Terbaru, Harga Mesin Laundry Karpet (Cuci Manual dan Otomatis)

Laundry menjadi salah satu peluang yang cukup menggiurkan, mengingat sekarang banyak orang yang disibukkan pekerjaan sehingga tidak sempat mencuci sandang mereka. Usaha ini pun tidak terbatas menawarkan jasa cuci dan seterika pakaian, melainkan juga karpet, selimut, hingga gorden. Nah, apabila Anda juga berminat membuka bisnis ini, tentu saja Anda membutuhkan mesin khusus untuk mencuci. Untungnya, saat ini sudah ada banyak pilihan mesin cuci laundry, baik manual maupun otomatis, dengan harga yang sebenarnya masih cukup masuk akal.

Ilustrasi: Membersihkan Karpet (credit: steamcocarpetcleaning)
Ilustrasi: Membersihkan Karpet (credit: steamcocarpetcleaning)

Usaha laundry dapat dikatakan sebagai sebuah bisnis yang berkaitan dengan pelayanan jasa pencucian pakaian dengan mesin cuci maupun mesin pengering otomatis dan cairan pembersih serta pewangi khusus.[1] Bisnis ini menjamur di kota-kota besar yang memiliki banyak rumah kost dan rumah kontrakan, ketika penyewa tidak sempat atau tidak bisa melakukan cuci dan seterika baju sendiri dikarenakan kesibukan sebagai mahasiswa atau pekerja. Selain itu, sebagian masyarakat beranggapan bahwa mencuci dan menyeterika banyak memakan waktu, sehingga mereka menggunakan jasa laundry.[2]

Bacaan Lainnya

Selain dilakukan di jasa binatu atau rumah, laundry juga sering diadakan di hotel atau penginapan. Laundry adalah bagian hotel yang bertanggung jawab terhadap pencucian, baik itu pencucian untuk pakaian tamu, seragam karyawan, maupun linen-linen hotel.[3] Laundry juga dikatakan sebagai salah satu bagian dari housekeeping departemen yang bertanggung jawab atas semua cucian yang dikirimkan kepadanya.[4]

Baca juga  Info Terkini Harga Speaker Fabulous 10 Inch Buatan ACR

Istilah laundry sendiri sering disandingkan dengan dry cleaning. Bahkan, ada yang menyamakan keduanya. Padahal, laundry dan dry cleaning merupakan kegiatan yang berbeda meski tujuannya sama. Dry cleaning adalah proses pencucian pakaian memakai bahan kimia dan teknik tertentu tanpa air, atau bisa diartikan cuci kering. Jadi, tidak semua jasa binatu menawarkan jasa dry cleaning karena mereka memerlukan mesin khusus untuk dry cleaning.

Ilustrasi: Tarif Laundry Karpet (credit: billigafotbollsskornike)
Ilustrasi: Tarif Laundry Karpet (credit: billigafotbollsskornike)

Tarif Laundry

Untuk dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat, sejumlah tempat laundry tidak hanya menawarkan jasa pencucian pakaian. Banyak juga yang melayani jasa mencuci karpet, baik rumah, kantor, atau masjid. Karena bahan yang dicuci berbeda dengan pakaian biasa, maka jasa laundry karpet ini juga umumnya memiliki tarif yang lebih mahal.

Okey Wash Indonesia misalnya, mematok tarif laundry mulai Rp15 ribuan per m2 untuk karpet tipis, mulai Rp18 ribuan per m2 untuk karpet standar, mulai Rp20 ribuan per m2 untuk karpet medium, dan mulai Rp25 ribuan per m2 untuk karpet super. Sementara, harga laundry karpet di Garut Laundry mulai Rp25 ribuan per m2 untuk ukuran S hingga Rp95 ribuan per m2 untuk ukuran XXL.

Baca juga  Info Review dan Update Harga Susu Kucing Growssy

Kemudian, 5aSec Laundry, sebuah layanan cuci sandang yang juga cukup terkenal, menawarkan jasa cuci dengan harga mulai Rp68 ribuan per m2 untuk bahan polyester. Sementara, jasa cuci karpet berbahan wol dikenakan tarif Rp69 ribuan hingga Rp70 ribuan per m2, sedangkan biaya cuci karpet silk sekitar Rp77 ribuan per m2.

Selain bahan yang berbeda, harga jasa laundry dipatok lebih mahal karena harus menggunakan mesin cuci khusus. Biasanya, tidak cuma untuk mencuci, mesin ini sudah dilengkapi dengan vacuum wet and dry, blower untuk pengering, hingga pembersih khusus. Lalu, berapa sebenarnya harga mesin laundry cuci karpet di pasaran saat ini?

Ilustrasi: Harga Mesin Laundry Karpet (credit: steamcommander)
Ilustrasi: Harga Mesin Laundry Karpet (credit: steamcommander)

Harga Mesin Laundry

Merk/Tipe Mesin Laundry Harga
Mesin Laundry Manual Rp1.750.000 – Rp2.985.000
TECOLUX PRO Mesin Laundry 13 inch Rp4.699.000
TECOLUX PRO Mesin Laundry 17 inch Rp5.450.000
Hawk Power Mesin Laundry 17 inch Rp5.891.000
Chaobao Mesin Laundry Karpet Rp9.900.000
Paket Mesin Cuci Karpet Rp9.900.000 – Rp12.000.000
Carpet Extractor 3-in-1 DTJ2A Rp12.500.000 – Rp13.500.000
Paket Mesin Cuci Karpet + Vacuum + Blower + Shampoo + Penyedot Air Rp46.019.000
BOS BP350 Mesin Pengering Karpet Rp55.000.000 – Rp60.00.000
Baca juga  Update Harga Mesin Digital Printing A3 Plus

Harga mesin cuci laundry karpet baik manual maupun otomatis di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko peralatan laundry dan situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga mesin cuci karpet tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Dibandingkan tahun lalu, harganya ada yang turun dan ada yang naik. TECOLUX PRO Mesin Laundry Karpet 17 inch misalnya, awalnya dijual hingga Rp7,49 jutaan, sekarang berkisar Rp5,45 jutaan. Sementara, harga Carpet Extractor 3-in-1 DTJ2A yang semula Rp12,479 juta, saat ini sedikit naik menjadi Rp12,5 juta hingga Rp13,5 jutaan.

[Update: Panca]

[1] Simargolang, Muhammad Yasin dan Nurmala Nasution. 2018. Aplikasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis WEB (Studi Kasus: Pelangi Laundry Kisaran). Jurnal Teknologi Informasi Universitas Asahan, Vol, 2(1): 9-14.

[2] Susanti, Risa, Tonich Uda, Rinto Alexandro. 2019. Kualitas Pelayanan Jasa pada Usaha Laundry Ririn di Jalan G. Obos XII Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS) Universitas Palangka Raya, Vol. 11(2): 244-251.

[3] Darsono, Agustinus. 1995. Tata Graha Hotel. Jakarta: Grasindo.

[4] Rumekso. 2005. Housekeeping Hotel. Yogyakarta: Andi Offset.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.