Info Terbaru Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung (Royal Class, Executive, Bisnis AC)

Anda pasti sudah tidak asing dengan bus Damri. Ini bisa dikatakan sebagai perusahaan transportasi yang cukup tua di Tanah Air. Tidak hanya melayani di dalam kota maupun antarkota dalam provinsi (AKDP), bus Damri pun sudah mengoperasikan berbagai antarkota antarprovinsi (AKAP), termasuk Jakarta-Lampung, dengan tiket yang bervariasi, tergantung yang ditempati penumpang.

Sekilas Tentang Damri

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Armada Bus Damri (sumber: menulisindonesia.com)

Dilansir dari situs resminya, Damri memiliki sejarah yang panjang dalam jagat transportasi darat di Tanah Air. Sejarah Damri bisa dimulai pada tahun 1943 silam, ketika Indonesia masih dalam jajahan Jepang. Saat itu, ada usaha transportasi bernama Jawa Unyu Zigyosha untuk melayani barang dan Zidosha Sokyoku yang bertugas melayani penumpang.

Selang dua tahun kemudian, transportasi Jawa Unyu Zigyosha berubah nama menjadi ‘Djawatan Pengangkoetan’ untuk angkutan barang, sedangkan Zidosha Sokyoku beralih menjadi ‘Djawatan Angkutan Darat’ yang khusus untuk mengangkut penumpang. Kedua jawatan tersebut lantas digabung menjadi satu dengan nama ‘Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia’ (disingkat Damri) pada tahun 1946 melalui Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No. 01/DAM/46.

Tugas utama Damri adalah menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya. Sejak saat itulah, Damri memiliki tugas untuk melayani masyarakat dan mengambil peran dalam mempertahankan kemerdekaan di era agresi Belanda, sekitar akhir dekade 1940-an sampai awal 1950-an.

Pada tahun 1961, Damri menjadi Badan Pimpinan Umum Perusahaan Negara (BPUPN) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 233 tahun 1961. Selang empat tahun kemudian, BPUPN dihapus dan Damri ditetapkan menjadi Perusahaan Negara (PN). Lalu, di tahun 1984, Damri kembali beralih status menjadi Perusahaan Umum (Perum) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 tahun 1984.

Memasuki awal milenium ketiga, tepatnya pada tahun 2002, status Damri sebagai Perum disempurnakan dengan penerbitan Peraturan Pemerintah No. 31 tahun 2002, yang berlaku hingga saat ini. Perum Damri diberi tugas dan wewenang untuk menyelenggarakan , penumpang dan barang, di atas jalan dengan yang memiliki mutu tinggi.

Setidaknya, ada tujuh segmen usaha utama yang diselenggarakan Damri hingga saat ini. Usaha pertama adalah angkutan kota yang bertujuan melayani transportasi masyarakat dalam trayek perkotaan, baik reguler maupun BRT (Bus Rapid Transit). Angkutan kota ini diselenggarakan oleh 20 kantor cabang Damri dan 2 SBU khusus untuk BRT Transjakarta.

Segmen kedua adalah angkutan antarkota, yang terdiri dari angkutan antarkota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP), yang dilayani oleh 34 kantor cabang Damri. Segmen ketiga yaitu angkutan antar-lintas batas negara, yang melayani trayek dari Pontianak (Kalimantan Barat) dengan tujuan Kuching (Malaysia) dan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam). Selain itu, Damri saat ini juga sedang merintis rute antar-negara lainnya, seperti ke Timor Leste dan Papua Nugini.

Armada bus Damri (sumber: nufalindo.com)

Armada bus Damri (sumber: nufalindo.com)

Segmen usaha berikutnya adalah angkutan pemadu moda atau angkutan bandara, yang telah melayani angkutan dari dan menuju bandara di 22 kota di Indonesia. Kantor cabang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang tercatat memiliki layanan terbesar, dengan 27 trayek, yang didukung oleh lebih dari 270 unit armada.

Di samping itu, Damri juga mengadakan usaha angkutan travel atau pariwisata, dengan menggunakan kendaraan minibus dan bus besar. Unit ini bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dalam pengangkutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari kedatangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke daerah-daerah asal TKI.

Segmen usaha utama yang berikutnya adalah angkutan logistik yang melayani pengiriman barang dengan menggunakan truk. Damri bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk tujuan Medan, Dumai, Surabaya, dan Mataram di primer dan sekunder. Damri juga melayani angkutan barang sebagai layanan terusan dari kereta api logistik serta pihak swasta lainnya, seperti Astra, Farmasi, Carrefour, Unilever, dan lain-lain.

Terakhir, Damri menyediakan angkutan penugasan pemerintah (perintis) yang melayani daerah-daerah terpencil dan terisolasi yang belum dilayani oleh perusahaan angkutan lain. Angkutan perintis merupakan penugasan dari pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi agar anak-anak dapat bersekolah, biaya logistik dapat berkurang, dan hasil bumi terdistribusi dengan baik.

Bus Damri Trayek Jakarta-Lampung

Dikutip dari berbagai sumber, untuk trayek dari Jakarta menuju Lampung, Damri menyediakan beragam kelas bus. Setidaknya, ada tiga tipe armada kelas yang telah disediakan oleh perusahaan ini, yaitu Royal Class, Executive, dan Bisnis AC. Masing-masing kelas tentunya mematok yang berbeda, sesuai dengan fasilitas yang disediakan. 

Royal Class merupakan kelas paling eksekutif dari semua kelas yang ada. Armada ini menyediakan kursi hanya untuk 21 orang dengan formasi 2-1. Sementara, Executive adalah kelas menengah dengan formasi kursi 2-2 dan daya tampung sekitar 28 hingga 30 penumpang, sedangkan kelas Bisnis AC mampu menampung hingga 43 penumpang.

Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung

Harga, tiket, bus, damri, armada, penumpang, kelas, tipe, Twitter, perusahaan, resmi, trayek, rute, Jakarta, Lampung, eksekutif, bisnis, fasilitas, seat, bandara, angkutan, truk, logistik

Fasilitas nyaman di dalam Bus Damri Jakarta-Lampung (sumber: lampung.tribunnews.com)

Kelas BusRuteHarga Tiket (Rp)
Royal ClassGambir - Bandar Lampung 235.000
Gambir - Metro 250.000
Jakarta - Talang Padang275.000
Executive Gambir - Bandar Lampung205.000 
Gambir - Tanjungkarang 205.000 
Depok - Bandar Lampung 220.000 
Jakarta - Metro 220.000
Jakarta - Pringsewu 225.000
Kampung Rambutan - Bandar Lampung230.000 
Jakarta - Simpang Randu 230.000 
Jakarta - Simpang Bungur230.000
Jakarta - Sukadana 230.000 
Jakarta - Talang Padang235.000 
Jakarta - Kota Agung 245.000 
Jakarta - Unit II245.000 
Bisnis ACGambir - Bandar Lampung160.000 
Jakarta - Metro 175.000 
Jakarta - Pringsewu175.000 
Jakarta - Bandar Jaya 180.000 
Jakarta - Talang Padang 185.000
Jakarta - Kota Bumi 190.000 
Jakarta - Simpang Randu 200.000
Jakarta - Simpang Bungur 200.000
Jakarta - Sukadana 200.000
Jakarta - Gayabaru210.000 
Jakarta - Rumbia210.000 

Harga tiket bus Damri tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Info Lengkap dan Terbaru Harga Alat Berat Bekas di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Tiket Bus Damri Jakarta-Lampung (Royal Class, Executive, Bisnis AC)"