Update Harga Nature Stek Penumbuh Akar Stek Batang

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tanaman lebih cepat tumbuh seperti memilih penyubur yang tepat. Tanaman yang tumbuh dengan cepat bisa menghasilkan makanan atau (seperti buket) lebih cepat. Dengan merencanakan cara pemberian makanan bagi tanaman Anda dan jenis tanaman yang akan ditanam, Anda akan bisa menumbuhkan tanaman lebih cepat. Nah, bagi Anda yang mengidamkan perawatan praktis, dapat mencoba Nature Stek sebagai penumbuh akar stek batang yang dijual di berbagai pertanian dengan harga relatif terjangkau.

Anda bisa memperbanyak tanaman dari tanaman yang sudah ada di kebun. Caranya mudah dan bisa menjadi pilihan yang baik untuk membiakkan tanaman favorit Anda, apalagi jika tanaman termasuk varietas langka, merupakan tanaman warisan atau tergolong tanaman mahal.

Ilustrasi: Metode Stek Tanaman (credit: Rumah123)

Ilustrasi: Metode Stek Tanaman (credit: Rumah12)

Cara dan Langkah Menanam Tanaman dengan Metode Stek

Menyiapkan Bahan

Langkah awal pada stek batang adalah dengan menyiapkan media yang nantinya digunakan untuk menanam stek tersebut. Biasanya media tersebut berisi campuran pasir dengan pupuk kompos atau tanah dengan pupuk kompos atau dapat pula menggunakan serbuk gergaji kayu tergantung jenis pohon yang akan di stek. Adapun perbandingan antara pasir dengan pupuk kompos adalah 1:1, atau 2:1.

Masukkan media tersebut ke polybag atau tempat lain dengan ketentuan untuk kedalamannya minimal 10 cm. Dalam pengisian polybag tidak boleh sampai penuh, sisakan 3 cm di bawah bibir polybag. Berilah air pada media tersebut hingga air keluar lagi, hal ini agar semua media dapat terkena air.

Pemotongan Batang

Tahap kedua adalah pemotongan pada batang tersebut. Akan tetapi pada tahap ini terdapat beberapa ketentuan lain seperti, stek lunak dan setengah lunak. Untuk kedua stek ini sebaiknya potonglah batang atau ranting pohon dengan panjang sekitar 10-12,5 cm dengan diameter 0,5 cm. Kemudian buanglah bagian bawah daun dan menyisakan beberapa helai saja.

Sedangkan untuk stek keras, potonglah dengan panjang 15-20 cm dan yang perlu diingat bahwa pemotongan pada stek keras harus di bawah bagian yang lunak. Kemudian sisakan 3 helai daun saja pada bagian atas hasil stek.

Menambahkan Nutrisi

Untuk tahap ketiga ini, kita dapat menambahkan yang dapat merangsang dari tanaman yang akan distek tersebut. Caranya adalah dengan memasukkan bagian pangkal hasil stek ke zat tersebut. Kemudian sambungkan pangkal stek tersebut ke batang yang dibelah sebelumnya.

Setelah keduanya terlihat tersambung, kemudian bungkuslah dengan plastik yang transparan sehingga cahaya matahari dapat masuk. Langkah selanjutnya adalah tempatkan di tempat yang teduh agar dapat tumbuh dengan baik dan tunggulah dalam jangka waktu kurang lebih 1 minggu untuk menunggu hasilnya.

Ilustrasi: Cara Stek Tanaman (credit: Popbela)

Ilustrasi: Cara Stek Tanaman (credit: Popbela)

Perawatan

Apabila sudah 1 minggu, lihatlah stek batang tersebut. Biasanya sudah muncul daun baru yang masih segar dan bagian pangkalnya dari sambungan sudah mulai berakar. Setelah 1 bulan, biasanya tanaman tersebut sudah dapat dipindah ke wadah yang lebih besar. Akan tetapi jangka waktu ini tergantung dari tanaman yang distek.

Setelah dipindahkan ke tempat yang lebih besar, rawatlah hingga tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dapat dipindahkan lagi ke lahan pertanian. Yang perlu diperhatikan di sini adalah jangan sampai hasil stek ini mengalami kekeringan, hal ini dikarenakan dapat membuat tanaman tersebut menjadi layu bahkan mati. Akan tetapi tidak boleh kelebihan air karena akan mengganggu sistem perakarannya.

Nature Stek Penumbuh Akar Stek Batang

Nature Stek adalah formula baru penumbuh akar untuk stek batang tanaman aneka buah, di antaranya tanaman manggis, jambu, jeruk, alpukat, kelengkeng, sirsak, rambutan dan mangga. Nature Stek diklaim terbuat dari 100% bahan alami tanpa yang diproses dengan teknologi ekstraksi terkini menghasilkan serbuk dengan konsentrat tinggi. Nature Stek menjadi penunjang keberhasilan perbanyakan bibit tanaman. Kandungan zat pengatur tumbuh yang lebih manjur dan nutrisi pertumbuhan yang lebih kompleks, membuat Nature Stek praktis digunakan dan lebih hemat.

Dengan Nature Stek ini, Anda tidak perlu lagi repot naik pohon untuk mencangkok tanaman yang Anda inginkan. Cukup potong batang tanaman maksimal 1 meter, dengan diameter maksimal 10 cm, potong daun dan disisakan sedikit, kerat 7 sampai 10 cm bagian yang akan diolesi pasta Nature Stek. Diamkan sampai kering, kemudian siap ditancapkan ke polybag yang sudah diisi metan. Buat tongkat penyangga agar tanaman tidak goyang, tempatkan di bawah plastik UV atau tidak terkena sinar matahari langsung dan terlindung dari air hujan. Tunggu 4-6 minggu, maka stek Anda akan mengeluarkan tunas.

Kemasan Nature Stek (sumber: pikub.com)

Saran dan Petunjuk Pemakaian Nature Stek

  • Sediakan media tanam stek: tanah + sekam bakar/sabut kelapa yang lembut + pasir. Campurkan dengan perbandingan 2:1:1. Tidak perlu memakai pupuk kandang.
  • Tinggi batang yang akan di stek 30-60 cm.
  • Sisakan sedikit daun batang yang ingin distek.
  • Diameter batang yang distek sekitar 5-10 cm atau lebih.
  • Campurkan 1 tutup serbuk nature stek dengan air biasa dan dibuat seperti pasta agak cair, kemudian oleskan ke batang lalu tunggu sampai kering.
  • Tanam batang tadi, lalu siram setiap pagi dan sore. Hindari terpaan air hujan.
  • Hindarkan matahari langsung, tempatkan di area teduh atau yang menggunakan naungan.
  • Pertumbuhan tunas baru akan muncul ketika 5-6 minggu atau lebih.
  • Penggunaan pupuk kandang dapat diberikan setelah tumbuhnya tunas, ranting, batang, dan daun telah tumbuh normal dan kokoh.
  • Pada musim panas atau kemarau sebaiknya batang yang distek perlu disungkup plastik agar mengurangi penguapan.

Karena permintaan konsumen agar penggunaan Nature Stek dapat lebih praktis dan dengan mudah diaplikasikan, maka per Juli 2018, Nature stek dari dua formula dijadikan satu ramuan. Formula tersebut memudahkan petani memakai satu botol saja. Berikut informasi harga Nature Stek saat ini. 

Harga Nature Stek

Jenis PembelianHarga (Rp)
Nature Stek kemasan repack 50 gr 35.000
Nature Stek per botol 100 gr70.000
Paket Bundling Nature Stek isi 2 botol120.000

Pada 2019, harga produk Nature Stek terpantau berada pada kisaran Rp150 ribuan. Namun, pada 2020 Nature Stek turun harga menjadi Rp110 ribuan per dua botol. Memasuki 2021, Paket Bundling Nature Stek isi 2 botol saat ini ditawarkan seharga Rp120 ribu. 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat datang ke toko pertanian terdekat atau menelusuri berbagai situs online lainnya. Harga di atas tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

[Update: Ditta]

Baca juga  Update Harga Bunga Anggrek Termahal di Pasaran dan Dunia
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Nature Stek Penumbuh Akar Stek Batang"