Resep dan Harga Milo Cube (Semua Varian Kemasan)

Milo merupakan salah satu produk susu dari PT Nestle Indonesia yang memiliki strategi prospektif bagi anak-anak dan .[1] Selain merilis minuman cokelat bubuk kemasan siap seduh, PT Nestle juga merilis Milo cube yang dipasarkan dalam kemasan isi 10 pcs, 25 pcs, 50 pcs, hingga 100 pcs dengan harga relatif terjangkau.

Milo Cube (sumber: diadiemanuong.net.vn)

Milo Cube (sumber: diadiemanuong.net.vn)

Resep Membuat Milo Padat dan Cube

Sebagai salah satu minuman siap seduh yang cukup populer, Milo tidak hanya bisa dinikmati dengan cara diminum. Banyak orang yang mencoba inovasi baru, mulai dari langsung dimakan dengan sendok, dijadikan bahan taburan kue, hingga dipadatkan. Memadatkan Milo memang sudah bukan hal yang aneh lagi, apalagi jika Anda adalah generasi 90-an.

Bagi sebagian generasi Y, belum puas rasanya makan Milo jika tidak dijadikan permen bubuk padat. Cara membuat Milo padat ala generasi milenial ini tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan satu buah jarum, sebungkus Milo, kain, dan setrika. Usahakan Anda memilih Milo dengan kemasan kecil. Beberapa orang juga memakai Milo kemasan plastik panjang supaya hasilnya lebih merata dan tidak mudah pecah.

Tusukkan jarum di bagian belakang kemasan Milo sachet untuk mengeluarkan udara di dalam kemasan. Hal ini sangat penting supaya bubuk cokelat tidak menjadi lembek akibat uap . Usahakan Anda memilih bagian kemasan yang agak tebal dan tersembunyi, sehingga bubuk susu tidak berhamburan saat pemadatan.

Letakkan kain di atas meja setrika atau lantai dengan permukaan yang datar. Letakkan sebungkus Milo di bagian atas kain dan lipat bagian samping kain untuk menutupinya sebagai alas setrika. Panaskan setrika Anda dan usahakan tidak menggunakan setrika uap untuk mencegah udara lembap masuk ke dalam kain atau plastik Milo.

Setrika yang sudah panas bisa digosokkan ke atas permukaan kain yang di bawahnya terdapat Milo sachetan. Gosokkan secara perlahan dan usahakan dengan kecepatan konstan selama kurang lebih dua hingga tiga menit atau hingga bubuk cokelat menjadi agak keras. Jangan terlalu lama menggosokkan setrika di bungkus Milo, karena dapat membuat produk gosong dan pahit.

Baca juga  Harga Carbon Kevlar Lembaran (200 GSM, 220 GSM, 240 GSM)

Singkirkan setrika Anda dan buka bagian atas kain untuk mengambil produk yang sudah jadi. Ciri-ciri Milo padat yang baik adalah keras dan tidak pecah saat diangkat. Buka bagian atas plastik menggunakan gunting dan hindari merobeknya secara manual, karena bisa membuat bagian pinggir Milo padat rusak atau pecah. Keluarkan Milo padat yang sudah jadi dari dalam plastik secara perlahan dan susu cokelat ini siap dimakan seperti permen.

Rasa Milo padat ini sangat ringan, dengan tekstur cokelat bubuk yang tipis dan sedikit krispi. Rasanya juga terbilang manis dengan cokelat bubuk yang lumer dan meleleh di mulut. Inilah alasan cara makan Milo bubuk sachet seperti ini cukup terkenal di eranya. Saat itu, yang melakukan cara ini tidak hanya para remaja, tetapi juga anak-anak.

Ilustrasi: Milo cube bikinan sendiri (sumber: womantalk.com)

Ilustrasi: Milo cube bikinan sendiri (sumber: womantalk.com)

Selain bisa membuat Milo padat ala generasi Y, Anda juga bisa membuat cokelat bubuk padat ala generasi Z. Berbeda dengan susu cokelat padat ala generasi 90-an, Milo buatan anak generasi 2010 ini terbilang lebih unik dan menarik, karena bentuknya yang dan tekstur yang lebih padat.

Untuk membuat Milo cube seperti ini tidaklah sulit, karena Anda hanya memerlukan cetakan es dengan bahan silikon, 3 bungkus Milo sachet kemasan isi 22 gr, dan pemanas. Anda juga bisa menggunakan Milo kemasan kaleng dengan takaran 66 gr atau bisa Anda sesuaikan dengan volume cetakan es batu. Usahakan cetakan es yang Anda gunakan anti panas atau tidak meleleh saat dipanggang ke dalam oven. Bagi Anda yang tidak memiliki pemanas seperti oven, Anda juga bisa memakai microwave.

Baca juga  Info Keunggulan dan Harga Sofa Bed Inoac

Masukkan bubuk Milo ke dalam kemasan ice cube secara merata hingga ke bagian paling atas cetakan. Usahakan tidak ada rongga udara atau ruang yang tidak terisi. Untuk memastikan apakah bubuk Milo sudah masuk ke dalam cetakan dengan baik, Anda bisa menggunakan papan yang terbuat dari besi atau kardus untuk menekan bagian atasnya.

Sebagai tips bagi Anda yang tidak memiliki alat penekan atau press cetakan es, Anda bisa menggunakan sendok kecil. Cara ini diketahui lebih ampuh dibandingkan menggunakan kertas atau kardus. Secara perlahan, tekan-tekan bagian atas bubuk Milo pada cetakan es memakai ujung sendok kecil. Usahakan bagian permukaan yang dipadatkan memiliki ketinggian yang sama, sehingga ketika dipanggang bentuknya akan rapi.

Masukkan cetakan silikon berisi bubuk cokelat ke dalam oven yang sudah dipanaskan hingga suhu 170 derajat Celcius selama dua hingga tiga menit. Jika Anda menggunakan microwave bersuhu rendah, kemungkinan Anda membutuhkan waktu selama kurang lebih lima menit. Lamanya proses pemanggangan juga disebabkan besarnya cetakan ice cube yang Anda pakai. Semakin besar cetakan, maka semakin lama prosesnya.

Tanda bahwa Milo Anda sudah matang atau siap diangkat adalah bentuk Milo yang lebih padat dan kecil atau menyusut di bagian pinggirnya. Hal ini karena kadar air pada bubuk Milo sudah habis menguap akibat proses pemanggangan. Selain itu, molekul air pada bubuk cokelat menjadi satu dan mengubah tekstur produk yang semula bubuk menjadi padat.

Keluarkan cetakan dari dalam oven atau microwave dan angin-anginkan supaya suhunya turun. Setelah cukup dingin, masukkan ke dalam lemari pendingin. Beberapa orang menyarankan untuk meletakkannya di freezer supaya lebih enak saat dimakan. Selama 30 hingga 60 menit, Milo cube yang ada di dalam lemari es akan lebih padat dan sedikit membeku, setelah itu Anda baru bisa mengeluarkannya dari kulkas.

Baca juga  Harga Pupuk Dekastar (Semua Varian dan Kemasan)

Gunakan lidi atau garpu untuk mengeluarkan Milo cube dari cetakan es batu. Anda juga bisa menekan bagian bawah cetakan secara perlahan untuk mengeluarkannya. Milo cube yang sudah jadi bisa langsung disantap bersama secangkir Milo hangat. Hidangan ini tidak harus dihabiskan dalam sekali penyajian, karena Anda bisa menyimpannya di dalam kedap udara atau meletakkannya di plastik dan dimasukkan ke dalam lemari pendingin supaya lebih awet.

Milo Cube (sumber: shopee)

Milo Cube (sumber: shopee)

Cara membuat Milo cube seperti ini memang mudah, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya, apalagi jika Anda terlalu sibuk dengan aktivitas harian dan tidak memiliki banyak waktu luang. Sebagai solusi, Anda bisa membeli Milo cube instan yang sudah dikemas dalam kertas dan plastik di pasaran. Sebagai referensi harga Milo cube, Anda bisa melihat tabel berikut.

Harga Milo Cube

Varian Kemasan Milo CubeHarga
Milo Cube 1 pcsRp704
Milo Cube Kemasan Plastik isi 50 pcsRp40.000
Milo Cube Kemasan Plastik isi 100 pcsRp75.000
Milo Cube Kemasan Plastik Repack isi 25 pcsRp19.000
Milo Cube Kemasan Plastik isi 10 pcsRp10.000
Milo Cube Kemasan Dus isi 24 pack x 100 pcsRp1.430.000
Milo Cube Kemasan Plastik Repack isi 50 pcsRp35.000
Milo Cube Kemasan ToplesRp17.000
Milo Cube Kemasan KeranjangRp100.000

Harga Milo cube di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga produk ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Suhada, Fitria Irviani & Ety Dwi Susanti. 2010. Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk Susu Milo di Hypermarket. Jurnal Bisnis Indonesia Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Vol. 1(2): 56-65.

author

Leave a reply "Resep dan Harga Milo Cube (Semua Varian Kemasan)"