdiri dari angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), yang dilayani oleh 34 kantor cabang Damri. Segmen ketiga yaitu angkutan antar-lintas batas negara, yang melayani trayek dari Pontianak (Kalimantan Barat) dengan tujuan Kuching (Malaysia) dan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam). Selain itu, Damri saat ini juga sedang merintis rute antar-negara lainnya, seperti ke Timor Leste dan Papua Nugini.

Baca juga  Update Cara Membeli dan Tarif Tiket (E-Ticket) Busway TransJakarta

Segmen usaha berikutnya adalah angkutan pemadu moda atau angkutan bandara, yang telah melayani angkutan dari dan menuju bandara di 22 kota di Indonesia. Kantor cabang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang tercatat memiliki terbesar, dengan 27 trayek, yang didukung oleh lebih dari 270 unit armada.

Di samping itu, Damri juga mengadakan usaha angkutan travel atau pariwisata, dengan menggunakan kendaraan minibus dan bus besar. Unit ini bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dalam pengangkutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari kedatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke daerah-daerah asal TKI.

Segmen usaha utama yang berikutnya adalah angkutan yang melayani pengiriman barang dengan menggunakan truk. Damri bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk tujuan Medan, Dumai, , dan Mataram di jalur primer dan sekunder. Damri juga melayani angkutan barang sebagai layanan terusan dari kereta api logistik serta pihak swasta lainnya, seperti Astra, Farmasi, Carrefour, Unilever, dan lain-lain.

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Layanan ekspedisi logistik

Terakhir, Damri menyediakan angkutan penugasan pemerintah (perintis) yang melayani daerah-daerah terpencil dan terisolasi yang belum dilayani oleh perusahaan angkutan lain. Angkutan perintis merupakan penugasan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi agar anak-anak dapat bersekolah, biaya logistik dapat berkurang, dan hasil bumi terdistribusi dengan baik.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Layanan GrabCar di Jogja

Bus Damri Trayek Jakarta-Lampung

Dikutip dari berbagai sumber, untuk trayek dari Jakarta menuju Lampung, Damri menyediakan beragam kelas bus. Setidaknya, ada tiga tipe armada kelas yang telah disediakan oleh perusahaan ini, yaitu Royal Class, Executive, dan Bisnis AC. Masing-masing kelas tentunya mematok harga tiket yang berbeda, sesuai dengan yang disediakan.

Royal Class merupakan kelas paling eksekutif dari semua kelas yang ada. Armada ini menyediakan kursi hanya untuk 21 orang dengan formasi 2-1. Sementara, Executive adalah kelas menengah dengan formasi kursi 2-2 dan daya tampung sekitar 28 hingga 30 penumpang, sedangkan kelas Bisnis AC mampu menampung hingga 43 penumpang.

Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Fasilitas nyaman di dalam Bus Damri Jakarta-Lampung (sumber: lampung.tribunnews.com)

Kelas BusRuteHarga Tiket (Rp)
Royal ClassGambir-Bandar Lampung235.000
Gambir-Metro250.000
Jakarta-Talang Padang255.000
ExecutiveGambir-Bandar Lampung205.000
Kampung Rambutan-Bandar Lampung215.000
Depok-Bandar Lampung220.000
Jakarta-Metro220.000
Jakarta-Pringsewu225.000
Jakarta-Simpang Rindu230.000
Jakarta-Simpang Bungur230.000
Jakarta-Sukadana230.000
Jakarta-Talang Padang235.000
Jakarta-Kota Agung245.000
Jakarta-Unit II245.000
Bisnis ACGambir-Bandar Lampung165.000
Jakarta-Metro175.000
Jakarta-Pringsewu175.000
Jakarta-Bandar Jaya180.000
Jakarta-Talang Padang185.000
Jakarta-Kota Bumi190.000
Jakarta-Gayabaru210.000
Jakarta-Rumbia210.000
Jakarta-Simpang Rindu200.000
Jakarta-Simpang Bungur200.000
Jakarta-Sukadana200.000

Harga tiket bus Damri di atas kami rangkum dari akun Twitter resmi milik perusahaan. Harga tiket bus Damri tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi dan ekonomi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung (Royal Class, Executive, Bisnis AC)"