Harga Mesin Kasir Android Terbaru

No comment282 views

Apakah Anda memiliki sebuah penjualan, seperti ritel atau restoran, dan masih menggunakan kasir untuk menghitung ? Jika iya, mungkin sudah saatnya Anda beralih ke mesin kasir Android. Pasalnya, dengan perangkat ini, risiko kerusakan atau error diklaim dapat diminimalkan sehingga membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah. Di pasaran sendiri, mesin tersebut dijual dengan harga rata-rata jutaan rupiah per unit.

Keunggulan Mesin Kasir Android

Mesin kasir android (sumber: gobiz.co.id)

Mesin kasir android (sumber: gobiz.co.id)

Bagi para pengguna smartphone, tentunya sudah sangat familiar dengan operasi Android. Ini adalah OS berbasis kernel Linux, yang dirancang terutama untuk perangkat mobile touchscreen seperti ponsel cerdas dan komputer tablet.[1] Mulanya dikembangkan oleh Android Inc., kemudian sistem ini dibeli oleh Google sejak tahun 2005.

Android ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan homescreens mereka dengan cara pintas ke dan widget, yang memungkinkan untuk menampilkan konten langsung, seperti email dan informasi cuaca.[2] Aplikasi ini dapat mengirimkan pemberitahuan lebih lanjut kepada pengguna untuk memberitahu mereka tentang informasi yang relevan, seperti email baru dan pesan teks.

Seiring kemajuan teknologi yang kian pesat, sistem operasi Android sekarang tidak hanya diaplikasikan pada perangkat ponsel atau tablet. Ia juga dapat diterapkan pada POS atau point of sale dalam suatu usaha dagang. POS sendiri merupakan sebuah sistem yang memungkinkan untuk bertransaksi, dan termasuk di dalamnya adalah mesin kasir.[3] Sistem POS ini melakukan lebih dari sekadar transaksi jual beli, karena juga bisa terintegrasi dengan perhitungan akuntansi, manajemen barang dan stok, modul penggajian , perhitungan utang dan piutang, serta berbagai fungsi lainnya.[4]

Baca juga  Update Harga Freezer Sharp 4 Rak dan 6 Rak (Baru dan Bekas)

Dibandingkan mesin kasir manual, mesin kasir yang memakai sistem operasi Android diklaim menawarkan lebih banyak keunggulan. Mesin ini dapat dipakai sebagai untuk marketing atau branding karena bisa membantu pemasaran dengan lebih cepat. Pelayanan tentunya akan menguntungkan pelanggan, terutama ketika melakukan pembayaran atau penghitungan biaya belanja.

Selain itu, pengusaha akan mendapatkan laporan yang lebih terperinci jika memakai mesin kasir berbasis Android. Laporan yang dimaksud antara lain laporan laba rugi, laporan penjualan, laporan ketersediaan stok, serta laporan lainnya. Laporan akan lebih detail karena setiap penjualan dan pembelian akan dimasukkan dalam program.

Jika dibandingkan mesin manual, mesin kasir berbasis Android dapat memberikan kemudahan pembayaran, sehingga konsumen tidak perlu lama-lama mengantre. Selain mempersingkat waktu transaksi, konsumen akan dipuaskan dengan adanya nota pembelian, termasuk jumlah item yang dibeli beserta harganya. Jika ada perhitungan yang meleset, konsumen pun bisa segera melakukan klaim.

Baca juga  Update Harga Helikopter Remote Control (All Merk)

Bagi pengusaha, mesin ini pun dapat menunjukkan apakah barang yang tersedia di toko masih cukup banyak atau sebaliknya. Hal ini dapat diketahui karena setiap barang masuk dan keluar telah terdata dalam database mesin. Bandingkan dengan metode manual, yang tentunya akan lebih sulit mengecek ketersediaan barang karena setiap produk yang masuk dan keluar tidak tersimpan datanya.

Nah, apabila Anda juga tertarik menggunakan mesin kasir Android, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, piranti ini sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa membelinya di sejumlah toko peralatan hingga berbagai situs e-commerce lokal. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terkini kisaran harga mesin kasir Android.

Harga Mesin Kasir Android

Mesin kasir android (sumber: spartacom.co.id)

Mesin kasir android (sumber: spartacom.co.id)

Merk/Tipe Mesin Kasir AndroidHarga
Unicorn AP318Rp2.397.000
SUNMI P1 3G EditionRp3.595.000
SUNMI T1 Mini AndroidRp4.950.000
ONION POS Platinum PackageRp4.999.000
ONION POS Gold PackageRp5.052.000
XA-921 Android POSRp5.950.000
SUNMI T2 Mini AndroidRp6.936.000
KASSEN CV-890Rp9.450.000
MICROS E7Rp12.500.000
QUORION QTOUH 8 CashRp15.750.000
Casio VR 100Rp17.000.000
Baca juga  Info Harga Mixer Roti 1 Kg dalam Berbagai Merek

Selain daftar di atas, sebenarnya masih banyak pedagang yang menawarkan paket mesin kasir berbasis Android. Untuk paket yang komplet, termasuk tablet layar sentuh, printer USB Bluetooth, software Android , stand holder tablet, paper, barcode scanner, stand barcode, cash drawer, dan manual book, ditawarkan dengan harga berkisar Rp3,5 juta hingga Rp6 jutaan. Perlu dicatat, harga tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

ekasir-POS-gratis-portable-minimarket

[1] Adiputra, Christian, Andreas Handojo, Ibnu Gunawan. 2015. Pembuatan Aplikasi Penjualan untuk Toko Furniture Berbasis Android. Jurnal Infra, Vol. 3(1).

[2] Ibid.

[3] Pamungkas, Gilang dan Herman Yuliansyah. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Kasir Portable Android POS (Point of Sale) yang Terintegrasi dengan Printer di Kafe Kantin S15 Yogyakarta. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, Vol. 05(3): 30-39.

[4] Wong, Hendry. 2010. Membangun Aplikasi Point of Sale dengan VB 6.0, MySQL, dan PHP. Jakarta: Elex Media Komputindo.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Mesin Kasir Android Terbaru"