Update Harga Cetirizine Drop (10ml & 20ml), Obat untuk Alergi

Pernahkah Anda mengalami bersin-bersin, dengan mata yang gatal dan berair? Umumnya, bersin-bersin, yang disertai dengan mata gatal dan berair, terjadi dalam waktu yang cukup lama. Gangguan tersebut bisa jadi merupakan gejala rhinitis alergi. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengonsumsi Cetirizine Drop, yang dijual dengan harga berkisar Rp39 ribuan untuk kemasan 10 ml.

Ilustrasi: Rhinitis Alergi (credit: Allergytampa)

Ilustrasi: Rhinitis Alergi (credit: Allergytampa)

Rhinitis alergi bisa terjadi ketika sistem tahan tubuh mendeteksi adanya suatu alergen atau material asing, kemudian tubuh menghasilkan senyawa histamin untuk mengatasi alergen tersebut. Histamin inilah yang menyebabkan pilek, bersin, hidung tersumbat, mata berair, lendir di tenggorokan, batuk, dan lemas.

Penyakit ini biasanya terjadi bila seseorang memiliki alergi terhadap udara dingin, debu, tungau, atau makanan tertentu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rhinitis alergi. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengurangi paparan alergen yang memicu kondisi tersebut. Namun, hal ini baru bisa Anda lakukan bila Anda sudah mengetahui apa penyebab alergi yang biasa Anda alami. Selain itu, Anda harus teratur dalam membersihkan hidung atau irigasi hidung dengan larutan campuran setengah sendok teh garam dan setengah sendok teh baking powder dalam 568 ml air matang, yang telah didinginkan mencapai suhu tubuh.

Kondisi akibat sensitivitas berlebihan pada hidung ini bisa terjadi karena faktor bakat sejak lahir atau lingkungan. Upaya yang bisa penderita lakukan adalah menghindari penyebabnya. Bakat itu sudah dibawa sejak lahir. Namun, upayakan mengendalikan supaya gejala tidak muncul atau kalau muncul sangat ringan, sehingga tidak mengganggu aktivitas. Misalnya, penyebab seseorang bersin-bersin adalah debu. Jadi, sebisa mungkin untuk menghindari diri dari lingkungan berdebu. Bersihkan rumah secara rutin agar tidak ada debu, bulu hewan, atau jamur yang bisa menyebabkan alergi. 

Apakah perlu konsumsi obat? Langkah ini bisa ditempuh asalkan sudah berusaha sebisa mungkin menghindarkan diri dari penyebab dan tergantung derajat keparahan alergi. Tentunya, itu harus berdasarkan anjuran ahli kesehatan. Juga, dilihat kekerapan munculnya, misalnya enam bulan sekali atau setiap hari. Kalau terus-menerus muncul, perlu pengobatan yang agresif. Kalau jarang, cukup diberi obat saat muncul gejala. Penggunaan obat antihistamin ini sama seperti obat demam. Bila gejala hilang, tak perlu konsumsi obat lagi. 

Indikasi Cetirizine Drop

Nah, saat ini sudah banyak produk obat untuk alergi rhinitis yang bisa dibeli di apotik, salah satunya adalah Cetirizine Drop, yang tersedia dalam kemasan 10 ml dan 20 ml. Tiap ml Cetirizine Drop diklaim mengandung cetirizine dihydrochloride 10 mg. Cetirizine merupakan antihistamin dengan efek sedatif yang rendah dan mempunyai sifat tambahan sebagai anti alergi. Ini adalah antagonis selektif reseptor H1.

Salah satu produk Cetirizine drops (sumber: unilab.com.ph)

Salah satu produk Cetirizine drops (sumber: unilab.com.ph)

Efeknya terhadap reseptor lain dapat diabaikan sehingga cetirizine hampir bebas dari efek anti-kolinergik dan anti-serotonin. Cetirizine menghambat pelepasan histamin pada fase awal dari reaksi alergi, mengurangi migrasi dari sel inflamasi, dan merupakan mediator yang berhubungan dengan respon alergi yang terlambat.

Cetirizine adalah obat antihistamin yang berfungsi meredakan reaksi alergi, seperti pilek, mata merah dan berair, juga kulit gatal biduran. Cetirizine untuk gatal dan alergi umum diresepkan dokter dalam bentuk 10 mg atau sediaan cair (sirup atau drop) kemasan 10 mg/ml, yang ditelan lewat mulut. Selain itu, Cetirizine juga tersedia dalam versi generik non resep.

Obat yang mengandung cetirizine diketahui lebih efisien daripada antihistamin generasi kedua lainnya. Obat ini juga lebih dipilih daripada diphenhydramine karena cetirizine mempunyai efek samping yang lebih kecil terhadap sistem saraf pusat. Cetirizine sirup biasanya dikemas dalam botol berisi larutan berwarna putih transparan jernih dengan rasa dan bau mirip pisang, yang juga disertai pipet kecil untuk menakar tetes dosis.

Cetirizine Drop harus dilarutkan dengan air. Teteskan Cetirizine Drop sesuai dosis yang dianjurkan dalam satu sendok makan air putih. Untuk menghindari kontraindikasi, hindari mencampurkan Cetirizine Drop dengan susu, teh, kopi, dan minuman beralkohol. Anda juga bisa melarutkannya dalam makanan, namun efek obat akan muncul sedikit terlambat (kira-kira satu jam setelah obat).

Dosis dan Aturan Konsumsi Cetirizine Drop 

Sebelum mengonsumsi Cetirizine, baca dengan teliti dulu keterangan yang tercantum pada brosur atau label kemasan obat. Biasanya, dalam kemasan obat, sudah terdapat informasi umum seputar dosis dan cara pakai Cetirizine. Jangan menggunakan obat dalam jumlah yang lebih besar atau lebih lama dari yang direkomendasikan. Cetirizine boleh diminum sebelum atau sesudah makan. Jika Anda mengalami sakit perut setelah minum obat, sebaiknya konsumsi obat ini setelah makan untuk mengurangi iritasi lambung.

Ilustrasi: Obat Drop Untuk Alergi (credit: healthline)

Ilustrasi: Obat Drop Untuk Alergi (credit: healthline)

Namun, tablet Cetirizine 10 mg harus dihindari oleh hamil. Konsumsi obat yang disengaja oleh ibu hamil tidak menghasilkan efek berbahaya pada janin. Meski demikian, penggunaan obat harus tetap dihentikan. Begitu pula bayi dan anak berusia di bawah 2 tahun, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi Cetirizine Drop. Sementara, orang dewasa yang lebih tua mungkin perlu mengambil dosis yang lebih rendah dari takaran dewasa normal.

Bila dikonsumsi sesuai dosis, obat ini biasanya tidak menyebabkan kantuk. Namun, Anda yang sedang mengemudikan kendaraan bermotor atau mengoperasikan alat berat sebaiknya perlu berhati-hati setelah minum Cetirizine untuk gatal. Hubungi dokter jika gejala tidak membaik, makin memburuk, atau jika Anda juga mengalami demam. Berikut informasi harga terbaru Cetirizine Drop di apotek pada 2021.

Harga Cetirizine Drop

Varian Cetirizine DropKisaran Harga (Rp)
Cetirizine Drop 10 ml39.089
Cetirizine Drop 20 ml85.400

Pada 2019, obat Cetirizine Drop dijual mulai harga Rp37 ribuan untuk kemasan 10 ml. Namun pada 2020 lalu, harga tersebut naik sedikit menjadi Rp38.052 per botol. Selain itu, Cetirizine Drop kemasan 20 ml juga terbilang naik pada 2021. Jika pada 2020 lalu Cetirizine Drop 20 ml dijual seharga Rp82.500, maka saat ini ditawarkan seharga Rp85.400. Meski tidak signifikan, Cetirizine Drop 10 ml juga ikut naik pada 2021 dari harga Rp38.052 menjadi Rp39.089.

Tidak sulit mendapatkan obat ini, karena Anda bisa membelinya di berbagai apotik seperti Apotek K24 dan Kimia Farma. Beberapa situs jual beli online juga menjual obat Cetirizine Drop dengan harga bersaing. Perlu diingat, harga di atas tentu dapat berbeda-beda tergantung tempat pembelian.

[Update: Ditta]

Baca juga  Dosis & Update Harga Obat Mycostatin
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Cetirizine Drop (10ml & 20ml), Obat untuk Alergi"