Manfaat dan Harga Cuka Apel untuk Jerawat

No comment481 views

seringkali membuat orang merasa kurang percaya diri. Sementara ada banyak cara untuk mengobati , saat ini banyak orang mencoba menggunakan apel. tersebut dinilai mampu mengobati sekaligus mencegah jerawat dalam waktu yang cepat. Selain itu, harga apel untuk obat jerawat tergolong terjangkau.

Ilustrasi: Kulit Wajah Berjerawat (credit: thehimalayantimes)

Ilustrasi: Wajah Berjerawat (credit: thehimalayantimes)

Manfaat

Cuka apel merupakan salah satu hasil fermentasi asam asetat dan alkohol dari buah apel. Tentu saja, karena sudah melalui proses fermentasi, cuka apel memiliki kandungan berbeda dengan buah apel. Dalam satu sendok cuka apel, mengandung air, kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, sodium, fosfor, vitamin C, niasin, asam asetat, protein, dan masih banyak lagi.[1]

Banyaknya kandungan yang ada pada cuka apel, membuat bahan olahan tersebut populer di bidang medis, kuliner, dan . Di dunia , seperti yang kita ketahui, cuka apel dengan kandungan vitamin C tinggi memiliki manfaat untuk meningkatkan daya imun tubuh. Selain itu, konon cuka apel dapat membantu mengontrol kolesterol, menjaga jantung, dan melengkapi nutrisi harian.

Sementara, dalam dunia kuliner, memang cuka apel sudah banyak dimanfaatkan untuk menambah citarasa makanan. Selain menambah rasa asam dan segar pada hidangan, cuka apel berfungsi sebagai pengontrol rasa, agar makanan tidak terasa hambar. Beberapa orang juga memanfaatkan cuka apel untuk mengubah tekstur makanan yang keras menjadi lebih lembut.

Baca juga  Info Kandungan Nutrisi dan Harga Tepung Almond di Pasaran

Selain bisa dimanfaatkan untuk mengolah makanan dan menyehatkan tubuh, konon cuka apel bisa dipakai untuk mengobati jerawat. Cairan yang lebih dikenal sebagai vinegar tersebut sudah banyak di-review oleh beauty vlogger untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Berkat banyaknya review cuka apel, tak heran cairan tersebut diburu banyak orang.

Cuka Apel (credit: uwhealth.org)

Cuka Apel (credit: uwhealth.org)

Selain bisa dijadikan sebagai obat jerawat, banyak konsumen yang menjadikannya sebagai bahan pembersih kulit. Hal ini karena kandungan asam pada cuka mampu mengangkat kotoran, sisa minyak, sisa make up, dan kulit kusam. Beberapa orang juga berpendapat, cuka apel bisa mencerahkan dan mencegah penuaan dini, karena kadar vitamin C yang tinggi.

Untuk mengobati jerawat memakai cuka apel, tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan cuka apel murni, air biasa atau air mawar, dan kapas. Setelah semua bahan siap, bersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda mencuci muka menggunakan sabun atau cleanser.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Ketok Magic, Sihir Bodi Mobil Penyok

Tuangkan satu sendok teh cuka apel ke dalam wadah plastik dan campurkan satu sendok air mawar atau air biasa. Setelah itu, rendam kapas pada liquid hingga basah. Tempelkan kapas pada kulit yang berjerawat dan biarkan selama 3 hingga 5 menit. Bilas dan bersihkan wajah Anda menggunakan air hingga bersih.

Menurut konsumen yang pernah melakukan hal tersebut, jerawat akan kempes dengan sendirinya dan mengering. Jerawat yang kering biasanya akan mengelupas dan tidak menyisakan bekas. Perlu Anda tahu, cara tersebut bisa dilakukan jika Anda memiliki kulit yang normal atau berminyak. Sebaliknya, cara tersebut tidak terlalu cocok diaplikasikan pada kulit yang sensitif, ini karena kandungan vitamin C dan asam yang terlalu tinggi. Hal ini bisa membuat kulit sensitif kemerahan, gatal, dan paling parah menyebabkan bruntusan.

Bagi Anda yang sedang tergiur dengan manfaat cuka apel untuk jerawat, Anda bisa membelinya dengan mudah di toko kosmetik atau swalayan terdekat. Sebelum membeli cuka apel, pastikan Anda mengetahui harganya. Sehingga, Anda bisa memperkirakan anggaran yang harus dikeluarkan.

Baca juga  Update Harga Busa Meteran di Pasaran
Cuka Apel Untuk Jerawat (credit: superfoodly)

Cuka Apel Untuk Jerawat (credit: superfoodly)

Harga Cuka Apel

Cuka ApelHarga (Rp)
Keysbeauty Apple Cider Vinegar 100 ml17.000
YOQUEEN Cuka Apel 100 ml26.900
Bragg Apple Cider Vinegar 60 ml28.500
Bragg Apple Cider Vinegar 100 ml47.000
Cuka Apel Tahesta Original 300 ml62.000
Heinz Cuka Apel Vinegar 473 ml62.000
Aquila Herb Cuka Apel 100 ml66.000
Cuka Nenas Vinega 500 ml76.000
Cuka Apel Tahesta Original 600 ml110.000
Heinz Apple Cider Vinegar 32 oz 896 ml115.000
Tazakka Cuka Apel Original 500 ml114.000
Bragg Apple Cider Vinegar 473 ml137.000
Cuka Apel Tahesta Original 900 ml142.000
Cuka Apel Tahesta Original 1.000 ml152.000
Apple Cider Vinegar 900 ml212.000
Bragg Apple Cider Vinegar 946 ml212.000

Harga cuka apel di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber termasuk situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga cuka apel tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu.

[1] Karim, Nur Muhammad. 2011. Perbandingan Efektivitas Cuka Apel dan Dietilpropion terhadap Penurunan Berat Badan Tikus (Rattus norvegicus) (Skripsi). Fakultas Kedokteran Program Studi Kedokteran Umum Universitas Indonesia.

author

Leave a reply "Manfaat dan Harga Cuka Apel untuk Jerawat"