Harga Mesin Obras Typical (Semua Tipe)

No comment636 views

Tidak sulit menemukan mesin obras, terutama untuk Anda yang bergelut di bidang konveksi atau -menjahit. Pasalnya, ada banyak merek mesin obras yang sudah beredar di , dan salah satu yang cukup populer adalah Typical. Hadir dalam beragam tipe, mesin obras Typical saat ini ditawarkan di kisaran jutaan rupiah untuk baru.

Mesin obras Typical (sumber: jualo.com)

Mesin obras Typical (sumber: jualo.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, obras dikatakan sebagai jahitan khusus (kelim) pada tepi untuk mencegah agar bahan tidak berserabut (yang dikerjakan dengan mesin obras). Jahitan khusus yang dimaksud KBBI ini adalah semacam rajutan yang menutup serat di tepi tersebut supaya tidak lepas-lepas dan akhirnya merusak , selain juga akan terlihat lebih rapi.

Dalam dunia jahit-menjahit, dikenal obras dan semi-obras. Sebenarnya, dari segi fungsi, kedua kegiatan ini memiliki kegunaan yang hampir sama, yaitu merapikan pinggiran kain agar tidak bertiras. Meski demikian, bentuk jahitan dan alat yang digunakan untuk menjahit kain tetap berbeda. Beberapa hal mendasar yang membedakan antara obras dan semi-obras antara lain:

  • Jahitan semi-obras umumnya dikerjakan dengan mesin jahit portable multifungsi yang dilengkapi dengan fitur semi-obras. Sementara, jahitan obras biasanya dikerjakan menggunakan mesin obras atau overlock sewing machine.
  • Obras dapat menggunakan 2 benang dan 1 jarum, 3 benang dan 1 jarum, atau 4 benang dan 2 jarum pada mesinnya. Sementara, semi-obras menggunakan 2 benang dan 1 jarum pada mesin jahit portable multifungsi.
  • Semi-obras tidak menggunakan pisau pemotong untuk pinggiran kain pada mesinnya, sehingga hasil bagian tepinya kurang begitu rapi. Sementara, obras menggunakan pisau obras yang tajam untuk memotong pinggiran kain sehingga hasilnya jauh lebih rapi.

Dibandingkan dengan jahitan semi-obras yang dibuat menggunakan mesin jahit portable, jahitan obras yang sesungguhnya memang terlihat jauh lebih rapi dan bagus. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan jahitan obras yang berkualitas, memang sebaiknya menggunakan mesin obras daripada memakai mesin jahit portable.

Pengertian dan Mesin Obras

Mesin obras (sumber: jualo.com)

Mesin obras (sumber: jualo.com)

Mesin obras, seperti dilansir Fitinline.com, adalah mesin yang digunakan untuk membuat jahitan pada tepian busana agar kain atau bahan tidak mudah terurai sehingga pakaian lebih tahan lama dan terlihat lebih rapi. Mesin obras ini umumnya dilengkapi dengan pisau pemotong kain, sehingga dapat menghasilkan jahitan yang terlihat rapi pada bagian tepinya.

Masih menurut sumber yang sama, dalam industri garmen atau konveksi, dikenal beberapa jenis mesin obras berdasarkan jumlah benang yang dipakai, antara lain:

  • Mesin obras benang 3, merupakan jenis mesin obras yang paling banyak digunakan oleh penjahit untuk penyelesaian tiras busana seperti kemeja maupun blouse.
  • Mesin obras benang 4, lebih populer sebagai mesin obras kaos, alat ini selain bisa digunakan untuk merapikan jahitan dengan cara memotong tepian kain, juga dapat berfungsi menjahit tepian kaos.
  • Mesin obras benang 5, alat ini biasa digunakan untuk penyelesaian jeans dan celana. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah benang-benang halus penyusun kain pada bagian pinggir celana rontok.
  • Mesin obras benang 6, merupakan mesin obras standar yang dimodifikasi untuk mengobras kain dengan cara memanipulasi stitching untuk bahan lain, bukan cuma knitting atau woven saja.

Mengoperasikan Mesin Obras

  • Mesin obras (sumber: Pinterest)

    Mesin obras (sumber: Pinterest)

    Langkah pertama adalah memasang jarum obras, yang hampir sama seperti memasang jarum pada mesin jahit biasa. Anda cukup melonggarkan sekrup tiang jarum, lalu masukkan jarum sampai ke atas dengan bantuan penjepit atau tang. Hal yang harus diperhatikan adalah letakkan jarum dengan bagian cembung berada di bagian belakang. Setelah selesai, jangan lupa memasang kembali sekrup penguat.

  • Untuk mengganti benang, maka benang dicabut dari jarum kemudian diganti dengan yang diinginkan. Longgarkan bagian tension agar benang dapat lepas tanpa hambatan. Pastikan bahwa benang telah aman dan memiliki simpul-simpul yang cukup kecil sehingga dapat melewati looper.
  • Jika hasil obrasan kurang rapi atau kurang bagus, maka bagian tegangan benang harus diubah. Untuk melonggarkan benang, bagian tegangan harus diputar ke arah kiri, sedangkan memutar ke arah kanan untuk mengencangkan.
  • Selanjutnya, letakkan bahan yang akan diobras dengan cara memasukkan pinggiran bahan melalui bawah sepatu obras sampai kira-kira pinggiran kain bisa terpotong sedikit oleh pisau yang terdapat pada mesin obras. Injak bagian pedal mesin dengan perlahan, gunakan tangan kiri untuk memegang kain yang belum diobras, sedangkan tangan kanan memegang kain yang telah diobras.
  • Jika kegiatan mengobras telah rampung, sisa hasil obrasan di bagian pinggir kain atau bahan bisa dipotong. Lalu, cabut kabel dinamo dan segera bersihkan sisa-sisa benang atau potongan kain menggunakan kuas kecil atau vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk ke sela-sela meja mesin. Beri minyak mesin obras, lalu letakkan kain perca di bawah sepatu mesin obras.

Nah, apabila Anda sudah mengetahui cara menggunakan mesin obras, sekarang tinggal membeli mesin obras. Di pasaran, sudah ada banyak merek mesin obras yang tersedia, dan salah satu yang cukup populer adalah Typical. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga mesin obras merek Typical di Indonesia.

Harga Mesin Obras Typical

Mesin obras Typical (sumber: Bukalapak)

Mesin obras Typical (sumber: Bukalapak)

Tipe Mesin Obras TypicalHarga
Typical TY-1824 Portable MultifungsiRp2.100.000 – Rp2.835.000
Typical TY-2235 Portable MultifungsiRp2.100.000 – Rp2.835.000
Typical TY02268 Portable MultifungsiRp2.100.000 – Rp2.835.000
Typical TY-2018 Portable MultifungsiRp2.100.000 – Rp2.835.000
Typical GN794 Benang 4Rp4.199.000 – Rp6.100.000
Typical GN795 Benang 5Rp4.900.000 – Rp6.750.000

Harga mesin obras merek Typical di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko konveksi dan jual beli online. Harga mesin obras Typical tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko perlengkapan konveksi terdekat di kota Anda.

Baca juga  Update Harga Alat Pancing Shimano (Joran dan Reel)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Obras Typical (Semua Tipe)"