Info Terkini Harga Dot Kucing

No comment2106 views

Bagi Anda yang memelihara kucing dengan usia baru beberapa bulan, pastinya masih membutuhkan aplikator khusus untuk memberi makan dan minum. Kucing yang masih kecil harus diberi susu khusus kucing dengan perantara dot. Untungnya, saat ini tidak sulit menemukan dot kucing, dengan harga yang tergolong cukup terjangkau.

Pada dasarnya, kucing merupakan salah satu hewan yang diminati oleh masyarakat sebagai hewan peliharaan. Sifatnya yang manja dengan tampilan yang lucu, kerap membuat orang gemas. Meskipun begitu, masih saja banyak orang yang belum terlalu paham dengan cara merawat kucing.[1] Sehingga, tak jarang ditemui kucing rumahan yang berkutu atau tidak terawat dengan baik. Untuk itu, berikut adalah cara merawat kucing dengan tepat.

Ilustrasi: Memelihara Kucing (credit: Healthline)

Ilustrasi: Memelihara Kucing (credit: Healthline)

Cara Tepat Merawat Kucing

Kucing memang binatang yang memiliki daya tahan kuat dan tidak mudah sakit. Meskipun begitu, Anda harus pandai-pandai merawat hewan tersebut. Sama seperti makhluk hidup lainnya, kucing juga membutuhkan perawatan yang khusus. Anda tidak bisa merawatnya secara sembarangan, apalagi jika itu adalah kucing ras.

Kucing harus diberi makan setiap hari dengan makanan khusus kucing yang . Meskipun Anda bisa memberikan berbagai macam makanan, seperti nasi, tahu goreng, , kerupuk, dan asin, akan lebih baik jika Anda memberikan pelet pakan kucing. Pemberian pakan yang kurang baik pada kucing dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti sakit perut, keracunan, atau mengalami kerontokan pada bulu jika Anda kurang memperhatikan makanannya.

Baca juga  Info Terkini Harga Biola Yamaha (Baru dan Bekas)

Seperti manusia, kucing peliharaan juga perlu diberi minum. Untuk kucing dewasa, Anda bisa memberikan air mineral yang bersih dan tidak tercampur dengan bahan apa pun. Air seperti ini sering disebutkan dapat menyehatkan kucing sekaligus membantu menurunkan suhu badan mereka ketika cuaca sedang panas.

Kucing memang suka dengan susu, tetapi Anda tidak bisa memberinya susu sapi atau susu kemasan yang biasa Anda minum sehari-hari. Berikan susu kucing atau susu yang memang aman untuk dikonsumsi oleh kucing Anda. Pemberian jenis susu yang salah, dapat menyebabkan diare, gejala keracunan, dan kematian pada kucing.

Perlu Anda ketahui pula, dalam memberikan minum untuk bayi kucing atau kucing yang masih berusia 2 bulan, Anda memerlukan aplikator khusus berupa dot kucing. Jadi, kira-kira sama seperti memperlakukan bayi yang baru lahir. Nah, berikut kami sajikan harga dot kucing sebagai referensi untuk Anda yang mencari benda tersebut.

Dot kucing (sumber: aliexpress.com)

Dot kucing (sumber: aliexpress.com)

Harga Dot Kucing

Varian Dot KucingHarga
Dot Kucing Regina Rp15.000
Dot Kucing Cow-CowRp15.000
Dot Kucing RecentRp20.000
Dot Kucing Accessories by JapanRp25.000
Dot Kucing Mini HT ChiroRp28.000 – Rp45.000
Dot Kucing Kandila Pet Nursery KitRp30.000 – Rp45.000
Dot Kucing Dill Pet BottlesRp35.000
Dot Kucing SweetRp52.500
Dot Kucing Miracle Nipple KittenRp10.000
Baca juga  Karakteristik, Cara Merawat, dan Harga Kucing Sphynx

Harga dot kucing di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pet shop dan platform e-commerce. Jika dibandingkan tahun 2020 lalu, harganya sebenarnya relatif stabil. Dot Miracle Nipple Kitten misalnya, tahun lalu dijual Rp120 ribu, dan sekarang sedikit naik menjadi Rp130 ribu. Sementara, harga dot kucing Dill Pet Bottles yang semula Rp40 ribuan, saat ini malah turun menjadi Rp35 ribuan.

Ilustrasi: Anakan Kucing Meminum Susu Pakai Dot (credit: miami.cbslocal)

Ilustrasi: Anakan Kucing Meminum Susu Pakai Dot (credit: miami.cbslocal)

Selain itu, Anda juga perlu melakukan vaksin pada kucing. Vaksinasi kucing dapat dilakukan di dokter hewan atau pet shop terpercaya. Jika Anda memiliki anak kucing, Anda harus melakukan vaksin ketika mereka berusia 6 hingga 8 minggu. Sebaiknya jika Anda melakukan vaksin pada anak kucing ketika mereka berusia 2 minggu.

Vaksin ulang juga harus dilakukan ketika anak kucing sudah berusia 12 minggu, dan pastikan Anda melakukan vaksinasi di tempat yang terpercaya. Pastikan vaksin sudah memiliki sertifikat resmi, ini sebagai tanda bahwa mereka adalah orang yang ahli dalam hal tersebut.[2] Jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan kucing agar mereka tetap sehat. Anda bisa memandikannya dengan shampo khusus kucing setiap minggu dengan air hangat. Sebaiknya, jika Anda tidak bisa memandikan kucing sendiri, Anda bisa membawanya ke pet shop.

Baca juga  Info Terbaru Harga Saxophone Yamaha (Berbagai Tipe)

Seluruh tubuh kucing harus dibersihkan, mulai dari muka, kuku, hidung, , hingga telinganya. Untuk membersihkan area telinga, Anda bisa menggunakan cotton bud atau alat khusus, sedangkan untuk membersihkan hidung dan muka, bisa memakai lap yang dibasahi dengan sedikit air. Setiap minggu sekali, Anda juga perlu memotong kuku kucing, dan memeriksakan kesehatannya ke dokter setiap 6 bulan sekali.

[Update: Panca]

[1] Anisa, dkk. 2017. Sistem Perawatan Kucing Berbasis Aturan. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Universitas Tanjungpura Kalimantan Barat, 5(4): 219-222.

[2] Hartuti, Reza , dkk. 2014. Kajian Kesejahteraan Kucing yang Dipelihara pada Beberapa Pet Shop di Wilayah Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Medika Veterania Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, Vol. 8(1): 37-42.

author

Leave a reply "Info Terkini Harga Dot Kucing"