Info Terbaru Jadwal & Harga Tiket Kapal Laut Jakarta-Pontianak PP

tengah mahalnya harga tiket pesawat sejumlah rute domestik Indonesia, masyarakat mulai melirik kembali moda kapal laut untuk bepergian antar daerah atau bahkan antar pulau. Misalnya saja untuk bepergian dari Jakarta ke Pontianak atau sebaliknya, Anda bisa menumpang kapal laut milik Pelni seperti KM Bukit Raya atau KM Lawit dengan harga tiket yang relatif terjangkau dibanding tiket pesawat.

KM Lawit sarana transportasi Jakarta - Pontianak (sumber: wikipedia)
KM Lawit sarana transportasi Jakarta – Pontianak (sumber: wikipedia)

Sebagai informasi, PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) adalah perusahaan angkutan penumpang laut terbesar Indonesia. Pelni merupakan salah satu dari tiga BUMN di bidang pelayaran.[1] Dilansir dari Wikipedia, Pelni telah mengoperasikan 28 unit kapal penumpang dengan kapasitas seluruhnya mencapai 36.913 penumpang dan 4 unit kapal barang.

Bacaan Lainnya

Kapal-kapal Pelni mempunyai rute tetap yang singgah di 91 pelabuhan di Indonesia. Sebagian besar armada kapal yang dimiliki Pelni adalah kapal yang dibangun oleh galangan kapal di Jerman. Kabin penumpang umumnya terbagi menjadi beberapa kelas, yakni kelas 1, kelas 2, kelas 3, dan kelas ekonomi. Kabin terbaik biasanya adalah kelas 1A, diikuti kelas 1B, kelas 2A, kelas 2B, kelas 3, dan kelas ekonomi.

Baca juga  Update Harga Menginap di Nihi Sumba (Nihiwatu Resort)

Khusus di kelas ekonomi, para penumpang bisa tidur beramai-ramai di sebuah kamar luas yang dilengkapi kasur. Di dalam kapal juga sudah tersedia fasilitas memadai berupa restoran, kafetaria, toko kelontong, hiburan bioskop mini, arena pertunjukan musik, hingga musala. Pelni bahkan kabarnya telah menjalin kerja sama dengan Telkomsel pemasangan BTS di atas sejumlah kapal milik Pelni.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bagi Anda yang berencana liburan atau bepergian menempuh rute Jakarta-Pontianak PP, setidaknya ada dua pilihan kapal yang bisa Anda gunakan, yakni KM Bukit Raya dan KM Lawit. Berikut informasi harga tiket kapal laut Jakarta-Pontianak.

Harga Tiket Kapal Laut Jakarta-Pontianak

Nama Kapal Harga Tiket Dewasa Harga Tiket Bayi
KM Bukit Raya Rp506.000 Rp56.000
KM Lawit Rp277.000 Rp33.000

Keterangan:

  • KM Bukit Raya melayani rute Tanjung Priok (Jakarta) – Belinyu – Kijang (Bintan) – Letung – Tarempa – Natuna – Midai – Serasan – Pontianak dengan jadwal berangkat pukul 03.00 WIB dari Tanjung Priok dan sampai enam hari kemudian jam 21.00 WIB.
  • KM Lawit melayani rute Tanjung Priok (Jakarta) – Pontianak dengan jadwal keberangkatan pukul 15.00 WIB dan tiba empat hari kemudian pukul 09.00 WIB.
  • KM Bukit Raya dan KM Lawit menyediakan kelas Ekonomi 1-A, Ekonomi 2-B, dan Ekonomi-E.
  • Harga tiket kapal sudah termasuk makan 3 kali sehari, asuransi, free bagasi 40 kg, dan pass pelabuhan.
Baca juga  Biaya Kuliah Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor Tahun 2022/2023
Kapal Bukit Raya Jakarta - Pontianak (sumber: sewukuto.id)
Kapal Bukit Raya Jakarta – Pontianak (sumber: sewukuto.id)

Harga tiket kapal laut dari Jakarta ke Pontianak menggunakan kapal KM Bukit Raya dan KM Lawit pada 2022 masih sama dari tahun 2020 dan 2021.

Harga Tiket Kapal Laut Pontianak-Jakarta

Nama Kapal Harga Tiket Dewasa Harga Tiket Bayi
KM Bukit Raya Rp504.000 Rp56.000
KM Lawit Rp275.000 Rp33.000

Keterangan:

  • KM Bukit Raya melayani rute Pontianak – Serasan – Midai – Natuna – Tarempa – Letung – Kijang (Bintan) – Belinyu – Tanjung Priok (Jakarta) dengan jadwal berangkat pukul 10.00 WIB dan tiba empat hari kemudian jam 22.00 WIB.
  • KM Lawit melayani rute Pontianak – Tanjung Priok (Jakarta) dengan jadwal keberangkatan pukul 10.00 WIB dan tiba dua hari kemudian pukul 07.00 WIB.
  • KM Bukit Raya dan KM Lawit menyediakan kelas Ekonomi 1-A, Ekonomi 2-B, dan Ekonomi-E.
  • Harga tiket kapal sudah termasuk makan 3 kali sehari, asuransi, free bagasi 40 kg, dan pass pelabuhan.
Baca juga  Update Jadwal Keberangkatan & Tarif Tiket Bus Sinar Jaya

Demikian halnya harga tiket kapal laut Pontianak-Jakarta sampai 2022 masih belum berubah sejak tahun 2020 dan 2021. Informasi daftar harga tiket dan jadwal kapal rute Jakarta-Pontianak pergi pulang (PP) di atas didapatkan langsung dari resmi PT Pelni. Namun, perlu diingat bahwa harga tiket kapal laut Pontianak-Jakarta bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Apabila Anda berencana naik kapal rute Jakarta-Pontianak atau sebaliknya, Anda bisa melakukan pembelian tiket di loket Pelni, Pelni Mobile Apps Android/iOS, website resmi www.pelni.co.id, Call Center 162, travel Pelni, atau melalui minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. mengetahui informasi lebih lengkap seputar layanan Pelni, Anda dapat menghubungi kontak berikut.

Kantor Pusat PT Pelni (Persero)

Alamat: Jl. Gajah Mada No. 14, Jakarta Pusat, 10130, DKI Jakarta, Indonesia
Call Center: 162
Fax: (021) 6385 4130
Email: [email protected]
WhatsApp: 082288889162
Website: www.pelni.co.id

[1] Lumbantoruan, Magdalena. 1992. Ensiklopedi Ekonomi, Bisnis & Manajemen: P-Z. Jakarta: Cipta Adi Pustaka.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.